Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Apakah Cowok Juga Perlu Pakai Skincare?

Artikel dipublikasikan : 17 Maret 2023 22:38
Dibaca : 3818 kali

Foto : Freepik

Skincare pada umumnya dipergunakan oleh cewek. Belakangan ini banyak cowok  juga ikut memakainya. Sebetulnya, apakah cowok juga perlu pakai skincare

Saat ini semakin banyak cowok yang rajin pakai skincare. Terbukti di pasaran kini banyak produk skincare yang khusus ditujukan untuk cowok.   Bukan cuma cewek yang ingin kulitnya sehat. Cowok  juga perlu menggunakan skincare untuk merawat kesehatan dan penampilan. 

Kulit cowok memiliki lebih banyak kolagen dan elastin yang membuat kulit mereka tebal dan kencang. Hal ini membuat tanda-tanda penuaan muncul lebih lambat pada cowok dibandingkan cewek. 

Tetapi, cowok juga memiliki hormon yang berbeda sehingga lebih rentan mengalami kulit berminyak, jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya. Maka dari itu, cowok perlu menjaga kesehatan kulitnya dengan menggunakan skincare. 

Selain itu, ada beberapa alasan mengapa skincare juga diperlukan oleh cowok. 

  1. Sering beraktivitas di luar ruangan

Pori-pori di wajah cowok itu cenderung lebih besar daripada cewek. Jika mereka sering melakukan aktivitas di luar rumah maka pori-pori wajah cowok gampang tersumbat debu atau kotoran. Akibatnya, kulit jadi lebih mudah berminyak dan rentan muncul jerawat. Skincare dapat membantu untuk mengatasinya. Itulah alasan mengapa banyak cowok rajin menggunakan skincare. 

  1. Mencegah dampak paparan sinar UV

Paparan sinar UV dapat memicu kulit terbakar, membuat bintik hitam pada kulit dan tanda penuaan dini. Dampak lainnya adalah keratosis aktinik atau benjolan kecil, kasar dan bersisik. Skincare digunakan untuk mencegah dampak paparan sinar UV.  

  1. Mengurangi keriput

Keriput pada wajah disebabkan oleh hilangnya kolagen akibat pertambahan usia atau paparan sinar UV berlebihan. Dengan menggunakan skincare secara rutin, masalah ini bisa dicegah, sehingga kulit tampak lebih muda.

  1. Menghilangkan noda

Noda di wajah akibat jerawat, komedo atau bekas luka juga bisa dihilangkan dengan menggunakan facial wash dan pelembap. Namun penggunaan produk yang tepat akan lebih efektif dalam mengatasi noda-noda tersebut. Sesuaikan dengan dengan jenis kulit agar manfaatnya bisa dirasakan dengan baik.

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Rasa percaya diri dapat turun atau bahkan hilang sama sekali pada kaum cowok, akibat adanya masalah kulit wajah yang kusam dan berjerawat. Penggunaan skincare ditujukan agar kulit wajah bebas dari masalah tersebut. 

Produk skincare untuk cowok 

Secara umum, tidak jauh berbeda produk skincare untuk cowok dan cewek.  Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut : 

  1. Sabun cuci muka

Sabun yang biasanya dipergunakan untuk badan kerap dipakai buat mencuci muka. Sebtulnya ini tidak baik, karena sabun mandi biasanya mengandung wewangian dan bersifat abrasif yang dapat membuat kulit muka menjadi iritasi. Maka dari itu, sabun cuci muka diciptakan. Pilihlah sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit. Pastikan produk tersebut tidak mengandung pewangi dan berlabel “non-comedogenic”. Selain itu, cucilah muka dua kali sehari dan usahakan saat mencuci muka jangan digosok-gosok terlalu kasar.

  1. Pelembap

Produk pelembap untuk cowok juga perlu. Pelembap ini berperan penting untuk menjaga kelembapan kulit. Kulit yang kering lebih rentan untuk bersisik, mengalami kerutan, hingga tampak lebih kusam. Gunakan pelembab, agar masalah-masalah kulit tersebut bisa dicegah dan kulit wajah akan tampak lebih segar, cerah, dan tampak awet muda. Sebaiknya pilih produk pelembap yang mengandung ceramidehyaluronic acid, atau gliserin di dalamnya. Pelembap wajah bisa digunakan setelah mandi, bercukur, dan cuci muka.

  1. Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya biasanya digunakan oleh cewek. Kebanyakan cowok tidak mau memakainya dengan alasan karena beberapa produk skincare ini meninggalkan noda putih (white cast) saat digunakan. 

Sesungguhnya sunscreen memiliki peran yang sangat penting untuk mencegah bahaya paparan sinar UV. Agar wajah tidak menjadi abu-abu setelah pakai sunscreen, pilihlah produk yang menggunakan formula chemical atau hybrid sunscreen. Kedua jenis sunscreen ini punya tekstur ringan dan tidak menimbulkan white cast. Pastikan juga sunscreen mengandung SPF 30 atau lebih.

  1. Serum

Pilihan lain dari skincare yang perlu digunakan oleh para cowok adalah serum. Salah satu jenis serum yang bisa dipilih adalah serum vitamin C. Serum ini digunakan dalam  rangkaian skincare pagi untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Pemakaian serum  biasanya dilakukan sebelum memakai pelembap.

Selain itu, serum retinol juga perlu digunakan, khusunya bagi cowok-cowok yang berusia di atas 30 tahun. Retinol akan membuat kulit wajah lebih awet mudah dengan mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan. Pemaiakan serum retinol sebaiknya di malam hari.

Tips penting untuk cowok

Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, hal terpenting yang pertama bagi setiap orang, termasuk cowok, adalah mengidentifikasi dan memahami jenis kulit mereka. Ketahuilah bahwa :

  • Kulit sensitif dapat menyengat atau terbakar setelah penggunaan produk

  • Kulit normal berwarna bening dan tidak sensitif

  • Kulit kering bersisik, gatal atau kasar

  • Kulit berminyak berkilau dan berminyak

  • Kulit kombinasi kering di beberapa area dan berminyak di area lainnya

Dengan memahami jenis kulit Anda, maka akan membantu Anda mempelajari cara merawat kulit dan memilih produk perawatan kulit yang tepat.

Berikut ini tips untuk membantu para cowok mengembangkan perawatan kulit yang sehat secara rutin : 

  1. Pertimbangkan label dan bahan produk

Produk perawatan kulit harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Kulit yang cenderung berjerawat, cocok dengan pembersih dan pelembap yang bertuliskan "bebas minyak" atau "nonkomedogenik", karena tidak akan menyumbat pori-pori Anda. 

Jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan produk yang lembut dan “bebas pewangi”, karena produk yang mengandung pewangi dapat membuat kulit teriritasi dan kering. 

Namun, hati-hati dengan produk berlabel "tanpa pewangi", karena banyak di antaranya mengandung pewangi penutup yang masih dapat mengiritasi kulit Anda.

  1. Cuci muka setiap hari dan setelah berolahraga 

Karena sabun batangan biasa sering kali mengandung bahan keras yang dapat mengeringkan kulit, cucilah muka dengan pembersih wajah yang lembut dan air hangat. 

  1. Perhatikan teknik bercukur

Pisau cukur multi-pisau dapat bekerja terlalu baik atau mencukur terlalu dekat dengan kulit. Jika Anda sering mengalami benjolan karena pisau cukur, luka bakar, atau rambut tumbuh ke dalam, gunakan pisau cukur dengan satu atau dua pisau. 

  1. Jangan meregangkan kulit Anda saat bercukur 

Sebelum Anda mencukur, basahi kulit dan rambut Anda untuk melembutkannya. Gunakan krim cukur pelembab dan cukur ke arah pertumbuhan rambut. Bilas setelah setiap sapuan pisau cukur, dan ganti pisau Anda setelah lima hingga tujuh kali pencukuran untuk meminimalkan iritasi.

  1. Melembabkan kulit setiap hari

Pelembab bekerja dengan cara menjebak air di kulit sehingga dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan membuat kulit Anda terlihat lebih cerah dan lebih muda. Aplikasikan pelembab pada wajah dan tubuh segera setelah mandi, cuci muka atau bercukur saat kulit masih lembap.

  1. Periksa kulit Anda secara teratur 

Bintik atau tahi lalat baru yang terasa gatal, berdarah, atau berubah warna seringkali merupakan tanda peringatan dini kanker kulit. Jika Anda melihat adanya bintik-bintik yang mencurigakan, buatlah janji untuk menemui dokter kulit. 

Pria di atas usia 50 tahun memiliki risiko lebih tinggi terkena melanoma, bentuk kanker kulit paling mematikan, dibandingkan populasi umum. Namun, jika terdeteksi dini, kanker kulit sangat bisa diobati.

  1. Pakai tabir surya setiap kali berada di luar ruangan

Untuk membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari yang dapat menyebabkan keriput, bintik-bintik penuaan, dan bahkan kanker kulit, sebelum beraktivitas di luar ruangan, oleskan tabir surya ke semua area kulit yang terbuka, termasuk kulit kepala, telinga, leher, dan bibir. 

Sebaiknya gunakan tabir surya berspektrum luas, tahan air dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan gunakan kembali setiap dua jam atau segera setelah berenang atau berkeringat. 

______________________ 

Referensi : 

Kompas.com (2022), Mengapa Laki-laki Juga Perlu Menggunakan Skincare?

Mayo Clinic (2022), Skin Care: 5 Tips For Healthy Skin.

Chesak, J, Healthline (2019). The Effortless Man’s Guide to Basic Skin Care.

Cleveland Clinic, Skin Care for Men: What You Need To Know (diakses pada 2023).

Bedosky, L, Everyday Health (2021), The Difference Between Chemical and Mineral Sunscreen.

Behring, S, Healthline (2021),  Is Washing Your Face with Bar Soap Effective?

Vinall, M,  Healthline (2021), How to Moisturize Your Face: Expert Tips, When to Do It, and Ingredients to Look For.

American Academy of Dermatology Association, Skin Care Tips For Men (diakses pada 2023).

Rahrovan, et al. (2018), Male Versus Female Skin: What Dermatologists And Cosmeticians Should Know. International Journal Of Women's Dermatology. 4(3), pp. 122-130.

 

Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com