Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

6 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga dan Caranya

Artikel dipublikasikan : 19 November 2021 08:23
Dibaca : 577 kali

Sebelum melakukan aktivitas olahraga sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu. Manfaat pemanasan sebelum olahraga tak bisa dianggap sepele. Selain dapat mengurangi risiko cedera, manfaatnya adalah ini. 

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun demikian perlu lakukan pemanasan lebih dahulu sebelum berolahraga Karena manfaat pemanasan sebelum olahraga sangat penting. Ibarat mesin, tubuh pun perlu dipanasi terlebih dahulu sebelum dipacu dengan gerakan-gerakan olahraga yang dapat membakar kalori, meningkatkan suhu tubuh, dan melepaskan energi.

Seperti halnya atlet profesional yang menyadari betapa besar manfaat pemanasan sebelum olahraga, Anda pun perlu menyadarinya. Pada umumnya pemanasan sebelum olahraga membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit. Durasi waktu segitu sudah cukup untuk Anda merasakan manfaat pemanasan sebelum berolahraga.  

Manfaat pemanasan sebelum olahraga

Jika Anda sejauh ini rajin berolahraga namun tidak pernah melakukan pemanasan, sebaiknya simak penjelasan mengenai manfaat pemanasan sebelum olahraga  berikut ini. 

  1. Melenturkan otot-otot  

Manfaat pemanasan sebelum olahraga juga dapat dirasakan pada otot. Dengan melakukan pemanasan yang cukup maka dapat bermanfaat dalam melenturkan otot-otot  dari ketegangan. Ingat lho, otot perlu dalam keadaan rileks saat berolahraga. Sebaliknya bila otot Anda tegang saat berolahraga maka kondisi ini dapat meningkatkan timbulnya risiko cedera. 

  1. Mengatur detak jantung 

Saat berolahraga detak jantung akan mengalami percepatan. Sebab jantung merupakan organ vital yang memompa darah agar mengalir ke seluruh tubuh. Jika percepatan detak jantung ini tidak diatur mulai dari perlahan, maka jantung kita akan kaget, mengalami kejutan. Oleh karena itu manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah agar kerja jantung tidak dipacu dengan cepat secara tiba-tiba, melainkan bertahap. 

Baca Juga: 7 Manfaat Olahraga Skipping dan Cara Melakukannya dengan Benar

  1. Meningkatkan aliran darah dan sirkulasi oksigen

Aliran darah di dalam tubuh mengalir ke seluruh organ tubuh dipompa oleh jantung. Saat berolahraga kelancaran aliran darah ini sangat penting. Otot-otot dapat bekerja secara maksimal bila aliran darah lancar. Selain itu juga agar oksigen di dalam darah juga dapat bersirkulasi dengan baik. Pemanasan sebelum olahraga bermanfaat dalam meningkatkan alirah darah dan sirkulasi oksigen di dalam tubuh.  

  1. Menyiapkan persendian agar lebih siap

Cedera pada persendian kaki seperti pada lutut dan pergelangan kaki seringkali terjadi saat melakukan olahraga permainan seperti sepakbola dan futsal. Tak hanya itu, dalam olahraga lainnya pun resiko terjadi cidera persendian juga dapat terjadi. Misalnya pada persendian tangan, pergelangan tangan, bahu, maupun leher. Untuk mengurangi resiko cidera pada persendian tesebut penting untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga. Tujuannya supaya sendi-sendi ini dapat lebih siap melakukan berbagai gerakan cepat dan keras saat  olahraga.   

  1. Mencegah nyeri punggung bawah 

Manfaat pemanasan sebelum olahraga juga dapat mencegah nyeri punggung bagian bawah. Pemanasan sebelum olahraga akan meningkatkan kelenturan atau fleksibilitas otot-otot paha belakang, pinggul, dan sekitar otot panggul. 

  1. Meningkatkan jangkauan gerakan 

Selain berbagai manfaat tersebut di atas, manfaat pemanasan sebelum olahraga yang lainnya adalah dalam meningkatkan jangkauan gerakan. Misalnya gerakan kaki dalam melompat dan  menendang bola, atau gerakan tangan dalam melempar dan memukul. Gerakan-gerakan tersebut dapat dioptimalkan jangkauannya dengan cara melakukan pemanasan terlebih dulu sebelum olahraga.  

Pemanasan sebelum berolahraga juga dapat bermanfaat dalam mencegah  ketidakseimbangan otot. Saat melakukan pemanasan sebelum olahraga, otot-otot mengalami peregangan secara perlahan.  Dan itu akan memperbaiki postur tubuh Anda. 

Cara melakukan pemanasan sebelum olahraga

Berbagai gerakan ringan yang berpusat pada kepala dan leher, bahu, tangan, lutut kaki, pergelangan kaki dapat dilakukan dalam pemanasan sebelum olahraga. Untuk mendapatkan manfaat dari pemanasan sebelum olahraga, berikut adalah beberapa teknik gerakan pemanasan dasar yang dapat Anda lakukan. 

  1. Jalan di tempat selama 2-3 menit

Berjalan di tempat dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen di dalam tubuh, serta membuat jantung berdetak lebih cepat. Kombinasikan gerakan kaki pada saat berjalan di tempat dengan gerakan lengan. Anda bisa lakukan gerakan maju mundur dengan gerakan tangan diangkat ke atas dan ke samping. Tekuk siku tangan dan kepalkan tangan saat menggerakkan lengan.

  1. Angkat kaki bergantian kiri dan kanan

Dengan bertumpu pada kaki kanan, angkat kaki kiri ke depan Anda sampai lutut menekuk membentuk 90 derajat. Pegangi lutut kiri dengan kedua tangan, tahan selama kurang lebih 30 detik. Kemudian lakukan gerakan yang sama dengan bertumpu pada kaki kiri.

Baca Juga: Pull Up Melatih Otot, Begini Tekniknya!

  1. Memutar Kepala

Putarkan kepala atau gerakan bagian leher mengikuti arah jarum jam dalam hitungan 8 detik. Kemudian sebaliknya, putar arah berlawanan dengan jarum jam dengan hitungan yang sama. Saat menggerakan leher, posisi dagu menempel dada saat kepala menghadap ke bawah. Biarkan mata terbuka saat gerakan ini dilakukan.  Gerakan ini akan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke dalam otak. 

  1. Memutar bahu 

Gerakan memutar bahu dapat dilakukan dengan posisi kaki berdiri tegak. Putarlah bahu ke depan dan belakang dalam hitungan 10. Posisi tangan terbentang ke samping. Lalu gerakan tangan di atas pundak sambil terus memutar bahu Anda. 

  1. Memutar pinggang

Berdiri dan regangkan kedua kaki selebar pundak. Lalu putar pinggang searah jarum jam selam hitungan 8 detik. Lalu putar kea rah sebaliknya. Gerakan pemanasan ini dapat menjaga kelenturan pinggang. 

  1. Meregangkan pergelangan paha

Sebelum melakukan olahraga lari marathon maupun lari jarak pendek, sebaiknya lakukan peregangan paha untuh mencegah terjadinya kram otot paha. Caranya dengan duduk melebarkan jarak kaki dan berpangku pada salah satu paha baik di sisi kiri atau kanan. Lakukan gerakan ini secara bertahap, biasanya dalam waktu 8 detik guna menjaga kelenturan otot paha yang menopang berat badan terlebih dahulu dibanding pergelangan kaki.

  1. Menekuk lutut  

Selanjutnya atur  posisi berdiri dengan membuat jarak kaki kanan dan kiri selebar bahu. Lalu rentangkan kedua tangan ke depan. Tekuklah lutut sambil menurunkan bokong setinggi paha dan tahan selama beberapa detik kemudian lepaskan. 

  1. Memutar dan menekuk pergelangan kaki

Selanjutnya lakukan gerakan memutar dan menekuk pergelangan kaki untuk melenturkan persendian. Lakukan gerakan ini sambil berdiri. Kemudian tekuk pergelangan kaki dengan posisi duduk, badan merunduk dan tekuk pergelangan kaki dengan ditahan oleh tangan.

  1. Menekuk pergelangan tangan

Gerakan pemanasan dengan menekuk pergelangan tangan dilakukan untuk memberikan pemanasan pada bagian persendian tangan. Hal ini penting untuk menghindari cedera. Caranya adalah dengan melipat tangan ke bagian berlawanan, seperti tangan kanan ke bagian kiri lalu ditekan secara perlahan dengan tangan kiri. Begitu juga sebaliknya tangan kiri ke bagian kanan yang ditahan dengan tangan kanan.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan

Gerakan pemanasan sebelum olahraga jangan dianggap sepele. Anda dapat memilih dan mengembangkan gerakan pemanasan mana yang  sesuai dengan jenis olahraga yang akan dilakukan. 

 
Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com