Apa Itu TMJ Disorder?

Artikel dipublikasikan : 17 Januari 2023 15:08

Foto: Freepik

Temporomandibular joint syndrome (TMJ) atau sindrom sendi temporomandibular adalah kondisi yang mempengaruhi sendi rahang, otot, sekaligus ligamen di sekitarnya. TMJ disorder  ini dapat menyebabkan nyeri pada sendi rahang dan otot yang mengontrol gerakan rahang.

Sendi temporomandibular merupakan sendi yang bertindak seperti engsel geser dan menghubungkan tulang rahang ke tengkorak. Manusia memiliki satu sendi di setiap sisi rahang. Temporomandibular joint syndrome (TMJ)  juga disebut temporomandibular disorder atau disfungsi sendi temporomandibular.

Disfungsi TMJ terjadi ketika otot dan ligamen di sekitar sendi rahang Anda meradang atau teriritasi. Kondisinya mungkin akut atau kronis, dan rasa sakit yang diakibatkannya mungkin ringan atau berat.

Sendi temporomandibular (TMJ) adalah sendi yang menghubungkan mandibula (rahang bawah) ke tengkorak. Sendi ini terdapat di kedua sisi kepala di depan telinga. Sendi ini memungkinkan rahang untuk membuka dan menutup, membiarkan Anda berbicara dan makan.

Istilah "TMJ" juga merujuk pada berbagai kondisi kesehatan yang berkaitan dengan rahang, yang umumnya disingkat menjadi "TMD" atau "TMJD"  untuk membedakan sendi temporomandibular dari TMJ disorder.

Gangguan ini dapat menyebabkan masalah pada sendi, nyeri wajah, dan kesulitan menggerakkan sendi. Di Amerika Serikat, menurut National Institute of Dental and Craniofacial Research, sebanyak 10 juta orang menderita TMJ disorder dan lebih umum terjadi pada kaum  wanita ketimbang pria.

Kabar baiknya, TMJ disorder ini dapat diobati, tetapi memiliki banyak kemungkinan penyebab yang berbeda sehingga dapat mempersulit diagnosis.

Gejala TMJ disorder

Gejala TMJ disorder bergantung pada tingkat keparahan dan penyebab kondisinya. Pada umumnya, gejala gangguan TMJ adalah nyeri pada rahang dan otot di sekitarnya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2021, gejala lain yang biasanya terkait dengan gangguan ini meliputi:

• rasa sakit yang terasa di wajah atau leher

• kekakuan pada otot rahang

• gerakan rahang terbatas

• penguncian rahang

• mengklik atau mengeluarkan suara dari situs TMJ

• masalah gigi, seperti kerusakan gigi

• tinnitus (dering di telinga)

• vertigo

• sakit kepala

• pergeseran rahang, mengubah cara gigi atas dan bawah sejajar (disebut maloklusi)

Gejala-gejala ini dapat muncul hanya pada satu sisi wajah atau keduanya.

Pengobatan  TMJ disorder

Pengobatan TMJ disorder bergantung pada faktor penyebabnya.  Dokter biasanya akan menyarankan untuk memulai dengan perawatan di rumah terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan banyak perawatan yang lebih rumit yang masih membutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikan keefektifannya.

Dalam banyak kasus, gejala gangguan TMJ dapat diobati dengan praktik perawatan di rumah. Untuk meringankan gejala TMJ di rumah yang dapat dilakukan adalah :

• Makan makanan lunak

• Gunakan es untuk mengurangi pembengkakan

• Kurangi gerakan rahang

• Hindari mengunyah permen karet dan makanan keras (seperti dendeng).

• Ambil langkah-langkah untuk mengurangi stres

• Gunakan latihan peregangan rahang untuk membantu meningkatkan gerakan rahang

Jika TMJ disorder tidak mereda dengan menggunakan perawatan di rumah, beberapa obat — baik yang dijual bebas maupun yang diresepkan oleh dokter dapat digunakan. Beberapa obat yang biasanya digunakan, antara lain adalah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), kortikosteroid, pelemas otot, antidepresan, dan anestesi lokal.

Terapi

Terkadang dokter mungkin dapat merekomendasikan terapi fisik yang bergantung pada area mana yang membutuhkan perhatian. Terapi ini antara lain adalah :

• terapi panas

• terapi pendinginan

• akupunktur

• mobilisasi jaringan

• latihan ketahanan

• membentang

Jika gangguan TMJ Anda mungkin disebabkan oleh stres, terapi bicara atau latihan manajemen stres adalah pilihan tambahan yang dapat dilakukan.

Pembedahan atau prosedur lainnya

Jika gejala TMJ disorder tidak membaik dengan  berbagai metode di atas, dokter mungkin memutuskan bahwa kondisi Anda memerlukan perawatan serius.

Suntikan botoks adalah salah satu perawatan tersebut. Biasanya, suntikan ini dilakukan untuk titik pemicu yang menyakitkan atau kertakan gigi yang kronis. Namun, bukti di balik perawatan ini masih kurang.

Dalam kasus yang sangat jarang, dokter Anda mungkin merekomendasikan operasi untuk merawat kondisi Anda.

Prosedur operasi dapat meliputi:

• perawatan gigi korektif untuk memperbaiki gigitan dan menyelaraskan gigi

• arthrocentesis, yang menghilangkan cairan dan kotoran dari sendi

• operasi untuk mengganti sendi

Prosedur yang digunakan untuk mengobati kondisi ini, dalam beberapa kasus, dapat memperburuk gejala Anda. Bicarakan dengan dokter Anda tentang potensi risiko dari prosedur ini.

Penyebab TMJ disorder

Dalam banyak kasus, tidak diketahui apa yang menyebabkan gangguan TMJ. Trauma pada rahang atau sendi mungkin dapat berperan menjadi penyebab.

Namun, ada juga kondisi kesehatan lain yang dapat berkontribusi pada perkembangan gangguan TMJ, seperti misalnya:

• radang sendi

• erosi (pengikisan) sendi

• kebiasaan menggiling atau mengatupkan gigi

• masalah rahang struktural hadir saat lahir

• gangguan pertumbuhan

Faktor risiko

Meskipun ada beberapa faktor yang sering dikaitkan dengan perkembangan gangguan TMJ, namun belum terbukti sebagai penyebab langsung. Beberapa diantaranya adalah :

• hormon wanita (berteori bahwa estrogen dapat berperan dalam perkembangan TMJ)

• postur tubuh yang buruk yang membuat otot leher dan wajah tegang

• stres yang berkepanjangan

• hipermobilitas sendi

Diagnosis TMJ disorder

TMJ disorder bisa sulit didiagnosis. Tidak ada tes standar untuk mendiagnosis sebagian besar gangguan ini. Dokter mungkin bisa merujuk Anda ke dokter gigi, atau spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) untuk mendiagnosis kondisi Anda.

Seorang profesional perawatan kesehatan dapat memeriksa Anda untuk melihat apakah ada pembengkakan atau nyeri tekan. Mereka juga dapat menggunakan beberapa tes pencitraan yang berbeda. Misalnya meliputi :

1. Sinar X

Dalam tes sinar-X rahang dan gigi biasanya meminta Anda untuk menggigit corong kecil saat dokter gigi menggerakkan mesin pencitraan di sekitar kepala Anda. Sinar-X ini akan memungkinkan dokter gigi  untuk melihat tulang di dalam dan sekitar rahang serta penempatan gigi Anda.

1. CT scan

CT scan rahang memungkinkan dokter untuk melihat tulang dan jaringan sendi dengan cara yang lebih canggih daripada sinar-X biasa.

1. MRI

MRI rahang akan mengungkapkan jika ada masalah dengan struktur rahang. MRI (Magnetic resonance imaging) atau pemindaian pencitraan resonansi magnetik menggunakan medan magnet untuk menampilkan gambar detail organ dan jaringan.

Pencegahan TMJ disorder

Anda mungkin tidak dapat mencegah berkembangnya gangguan TMJ. Namun demikian Anda mungkin dapat mengurangi gejalanya dengan menurunkan tingkat stres, menggunakan terapi fisik dan latihan, dan berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter jika Anda sering menggemeretakkan gigi di malam hari.

Solusi yang mungkin untuk menggemeretakkan gigi termasuk mengenakan pelindung mulut di malam hari dan sesekali mengonsumsi pelemas otot.

Apakah  TMJ disorder bisa disembuhkan ?

TMJ dapat disebabkan oleh berbagai masalah, seperti trauma pada rahang atau stres yang terus-menerus, sehingga menyembuhkan gejalanya berhubungan langsung dengan menyembuhkan, atau meredakan, kondisi yang menyebabkannya.

Namun, banyak orang menemukan bahwa gejala TMJ mereka membaik atau bahkan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan jika pengobatan rumahan digunakan.

Apakah  TMJ disorder serius?

Sementara banyak orang menemukan gejala TMJ hilang dengan sendirinya setelah mengatasi akar penyebabnya, sebagian lainnya mungkin mengalami gejala yang lebih serius yang dapat memengaruhi kualitas hidup mereka.

Bahkan, jika kasus TMJ disorder menjadi lebih serius dianjurkan untuk menghindari perawatan agresif seperti pembedahan bila memungkinkan. Hal ini karena masih belum cukup bukti untuk menunjukkan bahwa metode yang tidak dapat diubah ini berhasil.

Apa yang akan terjadi jika gangguan TMJ tidak diobati?

TMJ tidak mengancam jiwa, tetapi jika tidak diobati, hal itu dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan ketegangan yang terus-menerus di dalam dan sekitar rahang Anda. Mungkin juga persendian yang terkena bisa meradang dan bahkan mungkin ada kerusakan pada gigi Anda.

Anda tidak harus mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan TMJ sendirian. Bicarakan dengan dokter atau dokter gigi tentang gejala Anda.

______________________

Healthline (2022), Temporomandibular Joint (TMJ) Disorders

Chisnoiu AM, et al. (2015). Factors involved in the etiology of temporomandibular disorders — a literature review.
Maini K, et al. (2021). Temporomandibular joint syndrome.
National Institute of Dental and Craniofacial Research, TMJ (Temporomandibular Joint & Muscle Disorders. (diakses pada 2023).

Mouth Healthy (diakses pada 2023), American Dental Association. TMJ

De Kanter RJAM, Battistuzzi PGFCM, Truin GJ, NCBI (diakses pada 2023). Temporomandibular Disorders: “Occlusion” Matters!

Chang CL, Wang DH, Yang MC, Hsu WE, Hsu ML. Functional disorders of the temporomandibular joints: Internal derangement of the temporomandibular joint. (https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1016/j.kjms.2018.01.004) Kaohsiung Journal of Medical Sciences. 2018;34(4):223-230.

Dimitroulis, G. Management of temporomandibular joint disorders: A surgeon’s perspective. (https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/adj.12593) Australian Dental Journal. 2018;63 Suppl 1:S79-S90.