Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Cek Manfaat Temulawak Dicampur Kunyit Putih, Salah Satunya Untuk Cegah Kanker

Artikel dipublikasikan : 9 Oktober 2021 18:54
Dibaca : 6079 kali

Temulawak dan kunyit putih merupakan tanaman herbal yang berkhasiat untuk kesehatan. Apa saja manfaat temulawak yang dicampur kunyit putih bagi kesehatan? Apakah ada efek sampingnya mengonsumsi kedua jenis tanaman ini sekaligus? Mari cek di sini. 

Temulawak dan kunyit putih bukanlah tanaman herbal yang asing di telinga. Meskipun belum pernah melihat fisiknya secara langsung, namun hampir sebagian besar orang pasti pernah mendengar namanya. Mungkin kamu pernah melihat fotonya, atau barangkali malah pernah merasakan manfaat temulawak dicampur kunyit putih. 

Apapun pengalaman yang kamu rasakan dari manfaat temulawak dicampur kunyit putih, kedua tanaman berjenis rimpang yang banyak ditanam di benua Asia tersebut adalah tanaman yang sampai saat ini masih menjadi andalan di dalam pengobatan tradisonal.

Senyawa kurkumin yang ada di dalam temulawak maupun kunyit putih sangat bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat temulawak dicampur kunyit putih? Yuk cek di sini!  

Bentuk Temulawak

Pertam-tama, mari kita mengenali dulu apa itu temulawak. Tanaman ini memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza, bentuknya seperti silinder, dengan diameter 6 cm, dan warna kulitnya kuning muda. Sebagai tanaman monokotil, temulawak tidak memiliki akar tunggang, melainkan akar rimpang. Rimpang atau umbi batang atau umbi akar adalah bagian batang yang terletak di bawah tanah. 

Manfaat Temulawak 

Hingga saat ini, tanaman rimpang ini  dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan wanita.  Temulawak dapat bertindak sebagai agen antikanker serta agen kemopreventif yang bekerja untuk mencegah kanker. Antioksidan dalam temulawak juga mencegah dan menangkal radikal bebas. Jadi, temulawak dapat dimanfaatkan untuk membantu menyusutkan sel kanker pada pasien stadium lanjut.

Untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wanita, temulawak juga sering digunakan. Yakni untuk mengatasi jerawat, menghaluskan wajah, mencerahkan kulit, mengencangkan kulit, melembabkan kulit, mencegah terjadinya penuaan dini, meremajakan kulit, hingga menyamarkan bekas luka. 

Selain itu, manfaat temulawak bagi kesehatan adalah: 

  • Meningkatkan stamina, khususnya menyegarkan kembali kebugaran tubuh, mengurangi gejala masuk angin, demam, batuk, dan flu.

  • Meningkatkan nafsu makan, terutama sangat cocok untuk  anak-anak  yang sulit makan 

  • Mengobati gangguan pencernaan, mengatasi perut kembung, sembelit, dan diare. Temulawak juga baik untuk mengobati peradangan usus. 

  • Mengatasi  atau meredakan peradangan sendi atau osteoarthritis. 

  • Meningkatkan kekebalan tubuh, bekerja sebagai anti-peradangan dan anti-inflamasi.   Sifat anti-bakteri dan anti-jamurnya juga membuat tubuh kebal dari infeksi.

  • Medetoksifikasi  tubuh melalu hati, membantu ginjal menyaring sisa metabolisme dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Temulawak melindungi hati dari senyawa berbahaya yang merusak.

Baca Juga: Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan dan Cara Penggunaannya

Kunyit Putih atau Kunir 

Kunyit putih atau sering disebut dengan kunir, memiliki nama latin curcuma zedoaria. Warna kunyit putih lebih terang dibanding kunyit kuning. Rasanya lebih pahit bila dibandingkan dengan kunyit kuning. Kunyit putih memiliki aroma, seperti campuran antara mangga dan kunyit. 

Manfaat Kunyit Putih 

Seperti halnya temulawak, kunyit putih juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.  Kunyit putih bisa dijadikan obat jerawat dan masker untuk mencerahkan wajah. Kandungan nutrisi dan vitamin serta pati kunyit putih dipercaya dapat membantu kulit wajah menjadi lebih cerah dan sehat, serta menyegarkan wajah dan mencegah kulit berminyak.

Kunyit putih mengandung minyak esensial yang bermanfaat untuk mengobati ganggguan pencernaan, seperti cacingan, perut kembung, kolik, kejang otot, penurunan nafsu makan, lidah terasa pahit, sulit buang air besar, serta mencegah radang usus. 

Selain itu, kunyit putih bermanfaat sebagai penghilang nyeri karena memiliki sifat analgesik untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan nyeri. Kunyit putih dapat mengobati nyeri pada saat sakit perut, nyeri haid, nyeri sendi, dan nyeri lainnya.

Manfaat lainnya dari kunyit putih, adalah : 

  • Mencegah peradangan. Yakni dikarenakan sifat diuretik dari kunyit putih yang mendukung penghapusan zat beracun tubuh dan cairan berlebih, terutama pada persendian. Hal itu membuat tubuh mampu mendetoksifikasi racun penyebab peradangan. Bahkan dapat dijadikan obat penawar racun gigitan ular,  karena ekstraknya bekerja menghambat aktivitas bisa ular.

  • Sebagai antimikroba dan antijamur yang dapat melawan berbagai bakteri sumber penyakit. Bakteri tersebut misalnya E. coli, bakteri penyebab  berbagai masalah pencernaan. Bakteri lainnya adalah Staphylococcus aureus yang menyebabkan bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis. Selain itu, kunyit putih juga bisa melawan infeksi jamur Aspergillus dan Candida.

  • Mengatasi alergi, dikarenakan kunyit putih mengandung curcuminoids yang bermanfaat sebagai anti-alergi. Senyawa ini terbukti dapat mengatasi gejala reaksi alergi pada kulit. Kuyir putih bertindak sebagai antihistamin untuk menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin atau zat kimia yang memicu reaksi alergi.

Baca Juga: 7 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kecantikan, Bikin Glowing !

Manfaat Temulawak Dicampur Kunyit Putih

Setelah mengetahui manfaatnya masing-masing, lalu apakah manfaat temulawak dicampur kunyit putih?  

Senyawa kurkumin yang terkandung di dalam kunyit dan temulawak  sama-sama dapat berperan sebagai antioksidan polifenol yang memiliki kemampuan antivirus, antibakteri, dan antikanker. Jadi manfaat utama dari temulawak dicampur kunyit putih adalah saat digunakan menjadi ramuan herbal kesehatan, terutama untuk:

  • membersihkan organ hati

  • anti peradangan

  • anti bakteri

  • anti kanker 

Selain itu, manfaat lain dari temulawak dicampur kunyit putih adalah dapat meredakan nyeri akibat gejala asam lambung naik.  Senyawa kurkumin memiliki efek anti-inflamasi dan mencegah peradangan kerongkongan. Selain itu, kurkumin juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Sebuah artikel tahun 2019  menyajikan beberapa wawasan tentang anti-tumor, anti-inflamasi, serta aktivitas antioksidan dari kurkumin dalam pengobatan masalah di saluran pencernaan.

Kurkumin melindungi usus dari kerusakan akibat NSAID dan agen berbahaya lainnya. Ini memiliki peran dalam menjaga bakteri yang terkait dengan bisul, membantu menyembuhkan bisul, dan bekerja secara aktif untuk membunuh sel kanker di usus.

Cara memanfaatkan temulawak yang dicampur kunyit putih adalah dengan minum air rebusan dari tanaman herbal ini. Sebelum direbus dengan air, pastikan rimpang temulawak dan kunyit putih telah dicuci bersih dan dikupas kulitnya. 

Efek Samping Temulawak

Mengonsumsi temulawak maupun kunyit putih tidak bisa terlalu berlebihan. Karena selain memiliki manfaat ketika temulawak dicampur dengan kunyit putih, sesungguhnya temulawak juga mempunyai efek samping apabila dikonsumsi berlebihan. 

Konsumsi temulawak secara rutin selama lebih dari 18 minggu dapat menimbulkan efek samping ebrupa iritasi perut dan mual. 

Selain itu, temulawak juga sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit hati dan masalah empedu. Karena temulawak dapat meningkatkan produksi empedu yang akan memperburuk kondisi kesehatan. Penderita penyakit batu empedu, sebaiknya berkonsultasilah dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi temulawak.

Baca Juga: 8 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan, Salah Satunya Cegah Kanker

Meski memiliki manfaat besar, namun perlu dicatat bahwa temulawak dan kunyit putih bukanlah pengganti obat dan perawatan dokter atas penyakit kanker yang anda derita. Konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan ramuan herbal untuk kesehatan. Anda dapat melakukan konsultasi jarak jauh secara online dengan dokter melalui OkeKlinik

Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com