Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Apakah Betul Minuman Isotonik Bisa Memulihkan Stamina ?

Artikel dipublikasikan : 27 Februari 2024 23:41
Dibaca : 54 kali

Minuman isotonik merupakan salah satu jenis minuman yang dibuat khusus untuk dapat membantu menggantikan elektrolit dan nutrisi yang hilang selama aktivitas fisik yang rutin, seperti  olahraga atau kegiatan yang menguras tenaga. 

Minuman isotonik juga bisa membantu menggantikan cairan yang hilang melalui keringat selama aktivitas fisik. Isotonik membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan menghindari dehidrasi. 

Selain itu,  minuman ini juga mengandung elektrolit berupa natrium kalium dan magnesium yang sangat penting bagi fungsi otot dan sistem saraf, serta membantu mencegah kram otot dan kelelahan. 

Namun, minuman isotonik juga sering mengandung karbohidrat, seperti glukosa atau rukosa, yang memberikan sumber energi cepat selama aktivitas fisik. 

Minuman isotonik dapat dengan mudah diserap oleh tubuh karena komposisinya mirip dengan cairan tubuh manusia. Maka dari itu, minuman isotonik sangat efektif dalam membatasi dehidrasi dan kehilangan nutrisi selama berolahraga. 

Jadi, minuman isotonik dapat menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang berpartisipasi dalam olahraga atau aktivitas fisik yang memerlukan banyak energi dan cairan.

Manfaat 

Berikut merupakan beberapa manfaat isotonik yang dapat Anda terima saat mengonsumsinya:

  1. Menambah stamina

Minuman isotonik mengandung gula, seperti glukosa fruktosa dan sukrosa. Kandungan gula yang ada pada minuman ini membuat minuman isotonik bisa menambah stamina dan energi tubuh dan cepat mengurangi rasa lelah setelah melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya. 

Kandungan elektrolitnya juga  berperan dalam penambah energi dan stamina tubuh. Minuman isotonik dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh sehingga proses aliran oksigen dan darah keseluruh tubuh dapat berlangsung dengan  lancar, sehingga seluruh organ tubuh dapat berfungsi dengan baik.

  1. Mencegah dehidrasi

Minuman isotonik juga mengandung elektrollit, yaitu mineral yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan jumlah cairan dalam tubuh. Elektrolit juga berfungsi untuk menjaga fungsi organ tubuh serta mencegah terjadinya dehidrasi. 

Dehidrasi dapat berdampak buruk pada tubuh. Tapi, dehidrasi dapat diminimalissir dengan mengonsumsi minuman isotonik setelah melakukan aktivitas berat. Di samping itu, nutrisi yang terkandung di dalam minuman isotonik juga dapat cepat diserap oleh tubuh. Hal tersebut sangat baik untuk dapat mengembalikan elektrolit dan cairan tubuh yang hilang dengan waktu lebih singkat sehingga dapat menghindari terjadinya dehidrasi.

  1. Meminimalisir resiko cedera

Minuman isotonic juga dapat melindungi tubuh dari terjadinya resiko cedera kerusakan otot. Hal itu disebabkan oleh adanya kandungan mineral sodium, kalium, dan magnesium yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi saraf. Cara kerjanya yaitu dengan menghadirkan impuls listrik yang efektif sehingga sel saraf dapat saling bekerja sama agar mampu berfungsi secara cepat. Isotonik dalam hal ini juga dapat menjaga konstruksi otot serta mengurangi risiko kerusakan jaringan otot dan saraf ketika sedang berolahraga.  Minuman isotonik juga sangat bermanfaat untuk mencegah luka akibat aktivitas fisik yang berat.

  1. Menjaga suhu tubuh

Manfaat isotonik berikutnya yaitu bisa membantu menjaga suhu tubuh, khususnya pada saat Anda berada di tempat yang sangat panas yang dapat memicu terjadinya heat stroke. Pada cuaca panas, tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan dengan baik. Oleh karena itu, suhu badan akan meningkat dengan cepat sampai 40 ° Celcius dalam 15 menit saja. Tubuh sudah tidak bisa lagi mengeluarkan keringat pada kondisi tersebut. Hal itu bisa menjadi sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan heat stroke. Tetapi hal tersebut dapat dihindari dengan mengonsumsi minuman isotonik karena fungsi minuman ini dapat mengembalikan cairan tubuh dengan cepat dan sekaligus mampu menurunkan suhu badan.

  1. Meningkatkan performa

Manfaat isotonik selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan performa. Hal ini masih berkaitan dengan adanya kandungan elektrolit di dalam minuman isotonik. Adanya kandungan mineral dalam minuman isotonik yaitu klorida dan natrium berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam basa di dalam tubuh. Performa Anda pada saat berolahraga dapat terjaga pada waktu keseimbangan asam dan basa dalam tubuh juga terjaga. Tubuh dapat mengalami keseimbangan dalam hal kecepatan, kekuatan, dan konsentrasi sehingga performa dalam tubuh akan bekerja optimal saat berolahraga atau melakukan aktivitas sehari-hari.

Cara membuat minuman isotonik alami

Apabila Anda ingin mengurangi konsumsi gula dan pengawet, maka membuat cairan atau minuman isotonik sendiri di rumah adalah solusi yang terbaik.

  • Resep Minuman Isotonik Strawberry (Sajian untuk 2 porsi)

Buah strawberry  mempunyai banyak manfaat untuk tubuh dengan kadar vitaminnya yang tinggi.  Anda bisa mengganti minuman isotonik kemasan ke minuman yang menyehatkan ini.

Bahan-bahan :

3 cangkir air kelapa

1 cangkir strawberry

1 cangkir air dingin

1 cangkir es batu

1/8 sendok teh garam himslaya/pink salt

2 sendok makan gula batu atau madu

Cara membuat: 

  • Letakan semua bahan di dalam blender secara bersamaan, kemudian aktifkan blender.

  • Blender semua bahan sampai teksturnya halus.

  • Sajikan selagi dingin dan habiskan.

  • Resep minuman isotonik lemon 

Lemon bisa menjadi minuman isotonik yang menyegarkan. Terdapat sejumlah kalium yang sama  dengan minuman yang terkandung dalam 250 ml minuman olahraga yang dijual di pasaran dalam 2 sendok makan lemon.

 

Bahan-bahan :

1 gelas air

2 sendok makan perasan lemon

Sedikit atau sejumput garam himalaya

Gula diet

 

Cara membuat

  • Campur semua bahan ke dalam wadah, aduk sampai rata.

  • Masukkan garam himalaya dan gula diet secara perlahan, sambil koreksi rasa.

  • Minuman isotonik lemon siap dihidangkan.

 

  • Resep minuman isotonik pisang 

Anda bisa menyiapkannya dalam waktu 10 menit, untuk sajian 2 porsi.  Isotonik pisang sangat  cocok untuk Anda yang memerlukan banyak asupan cairan dan elektrolit.

Apabila Anda tidak suka pisang,  bisa juga menggantinya dengan alpukat.

 

Bahan-bahan :

1 sendok makan madu

¼ sendok teh garam himalaya

1 cangkir jus jeruk atau air kelapa

1 buah pisang yang sudah dilumatkan

500 ml air

 

Cara membuat :

  • Campurkan seluruh bahan ke dalam wadah, lalu aduk rata.

  • Masukkan air sambil mengaduk seluruh campuran bahan.

  • Pindahkan ke botol.

  • Isotonik pisang siap dinikmati!

 

________________________________________

Referensi :

Baranowski, P., Karolewicz, B., Gajda, M., & Pluta, J. (2014). Ophthalmic drug dosage forms: characterization and research methods. The Scientific World Journal, 2014, 861904. https://doi.org/10.1155/2014/861904.

Sheldon F. G. (1978). Isosmotic and Isotonic Are Not the Same. The American Biology Teacher 40 (5): 321–323. doi: https://doi.org/10.2307/4446258.

Diamond J. M. (1964). THE MECHANISM OF ISOTONIC WATER TRANSPORT. The Journal of general physiology, 48(1), 15–42. https://doi.org/10.1085/jgp.48.1.15

Alves, J. T., Troster, E. J., & Oliveira, C. A. (2011). Isotonic saline solution as maintenance intravenous fluid therapy to prevent acquired hyponatremia in hospitalized children. Jornal de pediatria, 87(6), 478–486. https://doi.org/10.2223/JPED.2133.

Mathur, A., Duke, T., Kukuruzovic, R., & South, M. (2004). Hypotonic vs isotonic saline solutions for intravenous fluid management of acute infections. The Cochrane database of systematic reviews, 2003(2), CD004169. https://doi.org/10.1002/14651858.CD004169.pub2.

enesis.2018.artikel/manfaat-isotonik/

https://www.biologyonline.com/dictionary/isotonic

https://www.khanacademy.org/science/ap-biology/cell-structure-and-function/mechanisms-of-transport-tonicity-and-osmoregulation/a/osmosis

https://www.healthline.com/nutrition/sports-drinks

https://www.healthlinkbc.ca/health-topics/abo4575#:~:text=People%20use%20sports%20drinks%20to,and%20electrolytes%20when%20you%20sweat

https://www.aptonia.co.uk/what-is-the-use-of-isotonic-drinks

 
Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com