Difteri: Tanda & Gejala, Pengobatan & Pencegahan

Artikel dipublikasikan : 18 Maret 2023 11:17

Foto : Freepik

Setelah rangkaian vaksinasi awal di masa kanak-kanak, orang dewasa perlu vaksin booster  difteri untuk menjaga kekebalan tubuh. Sebab, kekebalan terhadap difteri memudar seiring berjalannya waktu.

Mengapa kita perlu menaruh perhatian pada difteri? Tak lain karena difteri adalah infeksi bakteri serius yang pada umumnya menyerang selaput lendir hidung dan tenggorokan serta dapat menular ke orang lain. Pada stadium lanjut, difteri dapat merusak jantung, ginjal, dan sistem saraf. Bahkan, difteri bisa mematikan, terutama pada anak-anak.

Apa itu difteri ?

Difteri adalah infeksi serius yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae yang menghasilkan racun. Bakteri ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas, masalah pada irama jantung, dan bahkan kematian.

Gejala

Tanda dan gejala difteri biasanya dimulai 2 hingga 5 hari setelah seseorang terinfeksi. Tanda dan gejala yang dialami meliputi :

• adanya selaput abu-abu tebal yang menutupi tenggorokan dan amandel

• sakit tenggorokan dan suara serak

• pembengkakan kelenjar (pembesaran kelenjar getah bening) di leher

• kesulitan bernapas atau pernapasan cepat

• cairan hidung

• demam dan menggigil

• kelelahan

Pada beberapa orang, infeksi bakteri penyebab difteri hanya menyebabkan penyakit ringan – atau tidak ada tanda dan gejala yang jelas sama sekali. Orang yang terinfeksi dan tidak menyadari penyakitnya disebut sebagai pembawa difteri (carriers). Mereka dapat menyebarkan infeksi tanpa menjadi sakit.

Difteri pernapasan

Bakteri paling sering menginfeksi sistem pernapasan. Ketika bakteri masuk dan menempel pada lapisan sistem pernapasan, kondisi ini dapat menyebabkan:

• lesu

• sakit tenggorokan

• demam ringan

• pembengkakan kelenjar di leher

Bakteri ini membuat racun yang membunuh jaringan sehat di sistem pernapasan. Dalam dua hingga tiga hari, jaringan akan mati dan membentuk lapisan abu-abu tebal yang dapat menumpuk di tenggorokan atau hidung.

Pakar medis menyebut lapisan abu-abu yang tebal ini sebagai "pseudomembran". Selaput ini dapat menutupi jaringan di hidung, amandel, kotak suara, dan tenggorokan, sehingga sangat sulit untuk bernapas dan menelan.

Jika toksin sampai masuk ke aliran darah maka dapat menyebabkan kerusakan jantung, saraf, dan ginjal.

Difteri kulit (kutan)

Jenis kedua dari difteri adalah bakteri yang menyerang kulit, menyebabkan rasa sakit, kemerahan, dan bengkak yang serupa dengan infeksi bakteri kulit lainnya. Bisul yang ditutupi oleh selaput abu-abu juga bisa menjadi tanda difteri kulit. Namun, infeksi kulit difteri jarang mengakibatkan penyakit yang parah.

Penyebab

Penyebab difteri adalah bakteri  Corynebacterium diphtheriae yang menghasilkan racun. Racun itulah yang dapat menyebabkan orang menjadi sangat sakit.

Bakteri biasanya berkembang biak pada permukaan tenggorokan atau kulit dan menyebar melalui:

1. Tetesan udara

Saat orang yang terinfeksi mengalami bersin atau batuk, dia akan mengeluarkan kabut tetesan yang terkontaminasi sehingga orang-orang yang berada di dekatnya dapat tertular bakteri difteri. Difteri mudah menyebar dengan cara ini, terutama di dalam keramaian.

1. Barang-barang pribadi atau rumah tangga yang terkontaminasi

Difteri juga dapat menular melalui  barang-barang orang yang terinfeksi, seperti tisu bekas atau handuk tangan, yang mungkin terkontaminasi bakteri.

1. Menyentuh luka orang yang terinfeksi juga dapat mentransfer bakteri penyebab difteri.

Orang yang telah terinfeksi oleh bakteri difteri dan belum diobati dapat menularkan kepada orang yang belum mendapatkan vaksin difteri – bahkan jika mereka tidak menunjukkan gejala apapun.

Diagnosis

Diagnosis dan pengobatan tergantung pada jenis difteri yang dimiliki seseorang. Dokter biasanya memutuskan apakah seseorang menderita difteri dengan mencari tanda dan gejala umum. Mereka dapat mengusap bagian belakang tenggorokan atau hidung dan menguji bakteri penyebab difteri.

Dokter juga dapat mengambil sampel dari luka terbuka atau bisul dan mencoba menumbuhkan bakteri. Jika bakteri berkembang biak dan membuat toksin difteri, dokter dapat memastikan pasien terkena difteri.

Namun, butuh waktu untuk menumbuhkan bakteri, jadi penting untuk segera memulai pengobatan jika dokter mencurigai adanya difteri pernapasan.

Pengobatan

Pengobatan difteri meliputi:

• Penggunaan antitoksin difteri untuk menghentikan racun bakteri yang merusak tubuh. Perawatan ini sangat penting untuk infeksi difteri pernapasan, tetapi jarang digunakan untuk infeksi kulit difteri.

• Menggunakan antibiotik untuk membunuh dan menyingkirkan bakteri. Ini penting untuk infeksi difteri pada sistem pernapasan dan pada kulit serta bagian tubuh lainnya (misalnya mata, darah).

Penderita difteri biasanya tidak lagi dapat menulari orang lain 48 jam setelah mereka mulai minum antibiotik.

Namun, penting untuk menyelesaikan penggunaan antibiotik secara lengkap untuk memastikan bakteri benar-benar dikeluarkan dari tubuh. Setelah pasien menyelesaikan pengobatan lengkap, dokter akan melakukan tes untuk memastikan bakteri tidak lagi berada di tubuh pasien.

Pencegahan

Sebelum antibiotik tersedia, difteri adalah penyakit umum pada anak kecil. Saat ini, penyakit ini tidak hanya dapat diobati tetapi juga dapat dicegah dengan vaksin.

Vaksinasi

Vaksin difteri biasanya dikombinasikan dengan vaksin tetanus dan batuk rejan (pertussis). Vaksin 3 in 1 ini dikenal sebagai vaksin difteri, tetanus, dan pertussis. Versi terbaru vaksin ini dikenal dengan vaksin DTaP untuk anak-anak dan vaksin Tdap untuk remaja dan dewasa.

Vaksin difteri, tetanus, dan pertusis adalah salah satu vaksinasi masa kanak-kanak yang direkomendasikan oleh dokter di Amerika Serikat selama masa bayi. Vaksinasi ini terdiri dari serangkaian lima suntikan, biasanya diberikan di lengan atau paha, diberikan kepada anak-anak pada usia berikut:

• 2 bulan

• 4 bulan

• 6 bulan

• 15 sampai 18 bulan

• 4 sampai 6 tahun

Vaksin difteri efektif untuk mencegah difteri. Tetapi mungkin ada beberapa efek samping. Beberapa anak mungkin mengalami demam ringan, rewel, mengantuk, atau nyeri di tempat suntikan setelah suntikan DTaP.

Dalam kasus yang jarang terjadi, vaksin DTaP menyebabkan komplikasi serius namun dapat diobati pada anak, seperti reaksi alergi (gatal-gatal atau ruam berkembang dalam beberapa menit setelah penyuntikan).

Beberapa anak — seperti mereka yang menderita epilepsi atau kondisi sistem saraf lainnya — mungkin tidak bisa mendapatkan vaksin DTaP.

Vaksin penguat

Setelah rangkaian vaksinasi awal di masa kanak-kanak, Anda memerlukan suntikan penguat vaksin difteri untuk membantu Anda menjaga kekebalan tubuh. Itu karena kekebalan terhadap difteri memudar seiring berjalannya waktu.

Anak-anak yang menerima semua vaksinasi yang direkomendasikan sebelum usia 7 tahun harus menerima suntikan booster pertama mereka sekitar usia 11 atau 12 tahun. Suntikan booster berikutnya direkomendasikan 10 tahun kemudian, kemudian diulangi dengan interval 10 tahun. Tembakan penguat sangat penting jika Anda bepergian ke daerah di mana difteri biasa terjadi.

Penguat diberikan sebagai vaksin Tdap atau sebagai penguat difteri yang dikombinasikan dengan penguat tetanus — vaksin tetanus-difteri (Td). Vaksin kombinasi ini diberikan melalui suntikan, biasanya ke lengan atau paha.

Tdap adalah vaksin alternatif untuk remaja usia 11 hingga 18 tahun dan orang dewasa yang sebelumnya belum pernah mendapatkan penguat Tdap. Ini juga dianjurkan sekali selama kehamilan, terlepas dari vaksinasi sebelumnya.

Konsultasikan dengan dokter Anda tentang vaksin booster jika Anda tidak yakin dengan status vaksinasi Anda. Vaksin Tdap juga dapat direkomendasikan sebagai bagian dari seri Td untuk anak usia 7 hingga 10 tahun yang tidak mengikuti jadwal vaksin terbaru.

Antibiotik dan tindakan pencegahan lainnya

Disarankan agar semua kontak dekat dengan penderita difteri perlu menerima antibiotik untuk mencegah diri mereka sakit. Para ahli menyebut pencegahan ini prophylaxis.

Selain mendapatkan antibiotik, kontak dekat dengan penderita difteri juga harus :

• Dipantau untuk kemungkinan penyakit selama 7 hingga 10 hari sejak terakhir kali terpapar

• Diuji untuk difteri dengan sampel yang dikumpulkan dari hidung dan tenggorokan

• Diberi suntikan penguat difteri jika mereka tidak up to date dengan vaksinnya.

Pada setiap kasus difteri, semua kontak dekat pasien harus diidentifikasi dan dipastikan mereka mendapatkan tindakan pencegahan yang tepat.

Komplikasi

Komplikasi dari difteri pernapasan dapat meliputi penyumbatan jalan napas, miokarditis atau kerusakan pada otot jantung, polineuropati atau kerusakan saraf, dan gagal ginjal

Bagi sebagian orang, difteri pernapasan dapat menyebabkan kematian. Bahkan dengan pengobatan, sekitar 1 dari 10 pasien dengan difteri pernafasan meninggal. Tanpa pengobatan, setengah dari pasien bisa meninggal akibat penyakit ini.

__________________

Center for Disease Control and Prevention (CDC), Diphtheria: Causes & How It Spreads, Signs & Symptoms, Diagnosis, Treatment, & Complications, Prevention. (diakses pada 2023)

Mayo Clinic (2022), Diphtheria: Symptoms & Causes, Diagnosis & Treatment.

Barroso LF, et al. Epidemiology and pathophysiology of diphtheria. https://www.uptodate/com/search (diakses pada 2023).

Tdap (tetanus, diphtheria, pertussis) vaccine information statement. Centers for Disease Control and Prevention. http://www.cdc.gov/vaccines/hcp/vis/vis-statements/tdap.html

(diakses pada 2023).

Kim DK, et al. Recommended adult immunization schedule, United States, 2019. Annals of Internal Medicine. 2019; doi:10.7326/M18-3600.

Mayo Clinic (2021), AskMayoExpert. Tetanus, diphtheria, and pertussis (Tdap) vaccination.