Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Apa Yang Menyebabkan Rambut Bisa Beruban ?

Artikel dipublikasikan : 28 Mei 2023 20:44
Dibaca : 1247 kali

Foto: Freepik

Munculnya uban di rambut pada umumnya terjadi ketika seseorang mulai memasuki masa lanjut usia. Namun, apakah hanya karena faktor lanjut usia saja yang menyebabkan rambut bisa beruban? 

Rambut yang mulai memutih atau beruban merupakan pertanda bahwa usia Anda sudah tidak muda lagi. Uban memang selalu dihubungkan dengan faktor usia. 

Tubuh Anda memiliki folikel rambut, yaitu kantung kecil yang melapisi sel-sel kulit. Folikel rambut ini memiliki sel pigmen yang dikenal sebagai melanin. Sel-sel ini memberi warna pada rambut Anda. Namun seiring berjalannya waktu, folikel rambut bisa kehilangan pigmen, mengakibatkan rambut beruban.

Tapi, apakah faktor usia merupakan satu-satunya penyebab rambut bisa beruban? Dalam kenyataannya, ada beberapa orang yang rambutnya sudah beruban pada masa SMA atau kuliah. Jadi, apa saja yang menyebabkan rambut bisa beruban? 

7 penyebab rambut Anda bisa beruban 

Berikut ini 7  hal yang dapat menyebabkan rambut Anda bisa beruban. 

  1. Genetika

Uban pada usia dini kemungkinan besar disebabkan karena orang tua atau kakek nenek Anda juga memiliki uban pada usia dini. Faktor genetika merupakan salah satu penyebab rambut bisa beruban. Anda tidak dapat mengubah genetika, namun Anda bisa mengecat rambut putih yang tampak mengganggu penampilan Anda. 

  1. Stres

Stres dapat dialami oleh setiap orang dari waktu ke waktu. Konsekuensi dari stres kronis itu dapat meliputi susah tidur, kecemasan, perubahan nafsu makan, dan tekanan darah tinggi. 

Stres pun bisa memengaruhi rambut Anda. Dalam suatu studi ditemukan hubungan antara stres dan penipisan sel punca di folikel rambut tikus. Jadi, jika Anda memperhatikan peningkatan jumlah uban di kepala Anda, stres mungkin menjadi penyebabnya.  

  1. Penyakit autoimun

Penyakit autoimun juga dapat menyebabkan rambut bisa beruban secara prematur. Hal ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh menyerang selnya sendiri. Dalam kasus alopecia dan vitiligo, sistem kekebalan tubuh dapat menyerang rambut dan menyebabkan hilangnya pigmen.

  1. Gangguan tiroid

Perubahan hormon yang disebabkan oleh masalah tiroid, seperti hipertiroidisme dan hipotiroidisme,  juga dapat menyebabkan rambut beruban secara prematur. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher Anda. Kelenjar ini membantu mengontrol banyak fungsi tubuh seperti metabolisme. Kesehatan tiroid Anda juga dapat mempengaruhi warna rambut Anda. Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit melanin.

  1. Kekurangan vitamin B-12

Rambut beruban di usia dini juga bisa menandakan kekurangan vitamin B-12. Vitamin ini memainkan peran penting dalam tubuh Anda. Ini memberi Anda energi, plus berkontribusi pada pertumbuhan rambut dan warna rambut yang sehat.

Kekurangan vitamin B-12 dikaitkan dengan kondisi yang disebut anemia pernisiosa, yaitu ketika tubuh Anda tidak dapat menyerap cukup vitamin ini. Tubuh Anda membutuhkan vitamin B-12 untuk sel darah merah yang sehat, yang membawa oksigen ke sel-sel di tubuh Anda, termasuk sel-sel rambut. Kekurangan vitamin B-12 dapat melemahkan sel-sel rambut dan mempengaruhi produksi melanin.

  1. Merokok

Munculnya uban pada usia dini juga dikaitkan dengan kebiasaan merokok. Dalam sebuah studi ditemukan hubungan antara munculnya uban sebelum usia 30 tahun dan merokok.

Diketahui bahwa merokok meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung. Efek jangka panjangnya, bagaimanapun, dapat melampaui jantung dan paru-paru dan mempengaruhi rambut. Merokok menyempitkan pembuluh darah, yang dapat mengurangi aliran darah ke folikel rambut dan menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu, racun dalam rokok dapat merusak bagian tubuh Anda termasuk folikel rambut, menyebabkan rambut beruban lebih awal.

  1. Pewarna rambut kimia dan produk rambut

Pewarna rambut kimia dan produk rambut, bahkan sampo, dapat menyebabkan rambut beruban prematur. Banyak dari produk ini mengandung bahan berbahaya yang menurunkan melanin.

Hidrogen peroksida, yang ada di banyak pewarna rambut, adalah salah satu bahan kimia berbahaya tersebut. Penggunaan produk yang memutihkan rambut secara berlebihan juga pada akhirnya akan menyebabkan rambut memutih.

Pencegahan rambut beruban pada usia dini

Apabila genetika atau penuaan adalah penyebab rambut Anda beruban, maka hal itu tidak bisa dicegah. Namun, merawat rambut beruban dapat memungkinkan pigmentasi warna kembali jika kerontokan disebabkan oleh kondisi medis.

Ketika diet dan kekurangan vitamin adalah penyebab rambut beruban sebelum waktunya, memperbaiki ini dapat membalikkan masalah atau menghentikannya menjadi lebih buruk.

  • Makan lebih banyak antioksidan

Diet dengan memperbanyak makanan yang kaya antioksidan, termasuk sayuran dan buah-buahan, dapat membantu mencegah rambut beruban. 

Perlu diketahui, pola makan seseorang berperan dalam mencegah rambut beruban. Diet kaya antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif.

Makanan yang kaya antioksidan meliputi:

  • buah-buahan dan sayuran segar

  • teh hijau

  • minyak zaitun

  • ikan

  • Mengatasi kekurangan vitamin

Siapa pun yang memiliki rambut beruban akibat kekurangan vitamin harus mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin tersebut.

Misalnya, makanan laut, telur, dan daging adalah sumber vitamin B-12 yang baik. Dan susu, salmon, dan keju adalah sumber vitamin D yang sangat baik.

Suplemen vitamin yang tersedia tanpa resep juga dapat memperbaiki kekurangan.

  • Berhenti merokok

Merokok memiliki efek buruk pada tubuh dan berkontribusi pada rambut beruban. Dan peneliti telah menemukan hubungan antara kebiasaan dan hilangnya pigmentasi rambut.

  • Memakai obat alami

Ada banyak pewarna rambut di pasaran yang menutupi rambut beruban, tetapi banyak di antaranya menyebabkan uban prematur dan dapat menyebabkan reaksi alergi dan merugikan.

Obat alami menawarkan alternatif untuk memperlambat pemutihan rambut tanpa membahayakan tubuh atau menyebabkan kerusakan pigmen rambut lebih lanjut. 

Berikut ini adalah contohnya. 

Daun kari. Penggunaan obat daun kari sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Jika dikombinasikan dengan minyak rambut dan dioleskan ke kulit kepala, daun kari bisa memperlambat uban prematur.

Satu laporan di International Journal of PharmTech Research menyoroti penggunaan tradisional daun kari untuk mempertahankan warna rambut hitam dan bahkan mencegah uban prematur. Daun kari dapat dibeli di supermarket India, serta toko bahan makanan tradisional.

Bhringaraj. Daisy palsu atau bhringraj akan menggelapkan rambut dan menjaganya agar tidak memutih lebih awal, menurut beberapa laporan. Jus daun direbus dalam minyak kelapa atau minyak wijen dan dipijat ke rambut. Daun Bhringraj tersedia dalam bentuk minyak.

Gooseberry India. Atau juga disebut amla, ini adalah suplemen herbal yang diakui untuk membalikkan uban prematur dengan meningkatkan pigmentasi. Keefektifannya diyakini karena gooseberry kaya akan antioksidan dan sifat anti penuaan.

Amla tersedia sebagai buah di toko kelontong India. Itu juga dapat ditemukan, sebagai bubuk atau suplemen, tersedia secara online atau di toko makanan kesehatan tradisional. Bedaknya bisa dicampur dengan minyak kelapa dan dioleskan langsung ke kulit kepala.

Teh hitam. Teh hitam dapat membuat rambut menjadi lebih gelap, berkilau, dan lembut. Ini dapat digunakan dengan menyeduh 3 hingga 5 kantong teh dalam 2 cangkir air mendidih, mendinginkan dan menambahkannya ke rambut yang basah dan bersih. Teh juga bisa dicampur dengan kondisioner, dibiarkan di rambut selama 1 jam, lalu dibilas.

Tembaga. Tingkat tembaga yang rendah dapat menyebabkan uban prematur, menurut sebuah penelitian tahun 2012. Makanan sumber tembaga yang baik adalah hati sapi, lentil, almond, cokelat hitam, dan asparagus.

Labu. Labu dikenal untuk mengembalikan pigmen rambut dan merangsang akar rambut. Memijat minyak labu secara teratur dapat mencegah rambut memutih. Minyak labu dapat dibeli secara online.

 

____________ 

Referensi: 

Healthline (2023), What Causes White Hair?

Medical News Today (2020), What you should know about gray or white hair

Chou W, et al. (2013). Direct migration of follicular melanocyte stem cells to the epidermis after wounding or UVB irradiation is dependent on Mc1r signaling.
nature.com/nm/journal/v19/n7/full/nm.3194.html

What is pernicious anemia? (2011). nhlbi.nih.gov/health/health-topics/topics/prnanmia

Why does hair turn gray? (2017). kidshealth.org/en/kids/gray-hair.html

Zayed A, et al. (2013). Smokers’ hair: Does smoking cause premature hair graying? DOI: 10.4103/2229-5178.110586

Pandhi, D., & Khanna, D. (2013). Premature graying of hair. Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology79(5), 641–653
http://www.ijdvl.com/text.asp?2013/79/5/641/116733

Patkar, K. B. (2008, October). Herbal cosmetics in ancient India. Indian Journal of Plastic Surgery, 41(Suppl), S134–S137
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2825132/

 
Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com