Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Nikmat, Sehat dan Berkhasiat, Ini Manfaat Buah Naga!

Artikel dipublikasikan : 25 November 2021 08:05
Dibaca : 3149 kali

 

Pitaya atau yang lebih dikenal dengan nama buah naga merupakan tanaman buah yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis, dari jenis kaktus hylocereus dan selenicereus.  

Penulis :  Sholahudin Achmad 

 

Awalnya buah naga ditemukan tumbuh di Amerika Tengah, Selatan dan Meksiko. Pada awal abad ke-18, orang-orang Perancis kemudian membawa buah yang rasanya manis ini ke Asia Tenggara. Tanaman ini pun akhirnya populer di kawasan Asia. 

Dari bentuk luarnya, buah naga tampak memiliki “sisik” besar seperti sisik naga (hewan mitos legendaris asal China). Warna kulitnya merah dengan sisik hijau yang membuat tampilannya terlihat unik. Bentuk tanamannya memiliki batang yang menyerupai kaktus besar. 

Selain tampak unik, manfaat buah naga ternyata juga sangat banyak. Buah naga mempunyai segudang gizi dan nutrisi yang bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi harian Anda. 

Buah naga memiliki beberapa varietas, yang ditandai dengan perbedaan warna kulit dan daging buahnya. Di Indonesia, ada dua varietas atau jenis buah naga yang umum ditemukan, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Daging buahnya yang berwarna ungu kemerahan dan putih, dengan biji-biji hitam kecil pada dagingnya memberikan tekstur yang khas saat disantap. 

Kandungan Gizi Buah Naga

Meski memiliki warna yang berbeda, buah naga merah dan putih memiliki kandungan gizi yang hampir serupa. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia (Kemenkes RI), komposisi gizi dari 100 gram buah naga merah segar (raw) adalah sebagai berikut:

  • Air (Water)    : 85.7 g

  • Energi (Energy)    : 71 Kal

  • Protein (Protein): 1.7 g

  • Lemak (Fat)    : 3.1 g

  • Karbohidrat (CHO): 9.1 g

  • Serat (Fibre)    : 3.2 g

  • Abu (ASH)    : 0.4 g

  • Kalsium (Ca)    : 13 mg

  • Fosfor (P)    : 14 mg

  • Besi (Fe)    : 0.4 mg

  • Natrium (Na)    : 10 mg

  • Kalium (K)    : 128.0 mg

  • Seng (Zn)    : 0.4 mg

  • Thiamin (Vit. B1): 0.50 mg

  • Riboflavin (Vit. B2)    : 0.30 mg

  • Niasin (Niacin)    : 0.5 mg

  • Vitamin C (Vit. C)    : 1 mg

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Pepaya Untuk Pria

Tidak hanya kandungan di atas, buah naga juga mengandung vitamin dan mineral lainnya, seperti vitamin E dan magnesium. Buah ini juga mengandung likopen, yaitu senyawa dari kelompok karotenoid yang memberikan warna pada buah.

Likopen memiliki sifat antioksidan kuat yang mampu menangkal radikal bebas sebagai penyebab munculnya berbagai penyakit. Selain likopen, buah naga juga mengandung senyawa antioksidan lainnya yang penting bagi tubuh, yaitu betalains dan hydroxycinnamates.

Berbagai manfaat buah naga untuk kesehatan

Berdasarkan kandungan-kandungan di atas, berikut adalah manfaat buah naga untuk kesehatan Anda:

  1. Mengurangi risiko kanker

Senyawa antioksidan pada buah naga, baik dari likopen maupun hydroxycinnamates juga memiliki khasiat untuk mencegah kanker. Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung likopen dapat mengurangi risiko beberapa jenis penyakit kanker, termasuk kanker prostat, kanker payudara, dan kanker paru

  1. Mengurangi risiko anemia

Salah satu manfaat buah naga yaitu mengurangi resiko anemia, Semua orang membutuhkan zat besi untuk menjaga kesehatan darah. Kandungan zat besi pada buah naga akan membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh organ dan tubuh serta penting untuk menjaga fungsi otak dan otot. Adapun kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia defisiensi besi.

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

    Kandungan serat dalam buah naga juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Mengonsumsi  makanan berserat bisa membantu mengontrol gerakan usus, sehingga bisa mencegah sembelit. Selain itu, buah naga juga mengandung oligosakarida, yaitu salah satu jenis prebiotik yang baik untuk sistem pencernaan Anda.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat buah naga juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda, karena dapat mengontrol kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Ini bisa terjadi karena kandungan likopen, betalain, serta serat yang ada di dalam buah naga. Tak hanya itu, biji yang ada di daging buah naga pun kaya akan lemak omega-3 dan omega-9 yang baik untuk kesehatan jantung.

  1. Mengontrol kadar gula darah

    Kandungan serat dalam buah naga juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Ini dilakukan dengan menekan lonjakan gula yang terjadi setelah seseorang makan makanan dengan indeks glikemik tinggi. 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah naga selanjutnya adalah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Manfaat ini bisa diperoleh karena kandungan vitamin C serta senyawa antioksidan lainnya yang terkandung di dalam buah naga (merah maupun putih). Adapun antioksidan akan membantu tubuh Anda dalam mencegah kerusakan sel, yang merupakan penyebab munculnya berbagai jenis penyakit.

Baca Juga: Selain Jeruk, Inilah Buah Yang Kaya Akan Vitamin C

  1. Menjaga berat badan

    Bagi Anda yang sedang diet menurunkan berat badan, mengonsumsi buah naga bisa menjadi pilihan camilan sehat harian Anda. Buah naga kaya akan serat dan rendah kalori, sehingga aman bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan rendah kalori, Anda akan merasakan kenyang lebih lama, sehingga Anda pun akan makan lebih sedikit. Sejalan dengan ini, Anda pun bisa terhindar dari obesitas.

  1. Menjaga elastisitas kulit

    Buah naga adalah sumber antioksidan yang baik karena kandungan vitamin C yang tinggi serta berbagai senyawa bioaktif di dalamnya. Sementara itu, antioksidan sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis, hal ini dapat membantu mengurangi tanda penuaan kulit.

  1. Melawan radang sendi

    Radang sendi atau arthritis menimbulkan iritasi parah pada persendian, sehingga penderitanya bisa mengalami kesulitan gerak. Dengan mengonsumsi buah naga bisa menjadi pilihan untuk membantu Anda melawan penyakit ini. Pasalnya, senyawa antioksidan pada buah ini juga memiliki sifat anti inflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan.

  1. Menjaga kesehatan ibu hamil

    Ibu hamil membutuhkan berbagai nutrisi seperti zat besi, vitamin C, vitamin B, dan kalsium, yang terdapat pada buah naga. Sebagai contoh, zat besi pada dalam buah naga dapat membantu sel darah merah untuk mengantarkan oksigen ke janin, vitamin C dan kalsium memperkuat gigi dan tulang, serta vitamin B dapat mencegah bayi cacat lahir. Selain itu, serat pada dalam buah naga juga bisa membantu mengatasi sembelit pada ibu hamil.

  1. Meredakan batuk dan flu

Manfaat buah naga lainnya adalah dapat membantu meredakan batuk dan flu, karena kandungan vitamin C di dalamnya. Meski buah naga tidak bisa digunakan sebagai pengganti obat, tetapi buah naga dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman Anda akibat batuk dan flu. Karena mengonsumsi makanan atau buah yang mengandung vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga akan mempercepat proses penyembuhan.

  1. Melindungi rambut dari kerusakan

Bagi Anda yang sering menggunakan pewarna rambut, masker buah naga juga dapat membantu merawat rambut Anda. Anda hanya cukup mengoleskan masker buah naga atau kondisioner yang mengandung ekstrak buah naga pada kulit kepala. Dengan cara ini, folikel rambut akan tetap terbuka, sehingga memungkinkan rambut untuk bernapas dan tetap sehat serta halus.

Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat yang optimal dari buah naga, sebaiknya Anda mengonsumsi langsung potongan buah ini. Buah naga sudah memiliki rasa manis yang pas untuk dikonsumsi secara langsung, sekaligus menyegarkan.

Baca Juga: Buah Yang Aman Untuk Asam Lambung

Selain dimakan langsung dalam kondisi segar, buah naga juga bisa diolah menjadi smoothies, jus, dan pelengkap yoghurt atau oatmeal Anda. Pastikan untuk selalu mengonsumsi buah yang masih dalam kondisi baik dan tidak busuk.

Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com