Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

13 Cara Mengatasi Mata Panda

Artikel dipublikasikan : 9 Agustus 2022 06:32
Dibaca : 58 kali

 

Lingkaran hitam yang muncul di area kulit bagian bawah mata, atau  sering disebut mata panda, dapat mengurangi kecerahan wajah. Bila kamu sering mengalaminya, berikut ini cara mengatasi mata panda yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah. 

Setiap orang bisa mengalami mata panda. Lingkaran hitam di area kulit bagian bawah mata tersebut bisa muncul apabila kita sering kurang cukup tidur, mengalami kelelahan yang luar biasa, tekanan stres, mengalami depresi, faktor usia, atau faktor genetika. 

Mata panda sebetulnya tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, kondisi ini akan membuat wajah tampak kusam, terlihat lebih tua, dan tidak segar. Oleh karena itu, sebaiknya kamu perlu tahu bagaimana cara mengatasi mata panda dengan mudah. 

Cara mengatasi mata panda 

Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi mata panda yang dapat dilakukan di rumah.  

  1. Kompres dingin

Lingkaran hitam pada mata dapat terbentuk ketika pembuluh darah di bawah kulit sekitar mata melebar. Cara mengatasi mata panda ini, yang paling mudah adalah  dengan melakukan kompres dingin di bawah mata untuk mengecilkan pembuluh darah yang melebar tersebut.

Tips: Bungkus es batu pada kain bersih, atau rendam kain di dalam air es, lalu kompreskan pada lingkaran hitam pada kulit sekitar mata selama kurang lebih 15 sampai 20 menit.

  1. Kompres dengan teh

Selain kompres dingin, cara lainnya untuk mengatasi mata panda adalah dengan menggunakan kompres kantung teh celup. Baik itu jenis teh hitam atau teh hijau, masing-masing memiliki kandungan kafein dan dan antioksidan yang bermanfaat dalam memperbaiki sirkulasi darah dan mencerahkan kulit. 

Kantung teh memiliki khasiat pada  mata berupa mengurangi peradangan atau pembengkakan, menyembuhkan mata merah, menyamarkan lingkaran hitam, meredakan mata bintitan, dan melembabkan mata yang kering. 

Selain itu antioksidan yang terkandung pada teh juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) dan memperlambat proses penuaan. 

Tips: Simpan terlebih dahulu teh celup yang sudah dibasahi pada lemari es hingga terasa dingin. Kompres mata panda kamu dengan teh celup dingin selama 15–20 menit. Gunakan kantong teh dari jenis teh hitam, teh hijau, serta teh herbal seperti teh rooibos, teh chamomile, teh melati, dan teh daun mint.

  1. Perbanyak minum air putih 

Tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik, dapat menyebabkan terjadinya lingkaran hitam pada mata. Jadi, cara mengatasi mata panda yang berikutnya adalah dengan cara menghindari atau mengatasi dehidrasi yang kamu alami. Cukupi kebutuhan minum air putih sekurang-kurangnya delapan gelas setiap hari. 

  1. Gunakan gel lidah buaya 

Gel lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi mata panda. Di dalam gel ini terdapat kandungan antioksidan dan antiradang yang bermanfaat untuk membuat kulit wajah menjadi sehat. 

Selain gel lidah buaya, irisan mentimun juga bisa digunakan untuk mengatasi mata panda. Mentimun memiliki kandungan mineral dan vitamin C yang terbukti mampu menjadikan kulit lembab. Mentimun juga mengandung magnesium dan silika yang baik untuk mata, agar mata terlihat lebih sehat dan segar.

Cara mengatasi mata panda dengan menggunakan mentimun dilakukan dengan mengiris tipis mentimun yang sudah dibersihkan. Lalu tempelkan irisan mentimun di mata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari menjelang tidur. 

  1. Minyak almond

Minyak dari kacang almond juga mempunyai kandungan antioksidan dan antiradang yang baik untuk menyehatkan kulit wajah, terutama di sekitar kantung mata. Minyak almond dapat melembapkan kulit dan membuat kulit di sekitar kantung mata tampak lebih cerah.

  1. Pakai krim mata

Krim mata yang mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin K, atau ekstrak daun teh, banyak beredar di pasaran. Krim mata ini juga dapat digunakan untuk mengatasi mata panda. Ikuti aturan pakai, karena krim pelembab kulit di sekitar kantung mata ini harus rutin digunakan selama beberapa minggu agar dapat membuahkan hasil yang maksimal.  

  1. Waktu tidur yang cukup

Faktor kelelahan dan kurang cukup waktu tidur dapat menyebabkan mata panda. Cara mengatasi mata panda, oleh karena itu, adalah dengan mencukupi waktu tidur. 

Kebutuhan tidur untuk orang dewasa adalah sekitar tujuh sampai sembilan jam setiap malam. Jangan biasakan tidur terlalu larut malam, atau bahkan begadang sampai subuh. 

  1. Gunakan bantal di kepala saat tidur

Cara mengatasi mata panda ini dilakukan agar posisi kepala lebih tinggi dari badan saat tidur. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan di bawah mata akibat penumpukan cairan. Gunakan dua bantal secara bertumpuk saat tidur. 

  1. Hindari kebiasaan minum minuman beralkohol

Salah satu efek samping dari kebiasaan minum minuman yang mengandung alkohol adalah   menyebabkan dehidrasi ringan. Kondisi ini akan membuat mata panda jadi terlihat jelas. Hindari kebiasaan ini. Selain mencegah mata panda, membebaskan diri dari kebiasaan minum minuman beralkohol juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.   

  1. Kurangi minum kopi 

Selain minuman beralkohol, kebiasaan minum kopi berlebihan juga dapat membuat kamu akan melek lebih lama. Hal ini akan berefek pada munculnya lingkaran hitam di kantung mata. 

Menatap layar gadget dalam waktu yang lama setiap hari juga bisa menyebabkan mata panda. Oleh karena itu sebaiknya kurangi atau batasi waktu untuk melihat gadget kamu. 

Meski bukan kondisi medis yang serius, Anda tetap perlu waspada jika mata panda tak kunjung hilang setelah beberapa hari atau berminggu-minggu.

  1. Perbanyak zat besi

Kekurangan zat besi juga dapat menjadi penyebab lingkaran hitam di bawah mata dan menjadikan kulit lebih pucat. Untuk menghindarinya, cobalah perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti daging merah, unggas, makanan laut, kacang polong, sayuran berdaun hijau, dan makanan yang diperkaya zat beri seperti roti, pasta, dan sereal.

  1. Cukup vitamin C

Pertambahan usia juga bisa menyebabkan otot dan jaringan yang menopang kelopak mata melemah. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kendur, termasuk lemak yang terdapat di sekitar mata. Oleh karena itu, meningkatkan asupan vitamin C dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak asam hialuronat. Asam ini secara alami dapat ditemukan dapat tubuh, namun jumlah yang tersimpan dalam tubuh akan menurun seiring bertambahnya usia.

  1. Bersihkan rias wajah sebelum tidur

Bagi kaum wanita, penting untuk membersihkan bekas make up yang masih tertempel di wajah sebelum tidur. Sisa-sisa riasan di wajah dapat menyebabkan banyak masalah pada kulit wajah, salah satunya menimbulkan lingkaran hitam pada kantung mata. 

Selain itu, riasan wajah yang menempel di wajah pada saat tidur juga berdampak negatif. Diantaranya adalah mengganggu mata sehingga tidak dapat beristirahat dengan optimal,  menimbulkan reaksi alergi, mengembangkan infeksi penyebab kemerahan, bengkak, serta gejala lainnya. 

Tidur dalam keadaan wajah masih dengan riasan juga telah mengekspos kulit dari radikal bebas, sehingga meningkatkan resiko terkena stres oksidatif yang menjadi penyebab penuaan dini pada kulit wajah. 

Demikianlah beberapa tips cara mengatasi  mata panda yang dapat kamu lakukan di rumah dengan mudah.  

referensi :

Mayo Clinic (2021). Symptoms. Dark Circles Under Eyes.

Haddrill, M. All About Vision (2022). Puffy Eyes.

Suni, E. Sleep Foundation (2022). How Much Sleep Do We Really Need?

Boyd, K. American Academy of Ophthalmology (2021). Bags Under the Eyes.

Mayo Clinic (2021). Symptoms. Dark Circles Under Eyes.

Hubungi Kami
Teras Mahakam DKI Jakarta Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,Kec. Kby. Baru,
Kota Jakarta Selatan, 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com