Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Batu Alam, Apa Betul Memiliki Efek Bagi Tubuh dan Kesehatan ?

Artikel dipublikasikan : 25 Juni 2024 09:55
Dibaca : 316 kali

Batu permata, batu-batu alam dipercaya oleh sebagian orang memiliki energi tertentu yang bermanfaat kesehatan bagi penggunanya. Adakah bukti ilmiah yang mendukung klaim ini?  

Bukan hanya masyarakat Indonesia, sebagian kalangan masyarakat Amerika dan peradaban maju lainnya, meyakini adanya kekuatan dari batu-batu alam. Jauh sebelumnya, dalam praktek kebudayaan kuno  seperti Mesir, Yunani, dan Tiongkok, batu yang diolah dalam bentuk kristal itu dipercaya memiliki khasiat penyembuhan. 

Selain karena alasan estetik, batu permata seperti safir, rubi, obsidian, dan sebagainya, yang sering dipasang di cincin, gelang, kalung, itu dianggap memiliki efek bagi tubuh dan kesehatan. 

Salah satu dari klaim tersebut, antara lain, menyebutkan bahwa batu alam jenis tertentu jika digunakan oleh orang dengan zodiak tertentu akan memiliki efek positif bagi tubuh dan kesehatan mereka.

Mineral yang Menyimpan Energi 

Seorang ahli crystal healing, Sonali Saujani, mengatakan bahwa permata berbentuk kristal terdiri dari berbagai elemen atau senyawa, dimana tubuh manusia bereaksi dengan cara berbeda. Ini merupakan mineral yang menyimpan energi, dan karena manusia terdiri dari energi, maka manusia  dapat bertukar energi dengan kristal saat berinteraksi dengannya.

Dicontohkan, misalnya, kristal yang digunakan untuk meningkatkan fungsi banyak benda sehari-hari, seperti jam tangan, steker, peralatan rumah sakit, dan laser.

Mengutip sebuah penelitian di tahun 2008, Saujani menyatakan bahwa batu kuarsa dapat bertindak sebagai batu api untuk menyalakan api atau menghasilkan listrik.  Jika sebuah kristal dapat menjadi piezoelektrik (mengandung muatan listrik), maka Saujani berkeyakinan kristal dapat melakukan lebih banyak hal. Yaitu  menyeimbangkan arus listrik dan menjaga peralatan agar tidak meledak. Demikian pula, ketika kristal dan tubuh manusia dikaitkan,  yang terjadi hanyalah menyeimbangkan frekuensi arus elektromagnetik dalam tubuh manusia. 

Belum Ada Bukti Ilmiah

Namun, sejauh ini, belum ada bukti ilmiah yang membenarkan klaim-klaim tersebut. Melansir sebuah artikel yang dipublikasikan oleh situs Health Line, bahwa batu alam yang dibentuk menjadi kristal itu oleh sebagian besar ilmuwan telah dianggap sebagai pseudosains, meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa kristal mungkin menawarkan efek plasebo. 

"Sebuah studi lama yang dipresentasikan pada konferensi pada tahun 1999 dan 2001 tetapi tidak dipublikasikan dalam jurnal peer-review menunjukkan bahwa manfaat penyembuhan apa pun yang terkait dengan kristal kemungkinan besar merupakan hasil dari kekuatan sugesti," sebut artikel itu. 

Meski demikian, The National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH) atau Pusat Kesehatan Pelengkap dan Integratif Nasional (NCCIH) di Amerika Serikat mencatat bahwa praktik kesehatan pelengkap seperti terapi kesadaran dan meditasi dapat meningkatkan relaksasi dan dapat memberikan manfaat lain bagi orang yang mengalami kecemasan dan depresi, serta untuk mengelola gejala yang berkaitan dengan kondisi kronis. Anda mungkin mendapatkan beberapa manfaat yang sama tergantung pada cara Anda menggunakan kristal.

Jenis Batu 

Jika kamu adalah tim pendukung batu alam untuk manfaat kesehatan, lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai. Berikut ini adalah jenis-jenis batu permata yang dimanfaatkan untuk penyembuhan untuk pikiran, tubuh, dan jiwa, serta menghilangkan energi negatif.

Batu Permata Safir Kuning

Batu Permata Safir Kuning atau Pukhraj Ratan adalah batu yang sangat terkenal yang diyakini menawarkan khasiat penyembuhan untuk kesehatan. Menurut Brahamagems Natural Gemstones, batu ini memegang tempat terkemuka dalam dunia astrologi Weda karena manfaatnya yang luar biasa. 

Batu permata berharga dari kelompok mineral Navratna ini berwarna kuning dan dapat meremajakan kesehatan pemiliknya secara keseluruhan. Batu safir kuning yang identik dengan kemakmuran dan pernikahan bahagia ini diyakini dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah kelemahan hati dan ginjal. Selain itu, untuk membantu mengatasi penyakit serius seperti Penyakit Kuning dan TBC. 

Batu Permata Karang Merah

Batu Permata Karang Merah atau Moonga Ratan adalah batu permata laut berwarna merah jingga cerah. Diyakini akan banyak membawa manfaat bagi pemakainya, batu permata karang merah ini diyakini akan memulihkan sistem peredaran darah, menghidupkan kembali konsentrasi mental, dan meningkatkan kesehatan psikologis secara keseluruhan serta sistem pencernaan dan kekebalan yang lebih baik.

Batu Bulan

Moonstone adalah batu permata alami bernuansa biru yang melambangkan ketenangan. Seperti batu ruby, batu ini dipakai untuk merangsang kelancaran fungsi kelenjar pineal sekaligus menjaga keseimbangan siklus produksi hormon internal yang dibutuhkan tubuh pemakainya. Konon batu ini dipakai untuk meningkatkan kreativitas sekaligus mengurangi gejala kecemasan, depresi dan insomnia dengan mudah. 

Blue Sapphire (Safir)

Blue Sapphire adalah batu permata alami yang diyakini efektif mengatasi kecemasan, stres, depresi, dan insomnia. Selain itu, juga memiliki khasiat penyembuhan yang dapat membantu menyembuhkan gangguan yang berhubungan dengan mata dan meningkatkan kesehatan fungsi otak yang sehat dan aktivitas sistem saraf.

Diyakini juga memberikan kekuatan untuk menangani ketidakseimbangan emosional dan ketegangan psikis, mencerahkan suasana hati dan pikiran seseorang. 

Zamrud

Zamrud dikenal sebagai batu permata dalam terapi penyembuhan alami karena mewakili simbol cinta, harapan, dan ketenangan. Batu zamrud diyakini memiliki khasiat penyembuhan yang menjadikannya alat yang ampuh untuk pikiran, meningkatkan daya nalar dan kebijaksanaan pemakainya,  memberikan efek menenangkan emosi dan menurunkan tingkat stress, juga mampu meredakan gagap.

Batu zamrud hijau dipercaya ampuh menyembuhkan berbagai penyakit seperti epilepsi, penyakit jantung, amnesia, asma, diare, insomnia, dan bahkan persalinan lama selama kehamilan.

Obsidian

Batu obsidian diyakini sebagai batu yang sangat protektif yang dimanfaatkan untuk : 

  • perisai terhadap kenegatifan fisik dan emosional

  • menyingkirkan hambatan emosi

  • meningkatkan kualitas kekuatan, kejelasan, dan kasih sayang

  • membantu Anda menemukan jati diri Anda yang sebenarnya

Batu ini juga diyakini dapat membantu Anda mencerna pengalaman, emosi, dan beban , membebaskan Anda dari penyumbatan negatif.

Kecubung

Batu ungu ini dikatakan sangat melindungi, menyembuhkan, dan memurnikan. Batu kecubung dipercaya dapat : 

  • membantu menyingkirkan pikiran dari pikiran negatif

  • melahirkan kerendahan hati, keikhlasan, dan kebijaksanaan spiritual

  • meningkatkan kemauan dan pilihan yang sehat

  • membantu tidur dan mengungkap misteri mimpi

Batu Mata Harimau

Batu berwarna emas ini diyakini cocok untuk orang yang membutuhkan dorongan kekuatan atau motivasi. Batu ini dikatakan dapat: 

  • membantu menghilangkan pikiran dan tubuh Anda dari ketakutan, kecemasan, dan keraguan diri

  • membimbing Anda menuju harmoni dan keseimbangan

  • membantu Anda membuat keputusan yang jelas dan sadar

Batu Kuarsa Bening

Beberapa orang menganggap kristal putih ini sebagai penyembuh yang ampuh ulung untuk memperkuat energi, membantu konsentrasi dan memori, serta menyeimbangkan sistem energi. Batu kuarsa bening sering dipasangkan dengan batu lain seperti kuarsa mawar untuk memaksimalkan manfaatnya.

Kesimpulan 

Seperti telah disampaikan di depan, belum ada bukti-bukti ilmiah yang menyatakan manfaat penyembuhan dari batu-batu alami ini. Sebagian besar ilmuwan menganggap bahwa ini lebih kepada pseudosains, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa kristal mungkin menawarkan efek plasebo. 

_______________________

Referensi:

Health Line (2023), Healing Crystals 101: Everything You Need to Know. 

Saujani S. (2022). Personal Interview.

www.nccih.nih.gov (2017), Statistics from the National Health Interview Survey.  

Brahamagems Natural Gemstones, Medium.com (2023), The Benefits of Wearing Gemstones for Health and Well-Being.

Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com