Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

10 Manfaat Daging Putih Buah Semangka

Artikel dipublikasikan : 10 Februari 2023 17:44
Dibaca : 11229 kali

Foto : Freepik

Bagian berwarna putih dari buah semangka biasanya dibuang saat dikupas. Padahal, ada banyak manfaat daging putih buah semangka itu. Salah satunya, adalah untuk meningkatkan kesehatan reproduksi pria. 

Penulis : Sholahudin Achmad

Semangka merupakan salah satu buah favorit bagi berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga kalangan lansia menyukai buah yang berair ini. Buah semangka mengandung 92 persen air dengan manfaat yang sangat luar biasa, tak hanya pada daging buahnya tetapi juga pada pada kulit dan daging putih yang menempel di kulitnya. 

Pada umumnya orang mengonsumsi buah semangka pada bagian daging  buahnya yang berwarna merah. Sedangkan bagian kulit dan daging putih buah semangka, biasanya dibuang. 

Namun bila Anda mengetahui manfaat kulit dan daging putih  buah semangka, mungkin Anda akan pikir-pikir untuk membuangnya ke tempat sampah. 

Membuang kulit semangka berarti membuang salah satu bagian terbaik dari buah tersebut.  Seperti banyak buah dan sayuran lezat lainnya, kulit buah, batang, atau kulitnya sering kali menjadi tempat bagi banyak nutrisi penting.

Jadi, ketimbang membuang kulit semangka akan  lebih baik bila Anda berpikir tentang manfaat kulit semangka. Berikut ini manfaat daging putih buah semangka! 

Manfaat daging putih buah semangka

Melansir dari berbagai sumber, manfaat daging putih buah semangka adalah sebagai berikut : 

  1. Meningkatkan kesehatan reproduksi pria

Menurut penelitian dalam jurnal National Library of Medicine, daging putih semangka mengandung L-citrulline yang diduga dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi derajat ringan hingga sedang.

Kekuatan peningkat libidonya berasal dari asam amino citrulline yang terkonsentrasi di kulit semangka. Mengonsumsi suplemen L-citrulline dapat meningkatkan ereksi tanpa banyak potensi efek samping yang terkait dengan Viagra.

Daging putih semangka juga dapat membantu mengoptimalkan gairah seksual berkat kandungan asam citrulline yang tinggi.

Untuk hasil yang maksimal, cobalah kombinasikan kulit daging putih buah semangka dengan jus lemon dan taburkan bubuk cabai di atasnya. 

  1. Menjaga tekanan darah tetap stabil 

Manfaat lain dari citrulline yang terkandung di dalam daging putih buah semangka adalah untuk  membantu memperlancar aliran darah, membuat tubuh terasa lebih segar dan bertenaga. Senyawa tersebut juga dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen ekstrak semangka mampu membantu orang dewasa yang obesitas mengontrol tekanan darahnya.

Namun, suplemen citrulline kemungkinan lebih efektif. Sebagian besar penelitian menyarankan suplemen citrulline mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi.

Semangka juga merupakan diuretik potensial, yang sering diresepkan untuk penderita tekanan darah tinggi. Cobalah membekukan irisan semangka utuh untuk suguhan yang enak di saat musim panas.

  1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Manfaat berikutnya dari daging putih buah semangka adalah untuk membantu Anda yang sedang  mengalami masalah dengan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit. Cobalah makan dengan teratur daging putih buah semangka. Kandungan seratnya dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat putih semangka berikutnya adalah mendukung daya tahan tubuh. Pasalnya, daging putih semangka memiliki kandungan vitamin A, C, potassium, dan antioksidan. 

Senyawa-senyawa tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah dampak buruk dari radikal bebas. 

Dengan mengonsumsi daging putih semangka secara teratur, risiko Anda terkena penyakit infeksi bisa lebih diminimalkan.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Daging putih buah semangka juga dapat membuat kulit menjadi sehat dan tampak awet muda. Konsumsilah semangka bersama dengan daging putih buahnya secara teratur. Kandungan vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam bagian putih semangka ini membantu menjaga kesehatan kulit.

  1. Melawan peradangan

Manfaat selanjutnya, kandungan likopen di dalam daging putih buah semangka juga dapat mengatasi peradangan. Selain bermanfaat bagi kesehatan mata, beta karoten yang terdapat pada daging putih semangka dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan gangguan usus besar.

  1. Mengatasi batu ginjal

Manfaat lain dari daging putih buah semangka adalah untuk mengatasi batu ginjal. Tingginya kandungan kalium di dalamnya dapat mengendalikan kadar asam di urine. Hal itu dapat membantu meluruhkan batu ginjal dengan cara alami, serta mengeluarkan racun pada ginjal.

  1. Bermanfaat bagi ibu hamil

Beberapa studi menemukan gula alami di dalam daging putih buah semangka bisa mengurangi keluhan morning sickness serta ketidaknyamanan di perut ibu hamil. Kandungan kalium yang tinggi dari daging putih buah semangka bermanfaat dalam meredakan pembengkakan pada ibu hamil. 

  1. Mengurangi perkembangan penyakit kronis

Manfaat dari sitrulin dan likopen di dalam daging putih buah semangka adalah untuk membantu menetralkan radikal bebas. Radikal bebas dapat memicu beberapa penyakit kronis. Daging putih buah semangka yang dikonsumsi rutin akan menurunkan resiko Anda mengalami penyakit kronis. 

  1. Menurunkan berat badan

Menurut penelitian, mengonsumsi makanan yang mengandung senyawa citrulline sebagaimana yang terkandung di dalam daging putih semangka dapat menurunkan hingga 30 persen kemungkinan kenaikan berat badan.

Sebab, senyawa tersebut bisa membuat pembuluh darah dan otot menjadi rileks. Seorang yang sering berolahraga cenderung tidak terlalu merasa lelah ketika senyawa tersebut bekerja, sehingga dapat memperpanjang waktu berolahraga. 

Kaya serat 

Fakta penting mengenai kulit daging putih buah semangka adalah sumber serat yang kaya. Hal ini bermanfaat bagi kesehatan. Serat dapat membantu menjaga pergerakan usus secara teratur dan dapat membantu mengurangi risiko berkembangnya penyakit usus besar.

Serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Makanan dengan serat membuat Anda akan menjadi kenyang lebih cepat, membantu mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Kulit semangka 

Kulit semangka memiliki tekstur lebih keras namun tidak terlalu berair dibanding daging semangka. Kulit semangka memiliki kalori rendah dan kandungan tinggi Vitamin A, Vitamin C, kalium, Vitamin B6 dan seng.

Selain itu, kulit semangka juga sarat dengan citrulline, klorofil, asam amino, likopen, senyawa fenolik dan flavonoid. 

Buah semangka sangat bagus untuk hidrasi, karena mengandung 90 persen air dan juga membuatnya rendah kalori karena hanya memiliki 49 kalori per cangkir. Dengan banyaknya jumlah serat yang dimilikinya, buah semangka bisa menjadi camilan yang bagus untuk Anda yang sedang mengalami kembung atau berusaha menurunkan berat badan.

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Kulit semangka juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini dapat terjadi karena arginine (asam amino) memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh, salah satunya adalah membantu sirkulasi darah di kulit kepala. Semangka secara alami mengandung banyak citrulline yang meningkatkan kadar arginin. Oleh karena itu, kulit semangka memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Selain itu, kulit semangka juga bisa mencegah rambut rontok. Kandungan vitamin C yang ada padanya akan membantu tubuh menggunakan zat besi non-heme. Hal ini memastikan akan ada cukup zat besi dalam sel darah merah untuk membantu membawa oksigen ke folikel dalam rambut.
 

_____________________________ 

Referensi:

Healthline (diakses pada 2023), 4 Watermelon Rind Benefits.

Organic Facts (diakses pada  2023), Watermelon Rind.

L-citrulline malate: Principal, proposed uses. (n.d.) med.nyu.edu/content?ChunkIID=104664

Oral L-citrulline supplementation improves erection hardness in men with mild erectile dysfunction. (n.d.) ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21195829

Prostate cancer, nutrition, and dietary supplements: Lycopene. (2014, December 12)
cancer.gov/cancertopics/pdq/cam/prostatesupplements/healthprofessional/page3

Watermelon nutrition facts. (n.d.)
watermelon.org/Media/MediaKitImages/MediaKitForms/Nutrition US.pdf

Figueroa, A., Sanchez-Gonzalez, M., Wong, A., Arjmandi, B. (2012). Watermelon Extract Supplementation Reduces Ankle Blood Pressure and Carotid Augmentation Index in Obese Adults with Prehypertension or Hypertension. American Journal of Hypertension, 25(6), 640-643 ajh.oxfordjournals.org/content/25/6/640.abstract?sid=3cb5a496-df36-4d5e-a6b0-62a3e5dc7a85

 

Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com