Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

8 Manfaat Minyak Alpukat untuk Kesehatan

Artikel dipublikasikan : 17 Januari 2023 20:31
Dibaca : 13700 kali

Foto: Freepik

Alpukat merupakan buah yang berbeda dari buah lainnya karena kaya akan lemak sehat yang sering digunakan untuk menghasilkan minyak alpukat. Apa saja manfaat dari minyak alpukat ? 

Penulis: Sholahudin Achmad

Pada umumnya alpukat digemari karena rasanya yang khas untuk langsung dikonsumsi atau dicampurkan ke dalam minuman, jus, atau es. Tapi tahukah Anda, alpukat juga digunakan untuk menghasilkan minyak alpukat?

Sebagaimana buah alpukat, minyak alpukat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan dan lemak sehat di dalam alpukat. 

Manfaat kesehatan minyak alpukat

Apa saja manfaat minyak alpukat, dapat kita simak di bawah ini. 

  1. Kaya asam oleat, lemak yang sangat sehat

Minyak alpukat merupakan minyak alami yang diperas dari daging buah alpukat. Sekitar 70% minyak alpukat terdiri dari asam oleat yang menyehatkan jantung, yaitu asam lemak omega-9 tak jenuh tunggal. Asam lemak ini juga merupakan komponen utama minyak zaitun. 

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa diet kaya lemak tak jenuh bermanfaat bagi kesehatan dan dapat mengurangi risiko kondisi kronis seperti penyakit jantung dan demensia. 

  1. Mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa minyak alpukat dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol darah. Hal ini dikarenakan minyak alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh. 

  1. Tinggi lutein, antioksidan yang bermanfaat untuk mata

Alpukat dan minyaknya merupakan sumber lutein yang relatif baik, karotenoid dan antioksidan yang secara alami ditemukan di mata Anda. Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya lutein dan karotenoid lain yang disebut zeaxanthin sangat penting untuk kesehatan mata dan dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula, yang merupakan penyakit mata umum yang berkaitan dengan usia. 

Karena tubuh kita tidak menghasilkan lutein sendiri, maka Anda harus mendapatkannya dari makanan. Jadi, menambahkan alpukat dan minyak alpukat ke dalam makanan adalah cara yang bagus dan mudah untuk mendukung kesehatan mata.

  1. Meningkatkan penyerapan nutrisi penting

Beberapa nutrisi perlu dikombinasikan dengan lemak agar tubuh Anda dapat menyerapnya, seperti vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Secara khusus, karotenoid seperti beta-karoten, likopen, lutein, dan zeaxanthin sulit diserap tanpa lemak. Tetapi sayangnya banyak buah dan sayuran yang kaya karotenoid, seperti semangka dan tomat, rendah lemak. Oleh karena itu, menambahkan minyak alpukat atau jenis lemak lain ke dalam makanan Anda dapat membantu Anda menyerap nutrisi ini dengan lebih baik.

Satu studi kecil menemukan bahwa menambahkan minyak alpukat ke salad dengan wortel, selada romaine, dan bayam meningkatkan penyerapan karotenoid. Peningkatannya cukup besar - 4,3 hingga 17,4 kali lipat - jika dibandingkan dengan salad tanpa lemak.

Penelitian lain menunjukkan bahwa minyak zaitun, yang memiliki kandungan asam oleat yang sangat mirip dengan minyak alpukat, sangat efektif dalam meningkatkan ketersediaan hayati karotenoid. Oleh karena itu, menambahkan minyak alpukat ke dalam salad, marinade, atau hidangan lainnya dapat membantu tubuh Anda menyerap lebih banyak nutrisi.

  1. Dapat mengurangi gejala radang sendi

Arthritis adalah penyakit yang sangat umum di dunia yang melibatkan peradangan sendi yang menyakitkan. Jenis radang sendi yang paling umum adalah osteoartritis, yang berhubungan dengan kerusakan tulang rawan pada persendian. Dari sejumlah penelitian ditemukan bahwa ekstrak alpukat dan minyak kedelai, yang disebut alpukat atau kedelai unsaponifiables, dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan yang terkait dengan osteoarthritis. 

  1. Memperbaiki kulit dan meningkatkan penyembuhan luka

Minyak alpukat kaya akan asam lemak dan nutrisi yang bermanfaat bagi kulit Anda. Ini adalah sumber vitamin A dan E yang baik, yang terkait dengan kesehatan membran kulit. 

Penelitian pada manusia dan hewan juga menunjukkan manfaat menggunakan minyak alpukat dalam pengobatan psoriasis dan penyembuhan luka. 

Alpukat tinggi asam lemak dan antioksidan yang meningkatkan penyembuhan luka dan kesehatan kulit secara keseluruhan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengoleskan krim yang mengandung minyak alpukat (20%) dan vitamin B12 menyebabkan perbaikan yang signifikan pada gejala psoriasis.

  1. Kaya antioksidan

Pola makan kaya antioksidan membantu melawan radikal bebas, yaitu senyawa tidak stabil yang dapat merusak sel seiring waktu. Ketika terjadi ketidakseimbangan, hal ini dapat menyebabkan stres oksidatif dan dapat menyebabkan kondisi seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. 

Dengan menyumbangkan elektron ke radikal bebas, antioksidan dapat menetralisirnya, mencegahnya menyebabkan kerusakan. Minyak alpukat mengandung sejumlah besar antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan Anda, seperti karotenoid, tokoferol (bentuk vitamin E), dan berbagai sterol tumbuhan.

  1. Sangat mudah digunakan

Meskipun secara teknis ini bukan manfaat kesehatan, minyak alpukat sangat serbaguna dan mudah dimasukkan ke dalam makanan. Misalnya, Anda bisa mengonsumsinya dalam keadaan dingin, tetapi juga merupakan minyak goreng yang aman dan sehat karena asam lemaknya stabil pada panas tinggi hingga sekitar 520°F atau 271°C. 

Manfaat minyak alpukat untuk kulit 

Ada beberapa manfaat minyak alpukat untuk kulit, diantaranya adalah sebagai berikut:  

  1. Melembabkan kulit

Minyak alpukat bermanfaat melembabkan kulit, karena terdapat banyak kandungan vitamin E di dalamnya. Vitamin ini dapat membantu dalam memperkuat fungsi penghalang lipid, sehingga dapat menimbulkan retensi kelembaban yang lebih baik. Selain itu, vitamin E juga dapat berguna sebagai antioksidan. 

  1. Mengatasi kulit kering atau pecah-pecah

Minyak alpukat kaya akan potasium dan lesitin yang sangat penting dalam pertumbuhan sel kulit baru serta pembaharuan sel kulit. Jadi, kelembutan dan kekenyalan kulit terjaga yang mampu mengatasi kekeringan dan pecah-pecah. Lesitin juga memiliki kemampuan dalam melembutkan dan melembabkan. 

  1. Mengobati masalah kulit tertentu

Psoriasis dan eksim adalah dua masalah kulit yang dapat menyebabkan kulit bersisik. Ternyata, masalah ini dapat diatasi dengan produk perawatan kulit yang tepat, salah satunya minyak alpukat. Kandungan anti-inflamasi pada minyak alpukat dapat memberikan efek penyembuhan terhadap iritasi kulit. Selain itu, kandungan lesitinnya juga dapat mengatasi kulit kering, sehingga dua kondisi kulit tersebut bisa teratasi dengan baik.

  1. Mengatasi jerawat

Minyak alpukat juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat saat digunakan sebagai masker. Kandungan antiinflamasinya dapat mengatasi iritasi dan mengurangi kemerahan. Saat digunakan sebagai masker, minyak ini tidak menyumbat pori-port atau menimbulkan penumpukan minyak.

_________________________________ 

Referensi : 

Healthline (2021), 8 Evidence-Based Health Benefits of Avocado Oil. 

Simental‐Mendía, et al. (2019). Efficacy and Safety of Avocado‐Soybean Unsaponifiables for The Treatment of Hip and Knee Osteoarthritis: A Systematic Review and Meta‐Analysis of Randomized Placebo‐Controlled Trials. International Journal of Rheumatic Diseases. 22(9), pp. 1607–1615.

Furlan, et al. (2017). Inclusion of Hass Avocado-Oil Improves Postprandial Metabolic Responses to a Hypercaloric-Hyperlipidic Meal in Overweight Subjects. Journal of Functional Foods. 38, pp. 349–354.

Lin, T. K., Zhong, L., & Santiago, J. L. (2017). Anti-Inflammatory and Skin Barrier Repair Effects of Topical Application of Some Plant Oils. International Journal of Molecular Sciences. 19(1), pp. 70.

Ortiz-Avila, et al. (2017). Avocado Oil Induces Long-Term Alleviation of Oxidative Damage in Kidney Mitochondria from Type 2 Diabetic Rats by Improving Glutathione Status. Journal of Bioenergetics and Biomembranes. 49(2), pp. 205–214.

Drugbank (2022). Lutein.

Palsdottir, H. Healthline (2021). 8 Evidence-Based Health Benefits of Avocado Oil.

WebMD (2020). Avocado Oil: Is It Good for You?

WebMD. Oleic Acid - Uses, Side Effects, and More.

 

Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com