Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Bahayakah Minum Kopi Pagi Hari Sebelum Sarapan?

Artikel dipublikasikan : 25 November 2022 13:56
Dibaca : 90 kali

Foto : Freepik

Sebagian orang memulai aktivitas pagi dengan secangkir kopi hangat, bahkan saat perut masih dalam keadaan belum diisi makanan. Apakah berbahaya minum kopi pagi sebelum sarapan? 

Penulis : Sholahudin Achmad

Kebiasaan menyeruput secangkir kopi di pagi hari, sebelum sarapan, kerap dilakukan sebagian orang. Bahkan hanya dengan secangkir kopi itu saja, mereka bisa mulai keluar rumah menuju kantor atau tempat bekerja. 

Bahayakah minum kopi di pagi hari sebelum sarapan? Apa dampaknya bagi kesehatan bila minum kopi saat perut kosong di pagi hari? 

Beberapa kondisi yang dapat terjadi pada Anda, setelah minum kopi dalam keadaan perut kosong atau belum terisi oleh makanan,  adalah sebagai berikut : 

  • Meningkatkan produksi asam lambung 

Asam lambung berperan penting dalam mendukung kelancaran pencernaan makanan. Asam lambung diproduksi ketika Anda makan, mencium aroma makanan, atau bahkan saat sedang memikirkan makanan. 

Namun, asam lambung merupakan cairan bersifat korosif yang kuat. Jika dibiarkan, dapat menggenang di dalam lambung,  tanpa ada makanan apapun untuk diolah. Hal ini dapat merusak lapisan lambung setelah paparan berulang kali.

Kopi telah terbukti dapat merangsang produksi asam. Oleh karena itu, minum kopi saat perut kosong meningkatkan keasaman perut, yang kemudian akan menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan Anda sepanjang hari. 

Kondisi tersebut juga dapat membuat asam lambung naik. Penyakit asam lambung atau GERD dapat terjadi saat mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong. 

Kandungan kafein pada kopi dapat membuat esofagus bagian bawah menjadi lemah. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko gejala GERD, seperti mual, mudah kenyang, sering bersendawa, heartburn atau panas bagian dada, hingga kesulitan menelan. 

  • Meningkatkan kadar hormon stres

Hormon kortisol atau hormon stres adalah hormon yang berperan dalam mengatur suasana hati, motivasi, dan rasa takut. Hormon ini juga mengatur metabolisme, tekanan darah, dan kadar gula darah. 

Secara alami, kadar hormon kortisol akan meningkat pada saat bangun tidur dan fase awal tidur. Apabila kadarnya berlebihan, hormon kortisol bisa memicu berbagai masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, gangguan tidur, hingga gangguan mood (suasana hati).

Lalu apa hubungannya dengan kopi? Ternyata, minum kopi dapat menyebabkan peningkatan sementara kadar hormon kortisol. Tetapi, penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsinya setelah makan pun tidak mengurangi produksi hormon tersebut. Jadi, baik setelah makan maupun saat perut kosong, minum kopi tetap dapat meningkatkan kadar hormon kortisol.

Baca Juga: 9 Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan Tubuh

Efek samping kopi

Minum kopi secara berlebihan  dapat membawa sejumlah efek samping, seperti menyebabkan sakit kepala, migrain, insomnia, dan rasa gelisah, terlepas dari meminumnya saat perut kosong maupun tidak.

Sebaiknya minum kopi dilakukan dalam batas yang wajar, yakni maksimal adalah 4 cangkir per hari. 

Perhatikan pula bagaimana respon tubuh Anda terhadap kopi. Jika Anda mengalami masalah kesehatan saat minum kopi dengan perut kosong,  tetapi tidak ada masalah saat minum kopi sehabis makan, maka sebaiknya hindari minum kopi saat perut kosong. 

Menjadi mudah stres dan cemas

Minum kopi juga mendorong timbulnya kegelisahan, stres, dan juga termasuk perubahan suasana hati. 

Selain itu, serotonin atau hormon pemicu rasa tenang dan bahagia yang diproduksi otak pada dasarnya berada pada level rendah sepanjang pagi hari. 

Ketika Anda minum kopi saat perut kosong di pagi hari, efek negatif dapat lebih buruk terjadi.  Karena kafein merangsang sistem saraf Anda, yang berarti terlalu banyak kopi dapat mempercepat denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. 

Akibatnya, Anda akan lebih mudah merasa cemas dan stres. 

Jika sedang dalam kondisi stres, sebaiknya hindari mengonsumsi kopi terlalu banyak, terutama di pagi hari. Karena kandungan kafein dalam kopi sangat rentan menyebabkan kondisi gangguan kecemasan hingga bipolar. 

Dehidrasi di pagi hari 

Selain itu, kafein dapat membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi sehingga berpotensi memicu gejala dehidrasi, yang bisa menguras energi dan menyebabkan sakit kepala.

Gejala dehidrasi antara lain adalah hilangnya elastisitas kulit, urine menjadi berwarna gelap, aroma urine yang sangat kuat, pusing, mengantuk, dan denyut jantung yang lebih cepat.

Agar aman minum kopi di pagi hari

Makanan memiliki efek menenangkan pada pencernaan dan sistem saraf. Oleh karena itu, makan sambil minum kopi dapat membantu menurunkan efek pemicu stres yang dibawa oleh kopi.

Namun bagi sebagian orang, hal tersebut sulit dilakukan. Mereka memandang kopi sebagai ritual di pagi hari, minuman pertama yang dicari setelah bangun tidur. 

Maka jika tidak mau menggeser gelas kopi sebelum sarapan,  cobalah tambahkan susu atau sesendok mentega ke dalam kopi hitam Anda. Ini untuk membantu tubuh Anda mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi lainnya, sehingga dapat mengurangi efek buruk dari kafein pada perut kosong.

Minuman pengganti kopi

Agar lebih sehat dan terhindar dari berbagai dampak minum kopi di pagi  hari sebelum sarapan, berikut ini beberapa minuman pengganti kopi yang dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap sehat :

  • Jahe hangat

Jahe merupakan tanaman herbal yang mengandung vitamin C. Secangkir air jahe hangat pada pagi hari dapat melegakan tenggorokan sekaligus juga dapat menurunkan kadar stress Anda. 

  • Susu

Susu sapi maupun susu kedelai adalah minuman yang tepat untuk menggantikan kopi di pagi hari. Rutin mengonsumsi susu setiap hari dapat membantu Anda menjaga kesehatan tulang dan menghindari penuaan dini. 

  • Infused Water

Infused water adalah air putih yang dicampur dengan buah, seperti stroberi, lemon, daun mint, hingga timun. Anda bisa memuat racikan air ini pada malam hari, lalu simpan di kulkas. Saat bangun tidur, minuman ini bisa langsung diteguk. Infused water akan terasa segar di mulut pada pagi hari. Infused water juga merupakan alternatif bila Anda tak terbiasa minum air putih setelah bangun tidur. 

  • Jus buah

Jus buah memiliki kandungan air dan serat yang sangat baik untuk dikonsumsi pada pagi hari. Mengonsumsi jus pada pagi hari juga dapat mengganti cairan tubuh yang hilang pada malam hari, sehingga Anda tepat terhidrasi di pagi hari. 

_____________________ 

Referensi : 

Medical News Today (diakses pada 2022), Health Benefits and Risks of Drinking Coffee.

Healthline (diakses pada 2022), Coffee vs. Tea For GERD.

Web MD (diakses pada 2022), Coffee.

Temple, J. L., et al. (2017). The Safety of Ingested Caffeine: A Comprehensive Review. Frontiers in Psychiatry, 8(80), pp. 1–19.

Mayo Clinic (2022). Caffeine: How Much Is Too Much?

Harvard T.H. Chan, School of Public Health. The Nutrition Source. Coffee.

Link, R. Healthline (2022). 9 Unique Benefits of Coffee.

Olsen, N. Healthline (2020). Should You Drink Coffee on an Empty Stomach?

Cassoobhoy, A. WebMD (2020). What Is Cortisol?

Important: Stop Drinking Coffee in the Morning Right Now 

https://www.ecooe.com/ecooe-life/stop-drinking-coffee-in-the-morning

THIS is what happens to your body when you drink coffee in the morning on an empty stomach http://www.express.co.uk/life-style/health/649819/morning-coffee-caffeine-first-thing-empty-stomach-damage-health-to-your-body-espresso

This Is What Happens When You Drink a Coffee on an Empty Stomach http://positivemed.com/2015/04/07/this-is-what-happens-when-you-drink-a-coffee-on-an-empty-stomach/

http://www.webmd.com/mental-health/news/20020801/is-caffeine-bad-for-your-heart#2

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2257922/

http://www.livestrong.com/article/186945-coffee-cortisol/

 

Hubungi Kami
Terace Mahakam, Jl. Mahakam No.6, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
02122772701
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com