Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Pengobatan Ayurveda untuk Menyehatkan Rambut

Artikel dipublikasikan : 22 Juni 2024 10:55
Dibaca : 68 kali

Konsep ayurveda mengajak manusia menerapkan hidup sehat dengan pola makan dan olahraga teratur, mengelola stres, hingga melakukan terapi alami menggunakan obat-obatan herbal.

Ayurveda adalah sistem pengobatan holistik kuno yang berasal dari India lebih dari 5.000 tahun yang lalu. Prinsip dari pengobatan ayurveda mengembalikan keseimbangan hidup, baik fisik maupun emosional.

Dalam ajaran ayurveda setiap orang terdiri dari kombinasi unik dari lima elemen yaitu: udara, air, api, tanah, dan ether atau langit.

Unsur-unsur ini bergabung membentuk 3 tipe pikiran-tubuh atau doshas yang berbeda, yaitu Vata (udara dan ether), Pitta (api dan air), dan Kapha (tanah dan air). 

Selain membantu seseorang mendapatkan kesehatan tubuh secara holistik, ayurveda juga menawarkan serangkaian pengobatan alami untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambut.

Dalam tradisi ayurveda, rambut bukan hanya simbol kecantikan tetapi juga dapat menunjukkan masalah kesehatan tubuh secara keseluruhan, seperti kekurangan nutrisi, stres, atau ketidakseimbangan hormon, yang merupakan hal pertama yang akan diperiksa oleh dokter kulit dan ahli trikologi dalam pengobatan Barat.

“Perbedaannya adalah perawatan rambut dalam ayurveda lebih dari sekadar perawatan di permukaan. Hal ini mencakup penyebab mendasar ini melalui pola makan seimbang, ramuan herbal yang ampuh, dan praktik gaya hidup seperti meminyaki rambut untuk memijat kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi,” kata Shikha Ramjutan, apoteker klinis dan pendiri sebuah merek penumbuh rambut.

Ramjutan menambahkan, praktik perawatan rambut ala ayurveda sudah turun temurun sebagai bagian integral dari perawatan diri dan kesehatan. 

“Setiap bahan dipilih karena suatu alasan, misalnya, menggunakan tulsi antimikroba dan  kunyit pengurang kortisol. Aura Protection Body Mist, dapat digunakan sebagai wewangian atau alat meditasi untuk membantu tubuh dan pikiran," tambah Ramjutan.

Penyebab Rambut Rontok

Setiap orang mengalami kerontokan rambut dalam jumlah tertentu setiap hari. Sebanyak seratus helai sehari adalah normal. Jadi, masalahnya adalah ketika mengalami kerontokan rambut lebih dari itu, bahkan menunjukkan kebotakan dini dan rambut beruban.

Rambut rontok disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

1. Asupan nutrisi buruk

2. Gaya hidup yang tidak menentu dan tidak teratur, begadang sampai larut malam dan jam kerja yang panjang

3. Faktor lingkungan seperti polusi dan iklim

4. Stres, kecemasan dan ketegangan serta kurang tidur atau istirahat

Faktor-faktor ini dapat menyebabkan penumpukan racun berlebih di dalam tubuh.

Dalam ayurveda,  rambut rontok adalah akibat langsung dari kualitas jaringan tulang anda. Jika terjadi kelemahan pada jaringan tulang, maka kerontokan rambut adalah akibat yang wajar.

Perawatan Ayurveda untuk Rambut Rontok

Dalam ayurveda, tekstur rambut tergantung pada ketidakseimbangan Doshas (energi), serta Dhatus (jaringan) yang dimiliki seseorang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui keseimbangan/ketidakseimbangan dalam tubuh untuk menemukan solusinya. 

Misalnya, jika Anda menunjukkan gejala Vata doshas yang tidak seimbang, rambut Anda rentan menjadi sangat kering, keriting, dan rapuh. 

Selanjutnya jika Anda menunjukkan gejala Pitta doshas yang tidak seimbang, kemungkinan besar garis rambut Anda menyusut dan tekstur rambut menipis. 

Panas di kulit kepala menyebabkan perubahan warna. Misalnya, rambut Anda mungkin menunjukkan semburat/warna kecoklatan, padahal biasanya tidak berwarna coklat. Hal ini dapat menyebabkan rambut beruban dan kebotakan.

Jika Anda menunjukkan gejala Kapha doshas yang tidak seimbang, kemungkinan besar memiliki rambut yang sangat berminyak dan lengket. Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan pada folikel kulit kepala.

Berikut sejumlah bahan herbal ala ayurveda yang diyakini membuat rambut sehat, yaitu

1. Amla atau Buah Malaka 

Amla termasuk bahan ayurveda padat vitamin C serta menyimpan berbagai manfaat yang baik bagi kecantikan, termasuk memperkuat folikel rambut sekaligus meningkatkan kilau alaminya.

Rutin memijat kulit kepala dengan minyak amla dipercaya dapat mencegah pertumbuhan uban prematur dan meningkatkan sirkulasi darah yang pada gilirannya akan sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Amla juga dapat memperbaiki tekstur rambut secara keseluruhan berkat kandungan asam lemak esensial dan antioksidan yang ada di dalamnya.

2. Urang-aring

Urang-aring adalah salah satu bahan paling banyak digunakan ayurvedic untuk merawat rambut.

Minyak urang-aring berguna merangsang pertumbuhan rambut lebih tebal dengan lebih cepat, caranya rutin dipakai memijat akar rambut.

Khasiat urang-aring mampu untuk meningkatkan kesehatan rambut dari akar ke ujung. Urang-aring sangat dianjurkan bagi orang-orang yang mengalami kerontokan, penipisan, serta kerusakan rambut.

3. Neem

Dalam ayurveda, neem dikategorikan sebagai ramuan obat yang bisa menyembuhkan semua  permasalahan rambut.

Tidak mengherankan jika bahan alami yang disebut juga dengan daun mimba ini kerap dijadikan sebagai campuran dalam produk minyak rambut dan sampo.

Apabila diaplikasikan secara teratur, sifat antimikroba dalam neem dapat membantu mengatasi masalah rambut pada umumnya seperti ketombe, rambut rontok, dan rambut kering.

4. Rosemary 

Minyak esensial rosemary baru popular akhir-akhir ini. Padahal faktanya, rosemary telah digunakan selama berabad-abad dalam dunia ayurveda.

Rosemary membantu meningkatkan pertumbuhan folikel rambut dengan cara menyeimbangkan hormon. Manfaat ini didapatkan dari kandungan anti-inflamasi bernama carnosol yang terkandung di dalam rosemary.

Herbal-herbal ini dapat digunakan sebagai perawatan ayurveda yang berdiri sendiri untuk rambut rontok atau sebagai campuran. Misalnya reetha atau  shikakai bisa digunakan sendiri atau dicampur dengan amla,  yastimadhu (licorice), neem dan sebagainya.

Seiring dengan perawatan ayurveda untuk pertumbuhan rambut, pola makan dan kebiasaan makan merupakan faktor utama dalam menentukan kualitas dan kuantitas rambut. untuk pertumbuhan rambut yang sehat, juga harus menjaga metabolisme agni atau api di dalam diri.

Tips lainnya, yaitu cuci rambut dengan sampo yang lembut dan hindari penggunaan air yang sangat panas untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Air dingin atau suam-suam kuku dianjurkan dalam ayurveda. Kondisikan rambut dengan masker rambut yang terbuat dari bahan alami seperti methi, dadih, triphala, dan kembang sepatu setiap minggu untuk menjadikannya halus dan kuat.

Selalu ingat untuk melindungi rambut saat  keluar rumah atau bepergian. Memakai payung, topi, adalah cara sederhana untuk melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari. Hindari perawatan panas dan bahan kimia pada rambut karena dapat merusak kutikula rambut.

Ayurveda juga bertujuan untuk mengatasi akar penyebab rambut rontok dengan bantuan Shamana (terapi penenangan) dan terapi Shodhana (terapi pemurnian) serta modifikasi pola makan dan gaya hidup.

Ayurveda mengajarkan pula merawat rambut sehat dengan cara meningkatkan kualitas tidur.

Mengapa kualitas tidur begitu penting? Sebab  meningkatnya kejadian gangguan tidur, stres, dan gaya hidup yang sibuk, penawaran dan terapi yang meningkatkan kualitas tidur menjadi "mahal".

India, sebagai negara tempat lahirnya ayurveda, dipenuhi dengan utang tidur. India disebut-sebut sebagai negara dengan jumlah kekurangan tidur terbanyak kedua di dunia, dan tidur merupakan sebuah mimpi yang abadi dan sulit dipahami bagi banyak orang India. 

Mulai dari hipnoterapis hingga penyembuh energi, belakangan ini semakin banyak praktisi yang berupaya menghilangkan penundaan waktu tidur dan membantu melepaskan beban emosional yang menghalangi warga India untuk tertidur. 

“Tidur bukan lagi suatu keharusan, melainkan sebuah kemewahan. Dengan meningkatnya kejadian gangguan tidur, stres, dan gaya hidup yang sibuk, penawaran dan terapi yang meningkatkan kualitas tidur sangat dibutuhkan. Sebagai tanggapannya, pasar kesehatan India melihat lonjakan permintaan terhadap terapi ayurveda dan penawaran kesehatan yang menjawab kebutuhan ini,” kata Dr Jitendra Varshney, direktur kesehatan Six Senses Vana, yang menawarkan program tidur.

_____________________

Referensi:

vogue.in (diakses pada 2024), These Wellness Trends Will Reign Supreme According to Experts. 

allure.com (diakses pada 2024), Story Ayurvedic Beauty. 

harpersbazaar.com (diakses pada 2024), Ayurveda Hair Loss Remedy. 

artofliving.org (diakses pada 2024), Ayurveda Control Hair Loss Remedies. 

Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com