Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Manfaat Minyak Tawon, Si Minyak Ajaib

Artikel dipublikasikan : 12 November 2021 06:54
Dibaca : 3041 kali

 

Pernah mendengar tentang minyak tawon? Minyak tawon dikenal sebagai salah satu minyak esensial asli Indonesia. Karena manfaat minyak tawon yang sangat banyak, maka minyak ini menjadi cukup populer.

Penulis :  Sholahudin Achmad 

Essential oil atau minyak esensial merupakan  jenis minyak alami yang sering digunakan sepanjang sejarah, sebagai obat dan juga terapi kesehatan. Umumnya, minyak ini digunakan sebagai aromaterapi yang dihirup agar menimbulkan rasa menenangkan.

Selain itu, minyak esensial yang dioleskan di tubuh dipercaya mempunyai banyak manfaat, seperti menghangatkan tubuh, membantu menyembuhkan infeksi bakteri gatal, dan akibat serangan serangga. Minyak esensial juga tidak hanya digunakan untuk meredakan nyeri otot tetapi juga membantu menenangkan tubuh dan pikiran.

Manfaat minyak tawon ini telah membuatnya dipercaya selama bertahun-tahun sebagai salah satu minyak yang sering digunakan sebagai obat gosok.

Minyak tawon adalah sebutan khusus karena minyak ini memiliki simbol gambar tawon pada kemasannya. Meski namanya adalah minyak tawon, nyatanya minyak ini tidak terbuat dari tawon alias lebah. Jenis minyak ini dibuat dari campuran ekstrak minyak kayu putih, minyak kelapa, cengkeh, dan lada. Jadi gak ada kandungan tawonnya sama sekali ya!

Saat mengusap minyak ini pada tubuh, dapat menimbulkan rasa panas pada kulit dan membuat otot menjadi lebih rileks. Selain sebagai minyak pijat, minyak ini juga dipercaya memiliki khasiat yang sangat lengkap dan sangat efektif tanpa efek samping.

Manfaat Minyak Tawon

Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak tawon, yuk kita lihat!

  1. Minyak pijat

Sebelumnya sudah disebutkan diatas mengenai manfaat minyak tawon, yang pertama yaitu dijadikan sebagai minyak pijat (obat gosok) untuk keluhan yang berhubungan dengan nyeri otot dan sendi.

Kamu bisa menggunakan minyak tawon sebagai minyak gosok untuk cedera ringan seperti sakit tangan dan kaki, sakit punggung, dan beberapa bagian sendi lainnya.

Namun harus diingat ya, hindari mengoles minyak tawon pada area kulit yang terluka karena sensasi panasnya dapat menimbulkan perih pada beberapa orang.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

  1. Menghangatkan tubuh

Manfaat minyak tawon berikutnya adalah menghangatkan tubuh agar terhindar dari batuk dan pilek. Sensasi hangat ini didapatkan dari kandungan cajeput oil yang menjadi salah satu campuran dalam minyak tawon. Cajeput oil adalah minyak kayu putih yang berasal dari penyulingan uap (proses ekstraksi) daun segar pohon kayu putih. Cajeput oil mengandung senyawa aktif cineole yang bisa meredakan nyeri. 

Cara penggunaannya cukup mudah, cukup dengan mengoleskan dan menggosokkan minyak ini pada bagian punggung, leher, dan perut.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Jika kamu sering merasa pegal akibat aktivitas tinggi atau olahraga, coba deh oleskan minyak tawon ini pada area yang pegal. Kamu harus tahu bahwa manfaat minyak tawon juga bisa berperan untuk memperlancar sirkulasi darah kita. Makanya minyak ini berguna untuk menghangatkan juga meredakan rasa capek atau pegal-pegal.

  1. Mencegah gigitan nyamuk

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan minyak tawon untuk mencegah gigitan nyamuk. Cukup dengan mengoleskan minyak tawon pada bagian tubuh yang sering digigit nyamuk secara tipis. Nyamuk tidak menyukai aroma minyak tawon yang menyengat dan akan cenderung menjauhi aroma tersebut. Kamu dan keluarga bisa beraktivitas di luar rumah tanpa khawatir digigit nyamuk. Bisa juga di oleskan saat malam hari atau saat pergi ke daerah lembab.

  1. Meredakan sakit kepala

Selain untuk pijat, ternyata manfaat minyak tawon juga bisa meredakan sakit kepala. Bagi kamu yang suka mengalami sakit kepala, pusing atau migrain akibat flu, coba deh oleskan minyak ini di sekitar kepala kamu. Gosokkan minyak hangat ini pada bagian samping kepala secara perlahan disertai pijatan lembut. Lakukan pada malam hari sesaat sebelum tidur, dan rasakan keesokan harinya kepala akan terasa membaik. Jika kamu tidak terlalu menyukai aromanya, segera cuci tangan setelah memakainya ya.

  1. Melegakan pernapasan

Apakah kamu pernah mencium aroma dari minyak tawon? Aromanya sangat khas sekali kan? Nah, aroma inilah yang diyakini dapat membantu melegakan pernapasan kita sehingga lebih lancar. Manfaat minyak tawon ini dapat membantu kita saat sedang mengalami flu atau hidung tersumbat. Minyak kayu putih di dalamnya dapat membuat pernapasan kita lebih rileks, ditambah dengan bau yang khas dari bawang, minyak serai, dan kunyit, akan melancarkan sirkulasi udara di hidung. Oleskan minyak ini di bawah atau sekitar hidung hingga aromanya tercium. Kamu bisa melakukannya secara rutin untuk mendapatkan napas yang lebih lega.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Kelor, Si Superfood

  1. Mengurangi peradangan kulit

Gigitan nyamuk sering kali meninggalkan luka di kulit. Apalagi jika Si Kecil sempat menggaruknya, malah bisa menyebabkan luka meradang. Nah, manfaat minyak tawon selanjutnya selain sebagai minyak pijat yakni bisa menurunkan risiko peradangan di kulit. Hal ini didapatkan dari kandungan ekstrak kunyit yang mengandung senyawa aktif curcumin. Bila kamu mengoleskan minyak tawon pada kulit yang digigit nyamuk, peradangan akan lebih cepat pulih.

  1. Mengempeskan bisul pada kulit

Manfaat minyak tawon selanjutnya adalah kandungan minyak herbal di dalamnya dipercaya bisa meredakan nyeri bisul. Kamu pasti tahu jika rasa nyeri dan ngilu karena bisul kadang membuat kita jadi tidak bisa beraktivitas dengan nyaman.

Minyak sereh yang terkandung didalamnya dipercaya bisa mengatasi infeksi akibat bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini menjadi salah satu penyebab timbulnya bisul pada kulit.

Oleskan tipis-tipis minyak pada area bisul dan tunggu hingga mengering. Kamu bisa melakukan ini pada malam hari sebelum tidur.

  1. Melancarkan BAB

Suka mengalami sembelit atau gangguan pencernaan pada pagi hari? Cobalah untuk mengoleskan minyak tawon di sekitar perut kamu. Manfaat minyak tawon ini dipercaya ampuh dalam mengobati gangguan pencernaan, seperti sakit perut, diare dan sembelit. Rasa hangat yang dihasilkan minyak ini dapat membuat perut lebih nyaman ketika kita sedang BAB. Cukup oleskan minyak tawon pada bagian perut secara perlahan. Kandungan herbal-herbal di dalamnya akan membuat pencernaan terasa lebih baik dan lebih lancar.

  1. Menyamarkan noda hitam dan bekas luka

Nah, manfaat minyak tawon lainnya adalah ia dapat menyamarkan bekas luka pada kulit. Minyak pijat ini mengandung herbal salah satunya minyak kelapa. Minyak kelapa dinilai dapat membantu memudarkan bekas luka dan infeksi. Minyak ini terbukti bisa meningkatkan produksi kolagen di kulit, sehingga proses penyembuhan luka bisa lebih cepat. 

Tak hanya itu, bagi kamu yang memiliki noda hitam, minyak ini dapat membantu menyamarkannya sehingga warna kulit jadi lebih merata. Kamu bisa menambahkan potongan bawang merah pada minyak tawon untuk meningkatkan produksi kolagen di kulit, yang penting untuk proses penyembuhan luka.

Minyak tawon juga mempercepat penyembuhan bengkak dan lebam akibat pukulan atau benturan. Dengan mengoleskan minyak tawon pada bagian yang bengkak dan lebam, minyak tawon dapat mengempiskan dan meredakan lebam yang ada dalam waktu yang relatif singkat dan aman.

Baca Juga: Bukan Mitos, Ini Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Minyak tawon ini menjadi salah satu minyak legendaris di Indonesia, sehingga semua manfaat di atas juga sudah dirasakan oleh banyak orang.

Kamu gak perlu ragu lagi untuk menyediakan minyak ajaib ini di rumah ya. Eh, minyak tawon bagus juga loh untuk dibawa saat kamu travelling, OK!

Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com