Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Bibir Anda Hitam Karena Rokok ? Simak Tips-Tips Kesehatan Ini

Artikel dipublikasikan : 25 Mei 2023 16:18
Dibaca : 1088 kali

Foto : Freepik

Bibir Anda menjadi hitam bisa menjadi pertanda bahwa Anda adalah seorang perokok yang sudah merokok dalam jangka waktu yang cukup lama. Simak ini,  tips-tips kesehatan yang penting untuk menghilangkan bibir hitam karena rokok! 

Rokok membahayakan kesehatan jantung Anda. Di sisi lain, kebiasaan merokok juga dapat membuat bibir Anda menjadi hitam. Merokok juga membuat kulit di sekitar mulut mengalami kerutan vertikal. Selain itu, bibir dan gusi Anda juga bisa menjadi lebih gelap karena hiperpigmentasi. 

Studi menunjukkan hubungan yang mencolok antara merokok dan pigmentasi di bibir. Kebiasan merokok juga dapat memengaruhi kulit Anda secara keseluruhan. Penelitian menunjukkan dampak merokok  pada ketebalan dan kepadatan dermis, epidermis, dan lipatan nasolabial. 

Studi lain menemukan skor pigmentasi bibir dan gusi pada perokok menjadi 7 dan 4 kali lebih tinggi dibandingkan non-perokok. 

Mengapa kebiasaan merokok sangat buruk bagi bibir Anda?

Nikotin dan benzopiren adalah beberapa bahan kimia yang ada dalam tembakau yang dapat meningkatkan produksi melanin di kulit Anda, Zat tersebut dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan bibir perokok menjadi hitam. 

Nikotin menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga mengurangi aliran oksigen dan nutrisi ke sel kulit. Bahan kimia yang ada dalam rokok lebih lanjut memicu peristiwa molekuler yang merusak elastisitas kulit dan produksi kolagen.

Gerakan khusus mengerucutkan bibir untuk menahan dan menghisap rokok juga berkontribusi terhadap munculnya garis-garis di sekitar mulut. Seiring waktu, panas dan asap yang tidak terhirup mengering dan merusak permukaan kulit.

Tingkat paparan asap dan jumlah rokok yang dihisap memengaruhi kemungkinan keriput dan perubahan terkait usia lainnya pada wajah. Dan, kombinasi dari paparan sinar matahari tanpa perlindungan dan merokok dapat memperburuk keadaan.

Bibir perokok berat memiliki perubahan warna menjadi hitam kebiruan. Racun dari asap menyebabkan penyempitan pembuluh darah, menyebabkan kekeringan dan iritasi. Merokok dapat menyebabkan kulit Anda kehilangan elastisitasnya, sehingga menghasilkan kerutan.

Cara menghilangkan bibir hitam karena rokok

Tips-tips kesehatan berikut ini bisa dilakukan untuk mengatasi bibir hitam akibat merokok:

  1. Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan salah satu  cara yang efektif untuk mengatasi bibir hitam. Proses eksfoliasi dapat membantu perokok seperti Anda dalam mengangkat sel-sel mati pada bibir sehingga membuat bibir terlihat lebih cerah. 

Berikut ini cara melakukan eksfoliasi bibir yang bisa dilakukan di rumah:

  • Siapkan bahan-bahan eksfoliasi yang alami seperti gula pasir, madu, atau minyak zaitun.

  • Campurkan gula pasir dengan madu atau minyak zaitun, sebagai campuran bahan eksfoliasi.

  • Setelah campuran berubah menjadi pasta, segera oleskan tipis-tipis pada bibir Anda.

  • Diamkan beberapa saat hingga pasta kering, lalu gosok secara perlahan.

  • Setelah seluruh bagian bibir digosok, bersihkan menggunakan air dan berikan pelembap agar bibir menjadi lebih cerah.

Perawatan rumahan pengelupasan untuk mengangkat sel-sel kulit mati ini bisa juga menggunakan bahan kombinasi garam kasar atau gula diikuti dengan pelembab. Hal ini dapat membantu mencerahkan bibir. Studi menunjukkan bahwa produk pengelupasan yang mengandung glycolic acidi dapat memerangi hiperpigmentasi. 

  1. Gunakan masker bibir

Masker bibir yang terbuat dari berbagai bahan alami juga dapat digunakan untuk mencerahkan bibir yang hitam akibat kebiasaan merokok. Caranya sebagai berikut :  

  • Siapkan satu sendok teh madu, setengah sendok teh bubuk kunyit, dan setengah sendok teh perasan air lemon sebagai bahan untuk masker bibir.

  • Campurkan seluruh bahan yang telah disiapkan dalam satu wadah.

  • Kemudian, oleskan campur tersebut pada bibir secara tipis.

  • Diamkan hingga kering. Setelah kering, bersihkan bibir menggunakan pelembap.

  1. Perbanyak minum air putih 

Perbanyak minum air putih setiap hari agar tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Rutin minum air putih juga dapat membantu mencerahkan warna bibir Anda yang menghitam karena rokok. 

  1. Perawatan laser 

Perawatan laser bibir menggunakan gelombang cahaya terkonsentrasi yang menembus jauh ke dalam lapisan kulit untuk mengembalikan warna alami bibir Anda. Selain itu, perawatan laser dapat membantu merangsang produksi kolagen dan menghilangkan kerutan vertikal di sekitar mulut. Satu studi menemukan bahwa satu sesi perawatan laser 1064 nm Q-switched neodymium-doped yttrium aluminium garnet (NdYAG) bisa sangat efektif. 

Perawatan untuk bibir keriput

Masalah yang dialami oleh para perokok, selain bibirnya yang menjadi hitam, adalah bibir menjadi keriput. Berikut ini tips kesehatan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bibir keriput.

  • Gunakan pelembab 

Anda bisa gunakan pelembab bibir yang mengandung tretinoin membantu membangun kolagen dan mengurangi munculnya kerutan dan garis halus. 

  • Suntikan

Obat suntik seperti Botox adalah solusi jangka panjang. Ini sangat efisien untuk menghaluskan kerutan di sekitar bibir.

  • Laser Resurfacing

Laser peeling adalah perawatan yang menghilangkan lapisan kulit paling atas yang rusak. Laser ablatif menembus kulit untuk menghaluskan kerutan . 

  • Pengelupasan asam buah

Pengelupasan asam dapat digunakan pada dan sekitar area bibir untuk mengurangi kerutan dan mencerahkan bercak gelap. Pengelupasan dalam dapat melawan kerutan jika digunakan dengan cara yang benar.

Dari berbagai tips-tips kesehatan di atas, cara terbaik untuk mengurangi akibat merokok pada bibir dan mulut Anda adalah dengan berhenti merokok sama sekali. 

Perawatan untuk berhenti merokok

Berbagai obat untuk bibir perokok dapat membantu meningkatkan angka berhenti merokok. Ketika dikombinasikan dengan konseling, obat-obatan ini dapat efektif dalam mengatasi rasa ketagihan, gejala putus zat, dan bahkan efek samping dari berhenti merokok.

Karena Varenicline dan Bupropion membutuhkan waktu untuk menunjukkan efeknya, idealnya mereka harus dimulai seminggu hingga beberapa minggu sebelum tanggal berhenti resmi. 

Pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional medis untuk memastikan obat tidak berinteraksi dengan obat lain yang Anda gunakan.

  • Pengganti Nikotin

Penggantian nikotin membantu mengatasi kecanduan merokok, gejala putus zat, dan mengidam. Ada banyak pilihan pengganti nikotin, mulai dari obat bebas hingga obat resep. Ini termasuk tambalan, permen karet, pelega tenggorokan, semprotan hidung, dan inhaler. 

Perlu diingat bahwa dosis tertinggi harus digunakan bila konsumsi tembakau lebih dari 10 batang sehari.

  • Vareniklin (Chantix)

Varenicline mengurangi gejala penarikan dengan mengikat reseptor nikotin dalam tubuh. Pada saat yang sama, itu menghalangi mereka dari nikotin dalam rokok, membuat merokok menjadi kurang menyenangkan. Obat ini bekerja paling baik jika dikombinasikan dengan perawatan lain. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan manfaat Varenicline. 

  • Bupropion (Zyban, Wellbutrin SR)

Bupropion dapat membantu Anda berhenti merokok dengan bekerja pada hormon otak. Ini juga mencegah penambahan berat badan, gejala awal yang umum saat Anda berhenti merokok. Perawatan untuk durasi yang lebih lama dapat membantu mencegah kekambuhan pada mereka yang telah berhenti. Namun perlu diperhatikan bahwa ini tidak dapat digunakan untuk mereka yang memiliki riwayat gangguan kejang.

Jika perawatan untuk merokok ini tidak bekerja secara individual, maka Anda perlu lakukan kombinasi dan bahkan digabungkan dengan solusi alternatif seperti akupunktur dan hipnosis. Prognosis untuk keberhasilan pengobatan alternatif tidak pasti. Namun, bila digunakan dengan pilihan pengobatan yang lebih efektif, mereka dapat membantu.

_______________________

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. Have Smoker’s Lips? Here’s What You Can Do About Them.

Renewalliance. Diakses pada 2022. How to Effectively Get Rid of Smokers Lips (Smoking Treatments).

On the novel action of melanolysis by a leaf extract of Aloe vera and its active ingredient aloin, potent skin depigmenting agents
https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22495441/

Association of lip pigmentation with smoking and gingival melanin pigmentation
https://www.researchgate.net/publication/6562501_Association_of_lip_pigmentation_with_smoking_and_gingival_melanin_pigmentation

Cigarettes Smoking and Skin: A Comparison Study of the Biophysical Properties of Skin in Smokers and Non-Smokers
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7230126/

Interrelationship of Smoking Lip and Gingival Melanin Pigmentation and Periodontal Status
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3905564/

Aesthetic Correction of Smoker\’s Lip Using 1064 nm Q-switched Neodymium-doped Yttrium Aluminium Garnet Laser
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5561710/

Tell-tale signs of a chronic smoker
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3644846/

Effect of glycolic acid phytic acid soothing complex containing Emulsion on Hyperpigmentation and skin luminosity: A clinical evaluation
https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/jocd.13950

Retinoids in the treatment of skin aging: an overview of clinical efficacy and safety
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2699641/

Assessment of Laser Effects on Skin Rejuvenation
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7118506/

Evidence and Considerations in the Application of Chemical Peels in Skin Disorders and Aesthetic Resurfacing
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2921757/

Hyaluronic Acid Dermal Fillers: Safety and Efficacy for the Treatment of Wrinkles Aging Skin Body Sculpturing and Medical Conditions
https://www.researchgate.net/publication/263275744_Hyaluronic_Acid_Dermal_Fillers_Safety_and_Efficacy_for_the_Treatment_of_Wrinkles_Aging_Skin_Body_Sculpturing_and_Medical_Conditions

Varenicline for smoking cessation: a narrative review of efficacy adverse effects use in at-risk populations and adherence
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4824380/

The use of bupropion SR in cigarette smoking cessation
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2528204/

Changes in Skin Color after Smoking Cessation
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3383505/

Stylecraze.com (2023), Smoker’s Lips: Causes, Signs, And Treatment

 

 

Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com