Vertigo: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Artikel dipublikasikan : 14 Januari 2023 21:57

Foto: Freepik

Vertigo adalah suatu perasaan dimana Anda merasa dunia di sekitar Anda berputar atau bergerak. Kondisi ini memiliki banyak penyebab, termasuk penyakit, migrain, atau cedera. Pengobatan vertigo dilakukan dengan melihat pada penyebab yang mendasarinya.

Anda mungkin sering mendengarnya, tetapi tak tahu apa itu vertigo? Vertigo adalah rasa pusing yang dapat  menimbulkan perasaan seolah-olah diri Anda atau lingkungan Anda berputar atau bergerak.

Orang yang mengalami vertigo dapat merasakan kondisi yang  mirip dengan mabuk perjalanan. Tetapi, vertigo tidak sama dengan sakit kepala ringan.

Jenis vertigo

Ada dua kategori vertigo, yaitu vertigo perifer dan vertigo sentral. Bagaimana perbedaannya?

• Vertigo perifer

Vertigo perifer adalah jenis vertigo yang paling umum. Ini terjadi sebagai akibat dari masalah di telinga bagian dalam, atau saraf vestibular, yang mengontrol keseimbangan.

• Vertigo sentral

Vertigo sentral terjadi akibat masalah di otak. Itu bisa disebabkan oleh berbagai kondisi yang berbeda, termasuk:

• stroke

• tumor otak

• migrain

• cedera otak traumatis

• infeksi

• sklerosis ganda

Ada beberapa penyebab umum dari vertigo, diantaranya adalah :

1. Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV)

Ini merupakan penyebab vertigo yang paling umum dan menimbulkan perasaan intens dan singkat bahwa Anda sedang berputar atau bergerak. Kondisi ini dipicu oleh perubahan gerakan kepala yang cepat, seperti pukulan di kepala.

1. Infeksi

Infeksi virus pada saraf vestibular, yang disebut vestibular neuritis atau labyrinthitis, dapat menyebabkan vertigo yang intens dan konstan.

1. Penyakit Meniere

Ketika cairan berlebihan menumpuk di telinga bagian dalam, hasilnya bisa berupa kondisi  vertigo mendadak yang berlangsung selama beberapa jam.

1. Migrain

Vertigo akibat migrain dapat berlangsung beberapa menit hingga berjam-jam.

1. Cedera kepala atau leher

Vertigo adalah gejala umum setelah cedera traumatis di kepala atau leher, terutama jika ada kerusakan pada sistem vestibular.

1. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan vertigo, bersamaan dengan gejala lain seperti pusing, gangguan pendengaran, dan tinitus, atau telinga berdenging.

Vertigo posisi jinak

Meskipun vertigo posisional paroksismal jinak dapat mengganggu, namun jarang menjadi serius, kecuali bila meningkatkan kemungkinan jatuh.

Gejala yang dirasakan penderita mungkin termasuk rasa pusing, perasaan bahwa Anda atau lingkungan Anda berputar atau bergerak, kehilangan keseimbangan atau ketidakstabilan, mual, dan muntah.

Apakah stress bisa menyebabkan vertigo?

Meskipun stres tidak menyebabkan vertigo secara langsung, namun dapat memperburuknya. Terlebih lagi, dalam suau penelitian di tahun 2016 ditemukan bahwa stres berat dapat meningkatkan resiko stroke, yang berpotensi menyebabkan vertigo.

Gejala

Salah satu gejala vertigo yang paling umum adalah pusing, yang biasanya memburuk dengan gerakan kepala. Ini biasanya digambarkan oleh pasien sebagai sensasi berputar, dengan ruangan atau benda di sekitar mereka tampak bergerak.

Gejala vertigo lainnya termasuk:

• peningkatan keringat

• mual

• muntah

• sakit kepala

• berdering atau berdengung di telinga Anda

• gangguan pendengaran

• gerakan mata yang tidak disengaja

• kehilangan keseimbangan

Penanganan vertigo

Pilihan pengobatan untuk vertigo dapat bergantung pada penyebab yang mendasarinya. Untuk memperbaiki gejala, terapi rehabilitasi vestibular serta obat-obatan, seperti meclizine (Antivert), telah terbukti efektif.

Manuver reposisi

Manuver reposisi canalith, juga dikenal sebagai manuver Epley, digunakan untuk meredakan gejala BPPV. Manuver kepala khusus ini dapat membantu memindahkan kristal canalith (partikel kecil yang dapat menyebabkan vertigo) dari saluran telinga bagian dalam.

Setiap sesi perawatan melibatkan menahan empat posisi masing-masing selama 30 hingga 60 detik dan mengulangi setiap posisi beberapa kali, sesuai kebutuhan.

Seorang profesional perawatan kesehatan dapat memandu Anda melalui setiap gerakan selama sesi. Mereka juga dapat memberikan panduan tambahan tentang cara melakukan prosedur ini di rumah.

Pengobatan

Meclizine adalah antihistamin, yaitu golongan obat yang sering digunakan untuk mengobati alergi. Meclizine efektif dalam mengobati mabuk perjalanan atau vertigo. Namun, hal itu dapat menyebabkan kebingungan atau bahkan amnesia pada orang dewasa yang lebih tua.

Latihan

Ada beberapa latihan yang digunakan untuk membantu meringankan gejala vertigo. Mereka biasanya melibatkan berbaris di tempat atau memegang posisi tertentu untuk meningkatkan keseimbangan.

Latihan-latihan ini mirip dengan yang digunakan dalam terapi rehabilitasi vestibular (VRT).

VRT melibatkan latihan yang dirancang menurut setiap orang dan gejalanya. Setelah pemeriksaan klinis menyeluruh, salah satu dari tiga metode utama yang diterapkan adalah:

1. pembiasaan, yang meningkatkan pusing

2. stabilisasi tatapan, yang meningkatkan kontrol gerakan mata sehingga penglihatan bisa jelas selama gerakan kepala

3. pelatihan keseimbangan, yang meningkatkan kemantapan

Namun, jika Anda menderita vertigo parah, sebaiknya hubungi ahli terapi fisik berpengalaman untuk mendapatkan panduan tambahan, daripada melakukan latihan ini sendiri.

Operasi

Pembedahan mungkin diperlukan untuk pengobatan kondisi dasar tertentu yang dapat menyebabkan vertigo, seperti tumor otak atau cedera kepala.

Ada beberapa cara alami untuk menghilangkan rasa tidak nyaman akibat vertigo. Misalnya, suplemen tertentu dapat membantu meningkatkan kualitas tidur saat mengatasi vertigo, termasuk ginkgo biloba dan melatonin.

Ada juga banyak latihan vertigo yang bisa Anda lakukan di rumah, seperti latihan Brandt-Daroff, maneuver Semont, dan maneuver Foster.

Minyak atsiri untuk vertigo

Minyak atsiri seperti lavender dapat membantu menghentikan pusing dan mual. Namun, penting untuk diingat bahwa saat ini belum ada penelitian yang mendukung penggunaan minyak esensial untuk vertigo.

Diagnosis vertigo

Seorang profesional perawatan kesehatan dapat mendiagnosis vertigo dengan melakukan pemeriksaan klinis dan mengumpulkan informasi tentang gejala dan riwayat medis Anda.

Tes dan pengamatan klinis tertentu dapat membantu saat menilai vertigo. Ini termasuk pengujian impuls kepala atau manuver Dix-Hallpike (pasien dengan cepat diturunkan dari posisi duduk ke berbaring).

Dalam beberapa kasus, pemeriksaan tambahan mungkin diperlukan untuk mendiagnosis vertigo, termasuk pemeriksaan pencitraan, pemeriksaan pendengaran, dan pemeriksaan keseimbangan.

Berapa lama vertigo bertahan?

Tanda dan gejala BPPV bisa datang dan pergi, dengan gejala biasanya berlangsung kurang dari satu menit.

Dalam kasus penyakit Meniere, episode vertigo dapat berlangsung lebih dari 20 menit.

Vertigo akibat migrain dapat berlangsung beberapa menit hingga berjam-jam.

Vertigo vs pusing

Meskipun vertigo dan pusing sering dikacaukan, vertigo biasanya digambarkan sebagai perasaan seperti dunia berputar, bahkan saat tidak ada gerakan.

Sementara pusing adalah istilah yang lebih ambigu, pasien sering menafsirkannya sebagai perasaan tidak seimbang dalam ruang mereka sendiri.

Vertigo pada kehamilan

Menurut Studi tahun 2020, vertigo adalah gejala vestibular yang paling sering dilaporkan selama trimester pertama kehamilan.

BPPV sangat umum selama kehamilan. Menurut penelitian tahun 2017, yang mengkategorikan peserta sebagai wanita dan pria, BPPV lebih sering menyerang wanita daripada pria dengan rasio 2 banding 1.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan vertigo selama kehamilan meliputi:

• fluktuasi kadar hormon

• istirahat di tempat tidur yang lama

• perubahan dalam metabolisme nutrisi tertentu, termasuk vitamin D dan kalsium

Banyak orang juga mengalami pusing selama kehamilan. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kadar gula darah yang tidak stabil.

Selama trimester ketiga, bayi dapat menekan beberapa vena perut utama saat orang tua berbaring telentang, yang juga dapat menyebabkan pusing.

Apakah vertigo turun temurun?

Dalam beberapa kasus, vertigo bisa turun temurun. Juga dikenal sebagai vertigo berulang jinak familial, vertigo herediter adalah bentuk vertigo migrain karena sangat terkait dengan serangan migrain.

______________________________

Healthline (2021), Vertigo: Symptoms, Causes, Treatment, and More.

Altissimi G, et al. (2020). Drugs inducing hearing loss, tinnitus, dizziness and vertigo: An updated guide.
Baumgartner B, et al. (2021). Peripheral vertigo.

Çoban K, et al. (2017). Benign paroxysmal positional vertigo in pregnancy.
Houston BT, et al. (2021). Meclizine.
Koenen L, et al. (2021). Meniere disease.
Kotlęga D, et al. (2016). The emotional stress and risk of ischemic stroke.
Lakhan SE, et al. (2016). The effectiveness of aromatherapy in reducing pain: A systematic review and meta-analysis.
Lui F, et al. (2021). Central vertigo.
Nguyen C-T, et al. (2021). Epley maneuver.
Palmeri R, et al. (2021). Benign paroxysmal positional vertigo.
Stanton M, et al. (2021). Vertigo.
Sulway S, et al. (2019). Advances in vestibular rehabilitation.