Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Kulit Sehat Berkat Herbal Adaptogenic

Artikel dipublikasikan : 30 Mei 2024 09:30
Dibaca : 71 kali

Pemakaian herbal alami yang mengandung adaptogenic selain memberi manfaat bagi kesehatan tubuh, juga baik untuk perawatan kecantikan kulit dan perawatan rambut. Fungsi adaptogen membantu melindungi kulit dari pemicu stres lingkungan.

Adaptogen dikenali sebagai zat adaptogenic, adalah bahan nabati yang membantu sel beradaptasi dan mengatur respons seluler, reaksi terhadap stres, pemicu hormonal, dan fungsi adrenal.

Biasanya adaptogenic ditemui pada tumbuhan, akar, dan zat tumbuhan, yang digunakan dalam praktik pengobatan herbal. Misalnya pada American Ginseng, Ashwagandha, Goji Berry, Licorice Root, Tulsi, Kunyit, dan masih banyak lagi.

Adaptogen sendiri merupakan bahan herbal yang sudah digunakan oleh masyarakat Tiongkok sejak berabad-abad yang lalu.

Adaptogen dipercaya dapat membantu melawan efek berbahaya dari stres yang dapat menyebabkan perubahan fisik yang signifikan pada manusia. Adaptogen berkhasiat karena memiliki sifaf stimulan melawan stres secara keseluruhan.

Awalnya, adaptogen tidak secara spesifik ditargetkan pada respon kulit, namun 
ketika para ahli telah mempelajari lebih lanjut tentang ritme sirkadian dan opsin kulit, maka peneliti sepakat terdapat pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya adaptogen dalam membantu mengatur respons kulit dan tanda-tanda penuaan yang terlihat.

Ritme sirkadian adalah pola alamiah tubuh manusia yang berulang setiap 24 jam, yang mempengaruhi suasana hati, energi, dan fungsi tubuh. Ritme ini mempengaruhi banyak proses tubuh, termasuk tidur dan bangun, produksi hormon, dan kinerja mental dan fisik.

Sedangkan opsin adalah protein transmembran yang sensitif terhadap cahaya, yang terikat pada aldehida vitamin A.

“Kami sekarang tahu bahwa mereka mampu berkomunikasi dan mengarahkan sel untuk meningkatkan perhatian guna mengurangi gangguan yang disebabkan oleh stres dan mengurangi respons hormonal untuk kesehatan, kebugaran, dan antipenuaan kulit kita,” kata
dokter kulit bersertifikat Ava Shamban, MD, dikutip dari Popsugar.

Kandungan adaptogen mampu beradaptasi dengan perubahan negatif pada kulit akibat stres, sehingga bisa melindungi dan merawat kulit dari kerusakan. Selain akibat stres, kurang konsumsi makanan sehat, kerusakan kulit dapat timbul akibat terkena paparan sinar matahari, polusi, dan sinar UV.  

Jenis Tumbuhan Adaptogen untuk Kulit dan Rambut

Peningkatan hormon kortisol dapat memicu reaksi inflamasi yang mengakibatkan tumbuhnya jerawat, kusam, peradangan, dan berkurangnya fungsi pelindung alami kulit hingga mempercepat proses penuaan dini.

Skincare dari herbal adaptogen dapat membantu menolong kerusakan kulit itu. Namun tidak semua tanaman bersifat adaptogen. Untuk dapat digolongkan sebagai satu kesatuan, tumbuhan harus mampu menopang tubuh dalam melawan tekanan fisik, biologis, dan kimia tanpa menimbulkan bahaya. 

Adaptogen yang paling tren digunakan, antara lain:

1. Jamur Reishi

Jamur reishi memiliki sifat-sifat ini serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bahan ini sering dimanfaatkan untuk memicu proses detoksifikasi, melembutkan kulit, dan memberikan perlindungan optimal buat kulit.

Khasiat-khasiat tersebut juga sudah teruji efektifitasnya. Apalagi kalau mengingat Jamur Reishi mengandung sifat anti-alergi yang mampu meredakan reaksi alergi di kulit.

2. Cordyceps

Cordyceps adalah sejenis jamur yang tumbuh di pegunungan Himalaya dan dataran tinggi Tibet. Jamur ini dikaitkan dengan sifat anti-penuaan dan memiliki aktivitas antioksidan yang sangat tinggi. 

Reishi dan Cordyceps sama-sama memiliki efek anti-inflamasi yang kuat pada semua jaringan, termasuk kulit, mengurangi efek peradangan kulit, serta melindungi kulit dari tanda-tanda kerusakan akibat radikal bebas. 

3. Ginseng Merah 

Ginseng merah terbukti secara klinis mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit Dan memiliki sifat anti-aging yang sangat efektif untuk mencegah tanda-tanda penuaan kulit.

Ginseng juga meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Ginseng juga dapat meningkatkan jumlah folikel rambut sehingga menghasilkan rambut yang lebih tebal dan penuh.

4. Ginseng Siberia 
 
Ginseng Siberia mengandung berbagai senyawa antioksidan yang sangat tinggi, sehingga efektif untuk melawan tanda-tanda penuaan pada kulit. 

Di samping itu, zat ini juga bisa melindungi kulit dari dampak negatif radikal bebas yang menjadi penyebab masalah kulit lainnya. Dengan kadar antioksidannya yang tinggi, Ginseng Siberia tidak hanya melindungi kulit dari gejala penuaan, tetapi juga mampu mencegah kulit dari efek samping radikal bebas.

5. Passion Flower

Bahan-bahan alami yang mengandung zat adaptogen, seperti Passion Flower, juga menjadi perhatian khusus di industri perawatan kulit.

Passion Flower, terkenal dengan sifat menenangkannya. Tanaman merambat ini berasal dari Amerika Serikat bagian tenggara serta Amerika Tengah dan Selatan. 

Passion Flowers menjadi elemen khusus dalam praktik perawatan kulit selama berabad-abad. Formulasi produk perawatan kulit yang mengandung adaptogen juga mampu merawat kulit melalui sifat anti-bakterinya. 

Mengandung zat aktif yang bisa berperan sebagai penyembuh luka, bahkan mampu mencegah timbulnya garis-garis halus dan kerutan di kulit. 

6. Holy Basil 

Tanaman ini punya sebutan lain seperti Ruku-ruku atau Tulsi. Sejarah mencatat kalau Holy Basil kerap dipakai dalam berbagai ramuan pengobatan Ayurveda. Di mana bahan ini sering dipakai sebagai tonik yang bisa meningkatkan kesehatan kulit. 

Menariknya, Holy Basil juga mampu meredakan stres dan rasa cemas yang kamu alami. Makanya, bahan ini bisa menjadi solusi formulasi yang  menenangkan dan kaya akan antioksidan, sehingga efektif untuk mengatasi dampak stres di kulit. 

7. Cherimoya

Buah Cherimoya, yang merupakan saudara dari buah srikaya. Buah asli berasal dari lembah Pengunungan Andes di Peru ini memiliki berbagai macam manfaat sehingga buah ini dijuluki sebagai “Pearl of the Andes”.

Berdasarkan uji klinis yang dilakukan Chemisches Laboratorium di Jerman Cherimoya bersifat adaptogen dan mengandung vitamin C untuk menangkal radikal bebas. 

Dilansir dari jurnal Clinical, cosmetic and investigational dermatology, Cherimoya dapat mengurangi frekuensi terjadinya gatal-gatal, dikarenakan kandungan dari buah ini dapat mendukung kulit untuk beradaptasi dengan perubahan negatif dengan mengatur peradangan kulit.

8. Ashwagandha 

Ashwangandha dalam manfaatnya sebagai pereda stres, sebenarnya memiliki kandungan berkhasiat lainnya termasuk memperkuat rambut karena mengandung antioksidan dan asam amino. 

Selain itu, tanaman Ginseng India ini dapat mengurangi iritasi kulit kepala dan membantu psoriasis, ketombe, serta kulit kepala gatal. 

Cara menggunakan ashwagandha untuk rambut, bisa dioleskan namun secara tradisional dikonsumsi dalam bentuk bubuk atau kapsul.

9. Daun Pegagan

Daun Pegagan membantu menjaga kesehatan kulit dan anti penuaan. Dapat menghaluskan lapisan kulit, mengobati luka bakar dan meminimalkan jaringan parut.

Manfaat Pegagan juga membantu melembabkan kulit kering maupun iritasi, karena mengandung bahan aktif kosmetik berupa senyawa madekasosida. Selain itu merangsang keratinisasi proses integral pertumbuhan kuku dan rambut. Serta perbaikan epidermal lapisan terluar kulit.

Seiring dengan bertambahnya pengetahuan  bahan-bahan perawatan kulit dan efeknya, formula yang secara strategis memadukan bahan-bahan adaptogenik dengan bahan-bahan perawatan kulit aktif yang telah teruji kini semakin meningkat untuk memenuhi permintaan konsumen. 

Beberapa merek kecantikan alami dan bersih menggabungkan jamur kaya antioksidan seperti reishi dan tremella dengan bahan alami multifungsi seperti bakuchiol dalam minyak wajah dan serum.

Sifat adaptogen yang menenangkan digunakan untuk mengimbangi potensi iritasi atau kekeringan yang mungkin timbul akibat penggunaan bahan aktif yang lebih kuat. Hal ini menciptakan formula yang memberikan hasil sekaligus memperbaiki dan lembut untuk semua jenis kulit.

_____________________________

Referensi:

https://reads.alibaba.com/id/the-growing-appeal-of-adaptogens-in-beauty/

https://www.jamudigital.com/berita?id=Beragam_Herbal_Dengan_Kandungan_Adaptogen

https://www.google.com/amp/s/www.popsugar.com/amphtml/beauty/adaptogens-skin-care-49336365

https://www.harpersbazaar.com/uk/beauty/skincare/a41546254/adaptogens-beauty/

https://moonjuice.com/blogs/tips-and-tricks/herbs-for-hair-growth 

Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com