Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Leher Kanan Sering Pegal, Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Artikel dipublikasikan : 21 Juli 2023 19:50
Dibaca : 12018 kali

Leher adalah bagian penting dari tubuh manusia, yang terdiri dari tulang belakang, otot, dan jaringan lainnya. Tidak seperti beberapa bagian tubuh penting lainnya, leher tidak ditutupi bagian tubuh lainnya sehingga beresiko cedera. 

Leher juga cenderung tegang karena orang terus-menerus menggerakkannya sepanjang hari. Ada banyak kemungkinan penyebab nyeri di sisi kanan leher. 

Anda mungkin juga dapat mengalami rasa sakit di area yang terhubung seperti bahu. Penyebabnya bisa berkisar dari postur tubuh yang buruk hingga penyebab yang lebih serius namun jarang seperti kanker atau infeksi. 

Mungkin juga Anda sering mengalami rasa sakit di area yang terhubung, seperti bahu, punggung, rahang, dan kepala.

Penyebab nyeri leher bagian kanan

Berikut ini beberapa  penyebab umum nyeri di sisi kanan leher, serta pilihan pengobatan dan kapan harus menemui dokter.

  1. Ketegangan otot

Anda mungkin sering merasa bahwa leher Anda sakit setelah menggunakan komputer atau smartphone untuk waktu yang lama. Anda juga mungkin mengalami nyeri di leher setelah berkendara jarak jauh atau melakukan pekerjaan atau hobi yang membutuhkan pergerakan kepala untuk waktu yang lama.

Tindakan ini dapat menyebabkan otot-otot di leher Anda melemah. Jika otot leher Anda lemah, sendi leher Anda mungkin menjadi kaku dan Anda menjadi kesulitan menggerakkan leher. Sendi leher yang kaku dapat mengenai saraf atau otot saat berputar, mengakibatkan rasa sakit.

  1. Posisi tidur yang buruk

Leher Anda mungkin terasa sakit setelah tidur dalam posisi yang tidak biasa. Anda mungkin lebih berpotensi mengalami sakit leher jika tidur tengkurap. Tidur dengan terlalu banyak bantal juga bisa menyebabkan sakit leher karena kepala dan leher Anda tidak sejajar dengan bagian tubuh lainnya.

Selain itu, jika kasur Anda mungkin terlalu empuk jugq bisa menyebabkan kesejajaran antara kepala dan leher Anda tidak seimbang dibandingkan bagian tubuh lainnya.

  1. Kecemasan atau stres

Mengalami kecemasan atau stres dapat menyebabkan otot Anda menegang. Anda mungkin merasakan ini terutama di sekitar leher dan bahu Anda. Stres dapat menyebabkan otot menegang. Orang sering berbicara tentang menahan ketegangan di leher dan punggung mereka, dan mereka mungkin merasakan sakit akibat ketegangan yang berlebihan.

  1. Tortikolis akut atau onset tiba-tiba

Tortikolis adalah kondisi medis di mana kepala menjadi bengkok ke satu sisi. Akan sangat menyakitkan untuk mencoba meluruskan kepala. Penyebab tortikolis belum diketahui secara pasti.

Dokter menduga bahwa sebagian besar kasus disebabkan oleh keseleo ligamen atau otot ringan di leher, meskipun leher yang terpapar suhu dingin dalam waktu lama juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Tortikolis sering terjadi dalam semalam, artinya seseorang tidak akan mengalami gejala saat tidur tetapi ketika bangun mungkin Anda tidak dapat menggerakkan leher. Dalam kebanyakan kasus, rasa sakit akan mereda setelah beberapa hari dan gerakan leher akan kembali normal. Terkadang tortikolis jugq merupakan gejala dari masalah kesehatan yang lebih parah. Beberapa penyebab potensial tortikolis termasuk tumor, infeksi, dan efek samping dari minum obat.

  1. Radikulopati serviks

Radikulopati serviks, yang sering disebut orang sebagai saraf terjepit, terjadi ketika iritasi saraf yang berasal dari sumsum tulang belakang di leher menyebabkan nyeri menjalar ke lengan.

Meskipun hal ini dapat menyebabkan nyeri pada leher, gejala utamanya meliputi:

  • mati rasa di lengan

  • rasa seperti tertusuk jarum di lengan

  • rasa sakit atau kelemahan di bagian lengan

Dua penyebab paling umum dari radikulopati serviks adalah spondylosis serviks , atau artritis leher, dan prolaps diskus.

  1. Whiplash atau sentakan tiba-tiba pada leher

Whiplash menggambarkan cedera pada leher di mana kepala tersentak ke depan dan kemudian kembali ke tempatnya dengan sangat cepat. Gerakannya menyerupai cambuk. Orang cenderung menganggap whiplash terkait dengan kecelakaan kendaraan, tetapi ini juga bisa terjadi akibat aktivitas olahraga yang berat dan gerakan tiba-tiba lainnya.

Bagaimana cara mengobati nyeri leher bagian kanan ?

Nyeri leher ringan hingga sedang seringkali akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari atau minggu. Berikut merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Perawatan berbasis rumah

Beberapa perawatan rumahan dapat membantu menyembuhkan nyeri leher seiring berjalannya waktu. Anda dapat mencoba:

  • minum obat anti inflamasi yang dijual bebas

  • Kompres area yang cedera dengan air panas ke leher atau mandi air hangat

  • menggerakkan leher dengan lembut dari sisi ke sisi

  • regangkan otot Anda dengan lembut

  • tetap aktif bergerak meskipun sakit

  • meminta seseorang untuk memijat area tersebut

  • berlatih postur tubuh yang benar

  • menemukan cara ergonomis untuk bekerja di depan komputer atau untuk tugas intensif lainnya

  • tidur hanya dengan satu bantal di kasur yang keras

  • mengurangi stres dengan metode relaksasi seperti yoga atau meditasi

Kapan harus menemui dokter

Biasanya tidak perlu menemui dokter untuk nyeri atau ketidaknyamanan ringan atau sedang.  Mengambil obat OTC dan bergerak dengan lembut sepanjang hari akan membantu meminimalkan rasa sakit. 

Namun, jika rasa sakitnya parah secara terus-menerus atau ada gejala tambahan, disarankan untuk mencari nasihat medis. Nyeri leher yang tidak hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari atau minggu sebaiknya ditangani oleh dokter.  

Seorang dokter dapat membantu Anda untuk menentukan ada atau tidaknya cedera yang lebih parah atau kondisi lain yang memerlukan perawatan berkelanjutan. Mereka juga dapat meresepkan perawatan yang lebih kuat untuk mengurangi rasa sakitnya.

Tindakan pertama dokter Anda adalah melakukan pemeriksaan fisik dan mengambil riwayat kesehatan. Anda mungkin juga memerlukan pengujian lain untuk mendiagnosis kondisi tersebut.

Tes yang dapat membantu diagnosis meliputi MRI, myelografi, CT scan, dan studi elektrodiagnostik.

Perawatan untuk nyeri leher yang dipandu oleh dokter Anda mungkin termasuk :

  • resep obat pereda nyeri

  • obat suntik seperti kortikosteroid yang dioleskan langsung ke lokasi nyeri leher

  • pelemas otot

  • terapi fisik

  • operasi

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengatasi nyeri leher yang parah atau kronis. Dokter Anda mungkin merekomendasikan perawatan rumahan bersama dengan intervensi medis lainnya untuk meredakan gejala Anda.

Kesimpulan 

Nyeri di sisi kanan leher jarang menjadi perhatian.  Sebagian besar penyebab nyeri ini tidak berbahaya dan dapat diobati dengan pengobatan rumahan. Jika gejalanya menetap atau parah, seseorang harus mencari pertolongan medis sesegera mungkin.  Sebagian besar kasus nyeri leher akan sembuh dalam 1-2 minggu.

_____________________________ 

Referensi :

Abramowski A, et al. (2022). Neonatal hypoglycemia.

ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK537105/

Brachial plexus injury. (n.d.)

http://www.assh.org/handcare/hand-arm-injuries/Brachial

Edwards T, et al. (2021). Clinical aspects of neonatal hypoglycemia: A mini review.frontiersin.org/articles/10.3389/fped.2020.562251/full

Newson, L. (2016, August 11). Neck pain.https://patient.info/health/neck-pain

Newson, L. (2016, July 3)

https://patient.info/health/neck-pain/torticollis-twisted-neck

Sharma A, et al. (2017). Hypoglycemia in the preterm neonate: Etiopathogenesis, diagnosis, management and long-term outcomes.

ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5682372/

Tidy, C. (2016, June 20). Whiplash neck sprain

https://patient.info/health/neck-pain/whiplash-neck-sprain

 
Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com