Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

15 Manfaat Berhenti Merokok dan Tidur Teratur

Artikel dipublikasikan : 26 September 2022 06:13
Dibaca : 90 kali

Foto : Freepik

Berhenti merokok dan membiasakan untuk tidur teratur merupakan dua hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan. Jika kamu merasa tubuhmu tidak pernah benar-benar sehat, coba pertimbangkan manfaat berhenti merokok dan tidur teratur berikut ini.

Penulis : Sholahudin Achmad 

Manfaat berhenti merokok bisa dirasakan dalam hitungan hari. Dalam  delapan jam hingga 12 jam setelah berhenti merokok, detak jantung  akan lebih teratur, tekanan darah bisa kembali stabil dan lebih terkontrol, kadar karbon monoksida dalam darah menurun dan oksigen dalam darah mulai meningkat. 

Setelah dua minggu hingga tiga bulan berhenti merokok, organ-organ di dalam tubuh akan berangsur pulih dan risiko terkena penyakit jantung dan stroke akan menurun.

Manfaat berhenti merokok 

Berikut ini beberapa manfaat berhenti merokok yang perlu diketahui.  

  1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Tembakau mengandung nikotin dan menghasilkan bahan kimia seperti karbon monoksida yang mempercepat detak jantung dan meningkatkan tekanan darah. Sama halnya vaping dengan cairan rokok elektrik berbasis nikotin. Efeknya langsung terjadi saat kamu menarik napas.

Risiko serangan jantung akan mulai turun dalam beberapa jam setelah sesi rokok atau vaping terakhir kamu. Menghentikan kebiasaan merokok,  dan tetap bebas rokok selama setahun akan bermanfaat untuk menurunkan risiko serangan jantung.  

  1. Meningkatkan indera penciuman dan perasa

Setelah 48 jam berhenti merokok, kamu akan mengalami peningkatan bau dan rasa. Hal ini akan terus meningkat di minggu-minggu berikutnya. Hilangnya sensasi penciuman bau dan rasa adalah akibat langsung dari efek rokok pada indera perasa dan reseptor saraf di hidung.

Nikotin dan bahan kimia lainnya dalam asap rokok, dipasangkan dengan udara panas, dapat meratakan selera dan mengurangi vaskularisasi yang meningkatkan respons saraf. Pembatasan pembuluh darah yang sama di hidung merusak indera penciuman. 

Berhenti merokok bermanfaat bagi indera perasa untuk dapat merasakan rasa dan aroma yang lebih mendalam. 

  1. Mengurangi gejala kecanduan

Nikotin pada rokok menyebabkan kecanduan dan membuat orang ingin terus merokok.  Manfaat berhenti merokok adalah menghilangkan rasa kecanduan tersebut.

Setelah berhenti merokok, reseptor nikotin yang ada pada otak akan kembali normal. Ini akan membuat kamu berangsur-angsur tidak kecanduan rokok lagi.

Pada awalnya memang tidak mudah untuk berhenti merokok dan mengatasi kecanduan nikotin.  dengan mudah. Efek berhenti merokok adalah gejala nicotine withdrawal, seperti sakit kepala, perubahan mood, gelisah, susah tidur, batuk-batuk, lemas, sembelit, dan peningkatan berat badan. 

  1. Memperkuat sistem imun

Kamu perlu tahu bahwa merokok bisa merusak sistem kekebalan tubuhmu. Alhasil, pertahanan tubuh pun jadi lebih lemah melawan berbagai macam kuman dan virus penyebab penyakit, sehingga kamu bisa mudah jatuh sakit.

Agar daya tahan tubuhmu tetap kuat, kamu perlu menjalani gaya hidup sehat yang salah satunya adalah dengan menjauhi tembakau.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat berhenti merokok lainnya adalah untuk melancarkan aliran darah dan mencegah terjadinya penyakit berbahaya akibat tembakau. 

  1. Menurunkan risiko terjadinya kanker

Berhenti merokok juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya beragam jenis kanker, seperti kanker paru-paru, kanker esofagus atau kerongkongan, kanker mulut, dan kanker pankreas.

  1. Meningkatkan kesuburan dan mengembalikan gairah seks

Merokok dapat mengganggu tingkat kesuburan pria dan wanita, seperti terjadinya disfungsi ereksi, dan penurunan gairah seksual. Manfaat berhenti merokok adalah untuk  mengembalikan gairah seks,  mengentalkan sperma, serta meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita, sehingga peluang kehamilan pun menjadi lebih tinggi.

  1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Berhenti merokok juga akan menurunkan risiko infeksi mulut, radang gusi, dan kanker di mulut atau lidah.

Manfaat tidur teratur

Selain berhenti merokok, tidur teratur juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa diantaranya: 

1. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Manfaat tidur teratur adalah untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan fit. Sehingga membantu kamu menjadi lebih produktif, lebih fokus, dan lebih konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan.

2. Meningkatkan mood atau suasana hati

Istirahat dan tidur yang berkualitas dapat menyegarkan kembali pikiran dan suasana hati, sehingga lebih siap menjalani aktivitas dan menyelesaikan pekerjaan.

Saat tidur, otak memproses emosi dan pikiran agar dapat bereaksi dengan baik. Kurang cukup tidur akan membuat emosi atau suasana hati cenderung bereaksi negatif, seperti mudah murung, mudah lelah, atau merasa cemas.

Penderita gangguan tidur, seperti insomnia atau sleep apnea, memiliki risiko lebih besar untuk mengalami depresi atau gangguan kecemasan.

3. Meningkatkan daya ingat

Manfaat tidur teratur juga adalah memudahkan untuk mengingat hal-hal secara detail. Tanpa istirahat dan tidur yang cukup, otak akan sulit menerima informasi dan mengingat sesuatu dengan baik. 

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Tidur dengan jadwal teratur juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini akan menjaga sel-sel tubuh dari berbagai infeksi kuman secara maksimal, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Selain itu, tidur teratur juga akan memperbaiki berbagai kerusakan jaringan akibat paparan radikal bebas, sinar matahari, dan polusi. 

5. Mengontrol kadar gula darah

Tidur teratur juga bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah. Sebaliknya, kurang istirahat atau tidur akan berdampak pada peningkatan kadar gula darah dan risiko terkena diabetes.

6. Menjaga berat badan tetap ideal

Untuk menjaga berat badan ideal juga diperlukan jadwal tidur yang teratur. Sebab, jika kamu  kurang tidur maka hal itu akan mengganggu keseimbangan hormon yang mengatur nafsu makan. Kurang tidur cenderung membuat orang memiliki nafsu makan  berlebihan, dan mengonsumsi lebih banyak kalori.

7. Menjaga kesehatan jantung

Tidur teratur juga memiliki manfaat pada kesehatan jantung. Sewaktu kita tertidur, tubuh  akan melepaskan hormon yang menjaga jantung dan pembuluh darah tetap sehat. Tekanan darah juga menjadi lebih stabil karena jantung dan pembuluh darah dapat beristirahat selama tubuh tertidur.

Jadi, kurang tidur akan berdampak buruk pada fungsi pembuluh darah dan jantung. Telebih agi bagi orang dengan riwayat  penyakit jantung atau tekanan darah tinggi.

________________________ 

Referensi: 

National Health Service UK (2021). Quit Smoking.

Healthline (2019), How to Remove Nicotine Stains from Your Teeth.

Healthline (2020), Benefits of Quitting Smoking and a Quit Smoking Timeline.

Healthline (2019),5 Ways to Get Rid of Cigarette Breath.

Verywell Mind (2020), 7 Symptoms of Nicotine Withdrawal.

WebMD (2020), What Happens to Your Body When You Quit Smoking?

Healthline (2020), 10 Reasons Why Good Sleep Is Important.

Verywell Health (2021), 10 Benefits of a Good Night’s Sleep.

WebMD (2021),Surprising Reasons to Get More Sleep.

 
Hubungi Kami
Terace Mahakam, Jl. Mahakam No.6, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
02122772701
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com