Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Ingin Tahu Sebab Klitoris Super Sensitif?

Artikel dipublikasikan : 1 April 2024 13:50
Dibaca : 46 kali

Penelitian mengenai organ vital wanita menemukan fakta mengejutkan tentang jumlah saraf yang ada di klitoris.

Misteri cara kerja klitoris terpecahkan. Sekelompok tim peneliti telah merilis penemuan terbaru tentang organ pemberi kenikmatan seksual ini.

Ternyata, mereka mengklaim berhasil menemukan bahwa klitoris punya 10.000 serabut saraf. Itulah sebab pantas, dinilai super sensitif.

Klitoris sering disebut sebagai kunci kenikmatan seksual wanita. Peneliti juga setuju sehingga bertekad mencari tahu cara kerjanya. Dan penelitian ini berhasil.

Peneliti menyebutkan temuan ini setelah mereka melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya, yaitu benar-benar menghitung serat.

"Sebelumnya, sudah diterima secara luas bahwa klitoris mengandung sekitar 8.000 serabut saraf , namun asal muasal jumlah ini tidak jelas," kata penulis utama studi Dr. Blair Peters, asisten profesor bedah di Fakultas Kedokteran Universitas Kesehatan dan Sains Oregon (OHSU), kepada Live Science.

“Jumlah 8.000 itu, itu pun bukan karya ilmiah sebenarnya,” ujarnya.

Nomor tersebut berasal dari baris dalam buku berjudul "The Clitoris" (Warren H. Green, Inc., 1976) oleh dokter Dr. Thomas P. Lowry dan istrinya Thea Snyder Lowry, di mana penulis secara singkat menyebutkan sebuah penelitian klitoris sapi dan memperluas temuannya kepada manusia.

Rachel Rubin, asisten profesor klinis urologi di Universitas Georgetown dan ahli urologi dan spesialis kedokteran seksual di sebuah praktik swasta di wilayah DC, mengatakan kepada Live Science. Statistik yang berasal dari sapi telah dikutip berkali-kali tanpa diperiksa faktanya, hingga saat ini.

Para peneliti OHSU memperoleh sampel jaringan klitoris dari tujuh relawan trans-maskulin yang menjalani prosedur bedah penegasan gender yang dikenal sebagai phalloplasty.

Selama phalloplasty, ahli bedah menggunakan jaringan yang diambil dari klitoris dan bagian tubuh lainnya untuk membuat penis yang berfungsi.

Para peneliti mengamati separuh saraf punggung, memperbesarnya 1.000 kali di bawah mikroskop, dan menggunakan perangkat lunak analisis gambar untuk menghitung serabut saraf individu.

Dalam penelitiannya, Peters dan rekannya meneliti dua saraf punggung klitoris, yaitu kumpulan serabut saraf padat yang menyampaikan sinyal sensorik dari klitoris ke otak. Saraf ini berjalan di kedua sisi batang klitoris dan menyampaikan informasi tentang sentuhan, tekanan, dan nyeri, sementara saraf lainnya menangani fungsi seperti tonus otot dan aliran darah.

Saraf punggung yang diambil sampelnya masing-masing berisi antara 4.926 dan 5.543 serabut saraf, atau rata-rata 5.140 serabut. Dengan dua saraf punggung per klitoris, itu berarti sekitar 10.280 serabut saraf yang memungkinkan sensasi pada organ penghasil kenikmatan.

Hasil penghitungan jaringan klitoris manusia yang pertama kali diketahui pada konferensi ilmiah yang diselenggarakan oleh Sexual Medicine Society of North America dan International Society for Sexual Medicine pada tanggal 27 Oktober 2022.

Yang luar biasa, kata Peters, adalah 10.000 serat ini semuanya terhubung ke kelenjar klitoris, bagian klitoris yang terlihat dan terletak di tempat bertemunya labia minora (bibir bagian dalam) vulva. Sebagai perbandingan, saraf median, yang melewati pergelangan tangan dan memberikan sensasi ke sebagian besar tangan, mengandung 18 ribu serabut saraf.

Ketika Anda membandingkan luas permukaan kelenjar klitoris dengan luas permukaan tangan, “10 ribu dibandingkan dengan 18 ribu adalah angka yang sangat tinggi,” katanya.

Peters melakukan penelitian ini, sebagian untuk menginformasikan pekerjaannya sebagai ahli bedah plastik dan rekonstruktif yang berspesialisasi dalam operasi penegasan gender, termasuk phalloplasty penegasan gender, atau bedah konstruksi penis dari jaringan lain di tubuh.

Secara umum, disampaikab penelitian mengenai anatomi dasar vulva, termasuk klitoris, juga dapat membantu diagnosis dan pengobatan cedera saraf serta membantu ahli bedah menavigasi prosedur di dekat alat kelamin tanpa menyebabkan kerusakan yang tidak disengaja.

"Keajaiban" Lain dari Klitoris

Dilansir dari Yourtango, masih ada hal lain yang menakjubkan dari Klitoris, yaitu:

  1. Panjang klitoris sekitar tiga hingga lima inci

“Kitoris, bukan kepalanya yang hanya seukuran kacang dan bersembunyi di bawah kulit penutupnya. Namun sebenarnya, di bawah kulit penutup tersebut, panjang klitoris kita sekitar tiga hingga lima inci, serta memiliki batang sepanjang kanal vagina,” ujar seorang pendidik seks, Sadie Allison, Ph.D.

  1. Wanita juga bisa tegang

Sama seperti penis, klitoris juga bisa menegang seperti penis pria, hanya saja mereka berukuran lebih kecil.

  1. Penutup klitoris berfungsi untuk melindungi

Penutup klitoris yang mirip seperti kulup pada penis, berfungsi untuk menjaga semua jaringan-jaringan sensitif di klitoris agar terhindar dari iritasi.

  1. Klitoris membuat Anda mampu mencapai orgasme ganda (multiple orgasms)

“Tidak seperti penis pria, klitoris Anda dapat mempertahankan sebagian besar suplai darahnya setelah mencapai orgasme,” ujarnya.

  1. Ukuran klitoris setiap wanita berbeda-beda

“Ukuran klitoris bervariasi pada setiap wanita. Saya sudah menjadi seorang obgyn selama 39 tahun, dan semua (klitoris) yang pernah saya lihat adalah normal,” ujar seorang profesor klinis kebidanandan ginekologi di Yale School of Medicine, Mary Jane Minkin, M.D.

  1. Klitoris memiliki warna yang berbeda-beda

“Semua bagian dari klitoris, mulai dari penutup kulit hingga ke kepalanya, dapat memiliki warna yang bervariasi pada setiap wanita. Ada yang berwarna pink terang semuanya, sampai ke warna yang hampir hitam dan ada warna pink diantaranya,” ujar Allison.

  1. Klitoris Anda terus tumbuh

“Pada saat menginjak menopasue, klitoris Anda bisa berukuran hingga 2,5 kali lebih besar dibanding ketika Anda masih remaja,” ujar Allison.

Namun menurutnya, bukan berarti jika usia bertambah, klitoris Anda juga berkurang kinerjanya, ”saya sudah berbicara dengan beberapa wanita di usia 90 tahunan yang masih bisa mendapatkan orgasme yang dahsyat. Jadi, klitoris Anda dapat berfungsi selamanya,” pungkasnya.

  1. Klitoris pun membutuhkan latihan

Seperti bagian tubuh yang lain, klitoris harus dirangsang dengan cara menciptakan aliran darah masuk dan keluar untuk tetap sehat. Kurangnya aliran darah ke klitoris berpotensi menyebabkan atrofi klitoris. Ini adalah kondisi medis yang sangat langka, di mana klitoris menarik diri ke dalam tubuh dan mencakup kepala klitoris dan porosnya.

Meski super langka, tetapi darah tetap memompa untuk seks, masturbasi, gairah, dan orgasme. Karena itu berolahragalah agar tetap sehat.

  1. Beri makanan sehat

Konsumsi air putih Dan makanan sehat akan terus membuat miss V anda hepi. Kombinasikan air putih dengan mengonsumsi apel, alpukat, biji Rami, telur, minuman probiotik, cabai, bawang putih. Semua itu bertujuan melumaskan alat vital termasuk sarafnya.

 

_______________________________

Referensi : 

Live Science (2022), In a 1st, scientists counted all 10,000 nerve fibers in the human clitoris. 

Medical News Today (2022), Why is the clit so sensitive? Thanks to over 10,000 nerves, first real count finds. 

Cleveland Clinic (2022), 9 Tips To Keep Your Vagina and Vulva Healthy. 

Orlando Health Meet Your Clitoris (diakses 2024). Everything You Need To Know.

Your Tango (2017), 5 Craaaazy Things You NEVER Knew About Your Clitoris.

Bedsider (2022), Foods that make your vagina happy and healthy (yes, really).

 

Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com