Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Bukan Mitos, Ini Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Artikel dipublikasikan : 16 November 2021 09:34
Dibaca : 2739 kali

 

Air kelapa dikenal memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Selain menyegarkan, air kelapa juga dapat menambah elektrolit dan mineral pada tubuh. Bahkan, air kelapa memiliki sejumlah kandungan penting seperti antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel tubuh.

Penulis :  Sholahudin Achmad 

 

Air kelapa juga diketahui sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil dalam jumlah yang sesuai. Tahukah Anda apa saja manfaat air kelapa untuk ibu hamil?

Tidak hanya untuk mencegah dehidrasi, manfaat air kelapa untuk ibu hamil sangat beragam. Selain itu, air kelapa juga dikenal baik untuk kesehatan janin. Jika Anda mau tahu apa saja manfaat air kelapa untuk ibu hamil lainnya, simak jawabannya dalam artikel berikut ini.

Air kelapa dikenal sebagai minuman pengganti elektrolit untuk orang-orang dengan sakit perut atau dehidrasi yang parah. Selain itu, air kelapa juga dikenal berkhasiat untuk ibu hamil maupun janin.

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Di dalam air kelapa terkandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, serat, dan protein. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan mineral, yaitu magnesium, kalium, dan kalsium.

Dengan adanya kandungan nutrisi tersebut, air kelapa dipercaya berkhasiat untuk kesehatan ibu hamil. Berikut ini rangkuman beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil:

  1. Menggantikan elektrolit yang hilang

Mual dan muntah atau dikenal dengan istilah morning sickness merupakan keluhan yang dialami oleh hampir setiap ibu hamil. Apalagi jika ibu hamil mengalami hiperemesis gravidarum atau rasa mual ekstrem. Tubuh ibu akan mengalami kekurangan elektrolit akibat muntah berlebihan. Kondisi ini bisa membuat ibu hamil mengeluarkan banyak cairan dalam tubuh, sehingga memicu terjadinya kekurangan elektrolit.

Air kelapa bisa menjadi pilihan bagi ibu hamil untuk menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh. Hal tersebut dikarenakan air kelapa memiliki kandungan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan bersama dengan kalsium, fosfor, seng, mangan, besi, tembaga, dan asam amino mendasar. Kandungan elektrolit ini dapat menenangkan tubuh dan memberikan energi.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil!

  1. Memenuhi asupan cairan tubuh

Ibu hamil juga wajib memenuhi asupan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Tidak hanya air putih, air kelapa juga dapat dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Air kelapa mengandung sekitar 95 persen air dari sumber yang murni dan terpercaya. Ini membuat air kelapa menjadi pilihan yang tepat selama kehamilan. Kandungan ini membuat air kelapa sebagai sumber hidrasi yang baik. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, ibu hamil akan merasa lebih segar dan tidak mudah lelah.

  1. Mengontrol tekanan darah

Tingkat elektrolit yang rendah memicu tekanan darah. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil lainnya yaitu air kelapa dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini karena air kelapa memiliki kandungan kalium yang terbukti dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

Tekanan darah tinggi bisa menjadi kondisi yang berbahaya bagi ibu dan janin dalam kandungan karena dapat memicu kondisi preeklamsia, kelahiran prematur, dan lain sebagainya. Namun harus diingat, air kelapa tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai pengganti pengobatan hipertensi atau preeklampsia pada ibu hamil. Jika ibu hamil berisiko mengalami preeklampsia selama kehamilan, segera periksakan diri ke dokter.

  1. Mendukung tumbuh kembang janin

Air kelapa muda mengandung kalsium dan juga senyawa aktif biologis tertentu sebagai faktor pemacu pertumbuhan yang penting untuk perkembangan janin.

Selain itu, air kelapa menawarkan semua nutrisi penting yang dipercaya sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Meski demikian, kandungan kalsium di dalam air kelapa tidak dapat dijadikan sebagai nutrisi utama untuk tumbuh kembang janin. Oleh karena itu, setiap ibu hamil dianjurkan untuk tetap mengonsumsi makanan padat nutrisi yang diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan lainnya.

  1. Diuretik alami 

Infeksi saluran kemih sudah umum terjadi selama kehamilan. Kondisi ini dapat terjadi akibat perubahan hormon saat hamil dan berdampak pada fungsi saluran kemih. Hal ini menyebabkan ibu hamil lebih mudah terkena infeksi.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil dipercaya sebagai diuretik alami yang dapat membantu ibu hamil agar lebih mudah mengeluarkan urine (buang air kecil) dan mencegah terjadinya ISK, karena adanya kalium, magnesium, dan mineral lainnya. Kandungan tersebut membantu membuang racun dan membersihkan saluran kemih serta dapat mencegah batu ginjal dan infeksi. Hal ini juga berperan penting dalam pencegahan infeksi saluran kemih sehingga menurunkan kemungkinan persalinan prematur. 

  1. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Adanya perubahan hormon selama kehamilan dapat menyebabkan beberapa masalah seperti mules, sembelit, dan gangguan pencernaan. Konsumsi air kelapa dapat membantu meredakan berbagai kondisi tersebut. Hal itu karena landungan serat makanan yang cukup banyak pada air kelapa dapat membantu memperkuat sistem pencernaan, memperlancar pencernaan, mengatur kadar pH, dan mencegah sembelit. 

Baca Juga: Manfaat Vitamin C Bagi Ibu Hamil dan Janin

  1. Kandungan gula rendah 

Selama hamil, banyak ibu mengeluhkan rasa lemas dan lesu. Namun, mengonsumsi minuman berenergi yang dijual di swalayan bukan pilihan yang baik karena kadar gulanya yang tinggi. Dibanding minuman berenergi, ibu hamil bisa mempertimbangkan untuk meminum air kelapa. Per seratus gram (100 gr) air kelapa mengandung sekitar 2,6 gr gula alami, yang lebih rendah dari beberapa minuman berenergi yang mengandung gula buatan. 

  1. Mencegah Infeksi

Vitamin C juga menjadi salah satu kandungan penting air kelapa. Kandungan ini akan membantu ibu hamil dalam mencukupi kebutuhan vitamin C sang ibu dan juga janin dalam kandungan. Vitamin C juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, seperti menambah imunitas pada tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit yang kerap menyerang ibu hamil.

Air kelapa kaya akan vitamin, mineral esensial, dan antioksidan, yang meningkatkan tingkat kekebalan tubuh, memberikan resistensi dari infeksi. Air kelapa muda mengandung asam laurat, asam lemak rantai sedang yang bertanggung jawab untuk produksi antivirus monolaurin yang kuat.

Laurat adalah asam penangkal penyakit yang membunuh bakteri berbahaya dan infeksi seperti flu serta mempertahankan bakteri baik. Air kelapa menawarkan semua nutrisi untuk ibu hamil.

Nutrisi ini penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatannya. Air kelapa yang dikonsumsi terutama pada trimester ketiga meningkatkan kadar cairan ketuban serta meningkatkan volume dan sirkulasi darah.

Tips Aman Mengonsumsi Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Air kelapa memiliki banyak manfaat, baik untuk ibu hamil maupun janin di dalam kandungan. Namun, ada beberapa hal yang perlu ibu hamil perhatikan sebelum mengonsumsi air kelapa agar tetap bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa tips aman dalam mengonsumsi air kelapa bagi ibu hamil:

  • Hindari terlalu banyak minum air kelapa atau menjadikan air kelapa sebagai pengganti air putih.

  • Hindari menambahkan perasa atau gula tambahan di dalam air kelapa.

  • Hindari konsumsi air kelapa dalam kemasan dan sebaiknya minum air kelapa murni yang dipetik dari pohonnya.

  • Hindari memaksakan diri untuk minum air kelapa jika tidak menyukai rasanya atau justru membuat tidak nyaman.

Baca Juga: 9 Sayuran Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Lalapan

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil dapat diperoleh bila rutin dikonsumsi tetapi tidak secara berlebihan. Namun, jika ibu hamil mengalami keluhan setelah mengonsumsi air kelapa, seperti mual, muntah, sakit perut, atau diare, konsultasikan ke dokter agar dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com