Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

11 Cemilan Yang Aman Untuk Penderita Asam Urat

Artikel dipublikasikan : 19 Juni 2022 20:13
Dibaca : 16270 kali

 

Penderita asam urat umumnya mengalami serangan nyeri asam urat ketika terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman dengan kadar purin yang tinggi. Sering ngemil juga bisa menimbulkan nyeri tersebut. Tetapi, sebagian cemilan ternyata aman untuk asam urat. Apa saja?  

Banyak makanan yang bisa dijadikan cemilan untuk asam urat. Tetapi tentu saja, jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya. Karena jika mengonsumsi apapun secara berlebihan akan dapat menimbulkan dampak yang tidak sehat. 

Nah, apa saja cemilan yang direkomendasikan untuk penderita asam urat? Berikut ini daftar cemilan untuk asam urat yang kami kumpulkan dari berbagai sumber. 

Baca Juga: Cara Mengatur Makanan yang Baik dengan Diet Asam Urat

  1. Kacang Almond 

Kacang almond merupakan salah satu cemilan yang baik untuk penderita asam urat. Kacang almond tidak mengandung mengandung purin. Sebaliknya, justru sehat untuk dijadikan cemilan untuk asam urat.

Kacang almond mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Selain itu juga memiliki jumlah serat makanan yang lebih tinggi daripada jenis kacang yang ada di pasaran. Kandungan vitamin E dan proteinnya merupakan yang tertinggi diantara semua kacang. Kombinasi serat, lemak baik, dan protein telah terbukti dapat membuat seseorang kenyang lebih lama. 

  1. Kuaci bunga matahari

Jenis cemilan lainnya yang aman untuk asam urat adalah kuaci bunga matahari. Dalam setiap 100 gram kuaci bunga matahari, terdapat kandungan vitamin,  mineral, protein, karbohidrat, dan lemak yang bermanfaat untuk kesehatan.  

Dari berbagai penelitian, terbukti bahwa kuaci bunga matahari juga dapat mencegah kanker, mengurangi stres, menyehatkan kulit, menjaga kadar gula darah, baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, menurunkan kolesterol, dan melancarkan pencernaan. 

Sering mengemil kuaci bunga matahi tak bikin berat badan melonjak.

  1. Kacang lentil

Jenis kacang yang juga aman sebagai cemilan untuk asam urat adalah kacang lentil. Kacang ini mengandung protein tinggi, rendah serat dan lemak yang sering dimasukan ke dalam menu  kelompok vegetarian. 

Banyak manfaat kesehatan pada kacang lentil, sehingga di wilayah Asia Timur Tengah kacang ini diyakini  sebagai cemilan untuk membantu meningkatkan konsentrasi. 

Kacang lentil  mengandung polifenol tinggi yang  bersifat antioksidan, anti bakteri, dan anti peradangan yang bermanfaat untuk  mencegah berbagai penyakit.  Bahkan, dapat mengurangi risiko penyakit kanker, seperti tiroid dan hati. 

Selain menjadi cemilan yang sehat untuk asam urat, kacang lentil juga  membantu menjaga kesehatan jantung. 

  1. Cemilan dengan kandungan karbohidrat pati

Jika cemilan di atas belum membuat kenyang, maka cobalah sediakan cemilan untuk asam urat yang mengandung karbohidrat pati seperti kentang, oat, ubi, dan pasta. 

Ubi rebus dapat menjadi cemilan yang mengenyangkan bagi penderita asam urat. Ubi juga kaya serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. 

  1. Roti dan biskuit gandum utuh

Bagi penggemar roti dan biskuit namun memiliki gejala asam urat, jangan khawatir. Kamu dapat memilih roti dan biskuit yang terbuat dari bahan gandum utuh sebagai cemilan yang aman untuk asam urat.  

Sebab kedua cemilan ini cukup mengenyangkan, baik untuk tubuh, mengandung karbohidrat, dan  bisa membantu membuang asam urat dari dalam tubuh. 

  1. Susu rendah lemak

Jika kamu suka minum susu tetapi khawatir serangan nyeri asam urat, pilihlah susu yang rendah lemak. Susu rendah lemak dapat menurunkan asam urat. Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian. Jurnal Medis Inggris pada tahun 2012 mempublikasikan hal tersebut. Ditemukan bahwa dua jenis protein dalam susu, yaitu casein dan lactalbumin, dapat meningkatkan pembuangan asam urat dari tubuh. 

Kamu bisa mendapatkan susu rendah lemak  dalam bentuk bentuk yogurt atau keju rendah lemak. 

  1. Buah-buahan dengan kandungan serat yang tinggi 

Jika kadar asam urat tinggi, dianjurkan untuk makan cemilan yang mengandung serat tinggi yang berasal dari buah dan sayuran. Serat dapat menyerap asam urat dari aliran darah, menghilangkan asam urat berlebih dari tubuh melalui ginjal. Pilihan terbaik untuk penderita asam urat adalah cemilan dari gandum utuh, apel, jeruk, brokoli, pir, stroberi, blueberry, mentimun, seledri, hingga pepaya.  

Buah beri, terutama stroberi dan blueberry adalah buah yang dapat menurunkan kadar asam urat dan bisa dikonsumsi secara rutin. Keduanya memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengendalikan peradangan atau inflamasi pada sendi serta mencegah tingginya kadar asam urat dalam darah. 

Tomat, mentimun, atau brokoli juga merupakan sayuran yang tepat untuk mencegah pembentukan asam urat tinggi dalam darah. Ketiganya memiliki sifat basa yang dapat membantu tubuh dari penumpukkan asam urat dalam darah. 

Apel juga merupakan cemilan sehat untuk asam urat karena  mengandung asam malat yang dapat menetralkan asam urat dalam aliran darah. 

Cuka apel juga baik dikonsumsi oleh penderita asam urat tinggi, dengan cara dicampurkan ke dalam air putih. Minum campuran ini 2-3 kali setiap hari ketika gejala asam urat menyerang. 

  1. Buah ceri 

Dalam Medical News Today disebutkan bahwa buah ceri dapat mengurangi risiko serangan asam urat, terutama pada orang dengan riwayat penyakit ini sebelumnya.  Hal ini  berdasarkan sebuah studi pada 2012 terhadap 633 orang dengan asam urat, dimana ditemukan bahwa makan ceri selama 2 hari dapat menurunkan risiko serangan asam urat sebesar 35 persen dibandingkan dengan tidak makan ceri. 

Efek tersebut tetap bertahan, meskipun  terdapat faktor risiko asam urat  seperti usia, jenis kelamin, konsumsi alkohol, dan penggunaan diuretik atau obat anti asam urat. 

Obat allopurinol, obat anti-asam urat, kombinasi obat dan ceri bisa menurunkan risiko serangan sebesar 75 persen. 

Buah ceri dapat menjadi pilihan cemilan untuk asam urat, karena dapat menurunkan asam urat, memiliki zat anti-inflamasi berupa antosianin untuk  membantu mengurangi kadar asam urat. 

Manfaat lainnya dari ceri adalah dapat mencegah asam urat mengkristal dan mengendap di persendian. Ceri bahkan mampu menetralkan asam dan membantu mencegah peradangan dan nyeri. 

  1. Nanas

Penderita asam urat dapat menjadikan buah nanas sebagai cemilan untuk membantu serangan nyeri asam urat. Nanas mengandung bromelain atau enzim yang mampu meredakan peradangan dan nyeri. Potongan buah nanas yang dimakan begitu saja dapat membantu menenangkan rasa nyeri asam urat. Atau bisa juga dicampurkan potongan nanas ini pada salad. 

  1. Pisang 

Buah pisang juga merupakan pilihan cemilan untuk asam urat. Pisang mengandung mineral potasium, antioksidan, dan vitamin C  yang dapat membantu tubuh menurunkan kadar asam urat dalam darah. 

Cemilan pantangan untuk asam urat 

Selain mengenal cemilan yang aman untuk asam urat, penderita asam urat tinggi perlu menghindari cemilan yang tidak aman atau tidak sehat untuk dirinya. Cemilan pantangan asam urat yang harus dihindari adalah roti putih, kue-kue manis, permen, dan pasta yang tidak terbuat dari gandum utuh. 

Selain itu, tentu saja, hindari minuman bersoda serta beralkohol.

Baca Juga: Pantangan Asam Urat, Jauhkan Minuman Ini !

  1. Teh hijau

Teh hijau dapat menjadi pendamping cemilan  untuk asam urat. Teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meambantu tubuh dalam mengendalikan hiperurisemia atau kadar asam urat yang tinggi. Tingginya kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat membantu mekanisme pengeluaran racun dan zat berbahaya dari tubuh. 

Demikianlah cemilan untuk penderita asam urat yang dapat kamu pilih. 

 

Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com