Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Ambeien: Jenis-Jenis dan Cara Mengobatinya

Artikel dipublikasikan : 31 Januari 2023 09:43
Dibaca : 6926 kali

Foto: Freepik

Ambeien merupakan kumpulan pembuluh darah seperti bantal yang terletak tepat di bawah selaput lendir yang melapisi bagian terendah rektum dan anus. Ambeien dapat dialami oleh siapa saja dar segala usia, namun kebanyakan lebih sering dikeluhkan oleh lansia 50 tahun ke atas. 

Gangguan ambeien memang lebih sering terjadi pada usia 50 tahun ke atas. Tetapi, kasus tertinggi penderita ini terjadi pada umur 20 hingga 50 tahun. 

Sembelit yang mengharuskan mengejan dalam waktu lama berpotensi tinggi menyebabkan ambeien. Selain itu, ambeien dapat terjadi pula pada kondisi lain seperti ibu hamil dan penderita penyakit kronis yang menyebabkan peningkatan tekanan di dalam perut. 

Dalam kejadian lainnya, kondisi ambeien adalah terjadinya kelainan pada katup vena, adanya hiperplasia vaskuler, dan degenerasi jaringan penyokong pada sekitar dinding anus. 

Jenis- jenis ambeien

Terdapat dua jenis ambeien atau wasir yaitu wasir internal dan wasir eksternal. 

  1. Wasir internal 

Wasir internal adalah wasir yang terjadi di rektum bawah. Wasir internal atau wasir dalam biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, bahkan saat mengeluarkan darah. 

Tanda-tanda gejala wasir internal yaitu :  

  • Terdapat darah

Anda melihat darah merah cerah di tisu toilet atau menetes ke dalam mangkuk toilet. 

  • Terdapat jaringan yang menonjol

Wasir internal juga bisa prolaps, atau melampaui anus, menyebabkan beberapa masalah potensial. Saat wasir menonjol, wasir dapat mengumpulkan sejumlah kecil lendir dan partikel tinja kecil yang dapat menyebabkan iritasi yang disebut pruritusani.

Kondisi ini mungkin menyakitkan, setiap kali saat Anda buang air besar. Anda mungkin bisa melihat wasir prolaps sebagai benjolan lembap yang lebih merah muda dari area sekitarnya. Ini biasanya kembali ke dalam sendiri. Bahkan jika tidak, mereka sering dapat dengan lembut didorong kembali ke tempatnya.

  1. Wasir eksternal

Wasir eksternal adalah wasir yang berkembang di bawah kulit di sekitar anus. Faktanya, wasir eksternal atau luar merupakan jenis wasir yang paling tidak nyaman, karena kulit di atasnya menjadi iritasi dan terkikis.

Tanda-tanda gejala wasir eksternal adalah sebagai berikut: 

  1. Adanya gumpalan di dekat anus

Wasir eksternal bisa menjadi penyebab timbulnya gumpalan berwarna dekat anus. Ini terjadi karena adanya penumpukan darah di pembuluh dekat anus sehingga penumpukan tersebut pun membuat lapisan kulit membengkak.

  1. Gatal dan nyeri

Gumpalan yang menjadi gejala khas ambeien luar ini dapat menyebabkan rasa gatal di anus. Menyeka terus-menerus untuk meredakan rasa gatal dapat memperburuk masalah yang menyebabkan luka atau iritasi. Selain itu, gumpalan tersebut juga menimbulkan rasa nyeri parah, terutama ketika kamu sedang buang air besar atau ketika duduk terlalu lama.

  1. Munculnya skin tag atau kulit berlebih

Pada beberapa kasus, benjolan ambeien luar dapat berupa jaringan daging atau kulit berlebih yang menggantung dari lubang anus, yang disebut skin tag.  

Apabila gumpalan darah terbentuk di dalam wasir eksternal, rasa sakitnya bisa tiba-tiba dan parah. Kamu mungkin merasakan atau menemukan benjolan di sekitar anus. Gumpalan tersebut biasanya larut, meninggalkan kulit berlebih ( kulit ), yang mungkin gatal atau teriritasi.

Ambeien atau wasir lebih cenderung terjadi ketika Anda sedang dalam kondisi berikut:

  • Mengejan terlalu keras saat buang air besar

  • duduk di toilet dalam waktu lama

  • mengalami konstipasi atau diare kronis

  • makan makanan yang rendah serat

  • berusia lebih dari 50 tahun

  • sedang hamil

  • sering mengangkat benda berat

Cara mengobati ambeien atau wasir di rumah

Bagi Anda yang sedang mengalami ambeien, tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan di rumah sebagai tindakan pertama pengobatan. 

Pengobatan rumahan ini meliputi :

  • Rendam Air Hangat 

Cara melakukan  perendaman yaitu dengan duduk dalam jarak sekitar 3 inci di atas air hangat (bukan panas) selama 15 menit atau lebih, beberapa kali sehari. Ini membantu mengurangi pembengkakan di area tersebut dan melemaskan otot sfingter yang mengepal. Disarankan melakukannya setelah buang air besar.

  • Oles dengan salep

Taruh sedikit petroleum jelly tepat di dalam anus untuk mengurangi rasa sakit saat buang air besar. Krim hidrokortison 1% pada kulit di luar anus ( bukan di dalam) juga bisa meredakan gatal. Tapi disarankan untuk tidak menggunakannya  lebih dari seminggu. 

  • Witch hazel 

Oleskan witch hazel pada wasir yang teriritasi. Ini adalah anti-inflamasi alami yang dapat bekerja melawan pembengkakan dan gatal-gatal.

  • Tisu basah

Setelah Anda buang air besar, bersihkan bagian anus dengan lembut menggunakan lap bayi, kain basah, atau handak basah. 

  • Kompres air dingin 

Coba letakkan kompres dingin sederhana di area yang nyeri selama beberapa menit untuk mematikan rasa dan meredakan pembengkakan.

  • Pakai celana longgar  

Mengenakan celana longgar dengan yang terbuat dari kain yang lembut seperti kapas dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan.

  • Diet tinggi serat 

Diet terbaik untuk wasir adalah diet kaya makanan berserat tinggi dan meminimalisir makanan olahan. Perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan. 

Selain itu, mengonsumsi kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah salah satu cara untuk mengatasi sembelit.

  • Perbanyak minum air putih  

Agar tetap terhidrasi, minumlah tujuh hingga delapan gelas air setiap hari. Jika Anda sangat aktif atau tinggal di iklim panas, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak lagi.

Tindakan operasi untuk mengobati ambeien

Hanya sebagian kecil penderita wasir yang memerlukan pembedahan. Namun, jika prosedur lain tidak berhasil atau kamu memiliki wasir yang besar, dokter mungkin akan merekomendasikan salah satu dari tindakan berikut ini:

Pengangkatan wasir (hemorrhoidectomy)

Memilih salah satu dari berbagai teknik, dokter bedah akan mengangkat jaringan berlebihan yang menyebabkan perdarahan. Pembedahan dapat dilakukan dengan anestesi lokal yang dikombinasikan dengan sedasi, anestesi spinal atau anestesi umum.

Hemoroidektomi adalah cara yang paling efektif dan cocok untuk mengobati wasir yang parah atau berulang. Komplikasi dapat berupa kesulitan sementara mengosongkan kandung kemih Anda, yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Komplikasi ini terjadi terutama setelah anestesi spinal.

Kebanyakan orang mungkin mengalami rasa sakit setelah prosedur, yang dapat diredakan oleh obat-obatan. Berendam di bak mandi air hangat juga bisa membantu.

Staples ambeien

Prosedur ini disebut hemorrhoidopexy yang dijepit, untuk menghalangi aliran darah ke jaringan hemoroid. Ini biasanya hanya digunakan untuk wasir internal.

Menjepit umumnya melibatkan lebih sedikit rasa sakit daripada hemoroidektomi dan memungkinkan untuk kembali lebih awal ke aktivitas biasa. Dibandingkan dengan hemoroidektomi, stapel dikaitkan dengan risiko kekambuhan dan prolaps rektum yang lebih besar, dimana bagian rektum menonjol dari anus.

Komplikasi juga bisa termasuk perdarahan, retensi urin dan nyeri, serta, jarang, infeksi darah yang mengancam jiwa (sepsis). Sebaiknya Anda bicarakan dengan dokter  tentang pilihan terbaik untuk mengobati ambeien atau wasir yang Anda alami. 

______________________________

Referensi :

Margetis, N. (2019). Pathophysiology of Internal Hemorrhoids. Annals of Gastroenterology, 32(3), pp. 264.

Mott, T., Latimer, K., & Edwards, C. (2018). Hemorrhoids: Diagnosis and Treatment Options. American Family Physician, 97(3), pp. 172–9.

Health Direct (2021). Health Topics A-Z. Haemorrhoids.

National Health Services Inform Scotland (2021). Illnesses and Conditions. Haemorrhoids (Piles).

National Health Services UK (2019). Health A to Z. Piles (Haemorrhoids).

Johns Hopkins Medicine (2021). Conditions and Diseases. Hemorrhoids.

Cleveland Clinic (2021). Disease & Conditions. Hemorrhoids.

Mayo Clinic (2021). Diseases & Conditions. Hemorrhoids.

Allarakha, S. MedicineNet (2020). What are the Differences Between Stapled Hemorrhoidopexy and Hemorrhoidectomy?

Bhargava, H. WebMD (2020). Hemorrhoids.

Chugh, P. Verywell Health (2021). Hemorrhoids.

Kahn, A., & Jewell, T. Healthline (2021). Causes of Hemorrhoids and Tips for Prevention.

Tresca, A. Verywell Health (2021). Hemorrhoids: Signs, Symptoms, and Complications.

Wedro, B. MedicineNet (2022). Hemorrhoids (Internal and External).

Whitlock, J. Verywell Health (2021). Causes and Risk Factors of Hemorrhoids.

Wong, C. Verywell Health (2022). How Hemorrhoids are Treated.

 
Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com