Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Diet Sirtuin, Apa Kelebihan dan Kekurangannya ?

Artikel dipublikasikan : 18 Maret 2024 17:33
Dibaca : 36 kali

Diet sirtuin merupakan salah satu jenis cleanse diet yang mengizinkan pelaku diet untuk mengonsumsi anggur merah (red wine) dan cokelat.

Pola diet sirtuin ini merekomendasikan pengikut diet untuk mengonsumsi makanan tinggi sirtuin, yang merupakan jenis protein yang ada dalam tubuh, dan membatasi kalori. Diet ini menjadi viral setelah salah satu penyanyi terkenal dunia Adele mengaku berat badannya turun sebanyak 18 kg setelah menjalaninya.  

Tapi, apakah diet sirtuin atau sirtfood diet ini aman bagi kesehatan ?  Beberapa ahli kesehatan mengklaim bahwa diet ini mungkin tidak sesuai atau bahkan bisa menjadi diet yang buruk bagi beberapa pelaku diet. Dan sebagian  ahli mengatakan diet sirtuin bermanfaat untuk kesehatan.

Apa itu sirtfood diet

Sirtfood diet merupakan sebuah diet yang menyarankan pelakunya untuk mengonsumsi makanan tinggi sirtuin, yaitu, makanan yang tinggi protein. Protein itu sendiri berperan dalam membantu berbagai fungsi dalam tubuh, termasuk meningkatkan metabolisme, melindungi sel tubuh dari kerusakan dan peradangan, menghasilkan energi, serta membakar lemak. 

Diet sirtfood dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dengan cepat tanpa mengurangi massa otot. Selain itu, beberapa makanan yang masuk dalam menu diet ini juga dipercaya bisa mendukung tubuh memproduksi lebih banyak protein. 

Manfaat sirtfood diet untuk kesehatan

Beberapa manfaat  sirtuin diet untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

  • mengurangi risiko penyakit jantung

  • menghambat perkembangan tumor

  • membantu melawan peradangan

  • membantu menurunkan risiko penyakit  stroke dan diabetes

  • membantu menurunkan tekanan darah

  • menghambat perkembangan penyakit Alzheimer

Sirtuin diet  dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit kronis tertentu.

Meskipun sering dinilai menyehatkan dan memberikan manfaat, makanan yang kaya sirtuin belum sepenuhnya terbukti memberikan efek kesehatan.

Cara menjalani diet sirtuin 

Pada umumnya diet sirtuin  dilakukan dengan cara menggabungkan pembatasan kalori dan konsumsi makanan yang kaya akan sirtuin. Pembatasan kalori akan membantu menurunkan tingkat metabolisme tubuh sehingga lebih sedikit kalori yang dibutuhkan oleh tubuh daripada sebelumnya.

Selain itu, metode diet ini akan dibagi menjadi dua fase yang berlangsung sekitar 3 minggu.

Selama melakukan sirtfood diet, Anda akan membutuhkan minuman yang disebut jus hijau sirtfood. Berikut merupakan resep jus hijau sirtfood:

-Kangkung atau kale 75 gram

-Arugula 30 gram

-Peterseli 5 gram

-Seledri 2 batang

-Jahe 1 cm

-Setengah potong apel hijau

-Setengah potong lemon segar

-Bubuk hijau matcha sebanyak setengah sendok teh

Setelah semua bahan di atas terkumpul, selanjutnya campur semua bahan tersebut dalam blender (selain bubuk teh hijau dan lemon). Kemudian, peras lemon ke dalam campuran jus tersebut, kemudian tambahkan bubuk teh hijau, dan diaduk. Diet ini mungkin dapat efektif menurunkan beberapa kilogram berat badan Anda di awal tetapi tidak demikian ketika diet telah selesai.

Fase diet sirtuin

Diet sirtuin dapat dibagi ke dalam dua fase. Fase-fase tersebut akan berlangsung selama 21 hari atau 3 minggu. Berikut ini tahapan atau fase diet sirtuin  yang perlu  Anda perhatikan:

  1. Fase pertama

Fase pertama menyarankan Anda untuk mengonsumsi banyak jus hijau dan harus membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh sebagai tahap awal yang berlangsung selama 7 hari. Anda akan menurunkan sekitar 3,2 kg dalam 7 hari, apabila cara ini dilakukan dengan baik dan benar. Pada umumnya, asupan kalori akan dibatasi hingga 1000 kalori sehari pada 3 hari pertama. Anda bisa makan satu kali sehari dengan dibarengi dengan minum 3 gelas jus hijau. Kemudian pada hari keempat hingga ketujuh Anda bisa meningkatkan asupan kalori menjadi 1500 kalori. Tentu saja asupan kalori tersebut sudah termasuk 2 gelas jus hijau per hari dengan 2 kali makan yang kaya akan sirtuin. 

  1. Fase kedua

Kemudian, ketika Anda mulai masuk ke dalam fase kedua yang berlangsung selama 14 hari atau 2 minggu maka kamu harus menurunkan berat badan dengan cara mengkonsumsi makanan penuh sirtuin sebanyak tiga kali dan satu gelas jus hijau setiap hari. 

  1. Fase ketiga 

Sebaiknya sirtuin diet tidak dilakukan secara terus-menerus. Kemudian sebagai gantinya, anda tetap bisa mengulangi kedua fase pertama hingga kedua apabila ingin menurunkan berat badan lebih lanjut. Namun perlu diingat  bahwa setelah menyelesaikan kedua fase diet tersebut, maka kamu harus mengkonsumsi makanan kaya sirtuin secara teratur. Serta jangan lupa teruslah meminum jus hijau setiap hari.

Menu makanan diet sirtuin

Saat menjalankan program diet sirtuin, Anda bukan hanya harus mengkonsumsi jus hijau, 

tetapi juga makanan yang kaya akan kandungan sirtuin. Di bawah ini merupakan menu makanan yang mengandung banyak sirtuin:

-Tahu dengan miso

-Telur dadar

-Tumis udang

Selain menu makanan di atas, beberapa jenis makanan di bawah ini juga merupakan makanan yang kaya mengandung sirtuin:

-Kubis

-Anggur merah

-Sawi merah

-Bluberi

-Stroberi

-Bawang merah

-Minyak zaitun

-Coklat hitam (85% kakao)

-Teh hijau matcha

-Soba

-Kedelai

-Peterseli

-Kunyit

-Kenari

-Arugula

-Cabai rawit

-Kopi

-Tunas bunga tanaman Capparis yang dijadikan sebagai acar

Tips melakukan diet sirtuin

Sebelum melakukan rencana diet sirtuin, ada baiknya Anda  berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan makan sebanyak 1000 kalori per hari tidak dianjurkan tanpa pengawasan dokter. Selain itu, jus hijau yang dikonsumsi setiap hari juga hampir tidak mengandung serat sehat seperti buah dan sayuran utuh. Biasanya, buah dan sayur yang telah dihancurkan dalam blender merupakan sumber gula. 

Selain itu, diet yang sangat terbatas juga memungkinkan tubuh kekurangan protein, vitamin dan mineral. Maka dari itu, Anda harus memastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan kemampuan tubuh dan kondisi kesehatan yang dimiliki.

Kekurangan diet sirtuin

Makanan yang mengandung sirtuin hampir semuanya merupakan pilihan sehat dan dapat memberikan manfaat kesehatan karena sifat antioksidan atau anti inflamasinya. Tetapi, mengkonsumsi sedikit makanan sehat saja tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Dengan melakukan diet sirtuin yang terlalu membatasi kalori yaitu hanya 1000 kalori setiap hari, merupakan hal yang cukup berlebihan bagi banyak orang. 

Selain itu, diet ini juga mewajibkan minum hingga tiga gelas jus hijau per hari. Walaupun jus menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik, namun meminum jus secara rutin juga merupakan sumber gula dan hampir tidak mengandung serat seperti buah dan sayuran utuh. 

Kebiasaan minum jus sepanjang hari juga merupakan ide yang buruk bagi  gula darah dan gigi. Ditambah lagi dengan pola makan yang sangat terbatas kalori  dan pilihan makanannya di fase pertama, sangat memungkinkan tubuh mengalami kekurangan protein, vitamin dan mineral.

Biaya awal dari diet ini yang terbilang cukup tinggi karena harus membeli bahan-bahan untuk jus, buku-buku dan bahan-bahan tertentu yang terbilang langka dan mahal. Waktu untuk menyiapkan makanan diet ini yang juga cukup lama membuat pola makan ini menjadi tidak layak dan tidak berkelanjutan bagi banyak orang.

________________________ 

Referensi :

HealthLine. https://www.healthline.com/nutrition/sirtfood-diet

TheSirtfoodDiet. http://www.thesirtfooddiet.com/about/

TheSirtfoodDiet.. http://www.thesirtfooddiet.com/recipes/sirtfood-salad/

https://www.healthline.com/nutrition/sirtfood-diet#

Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com