Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Manfaat White Noise Untuk Bayi dan Orang Dewasa

Artikel dipublikasikan : 26 Februari 2024 18:41
Dibaca : 72 kali

Ada banyak  suara yang tidak terduga dan dapat dengan mudah mengganggu tidur Anda. Beberapa orang mengalami bahwa suara netral dari white noise dapat meminimalisir gangguan suara tersebut dan membantu mereka untuk tidur lebih nyenyak.

Tetapi,  mungkin hal ini tidak berlaku untuk semua orang. Penelitian sedang dilakukan untuk dapat melihat lebih dekat lagi apa yang membuat white noise berbeda dari jenis noise lainnya, cara menggunakan white noise, dan bagaimana hal itu dapat membantu  untuk tidur.

Apa itu white noise ?

White Noise berkaitan dengan kebisingan yang berisi semua frekuensi di seluruh spektrum suara yang bisa didengar dalam udara yang sama. Terkadang suara ini disebut juga sebagai broadband, karena jenis suara tersebut dapat menjangkau beberapa pita suara.

Orang seringkali menyamakan white noise dengan suara statis yang berasal dari radio atau televisi yang tidak disetel. Penelitian telah dilakukan pada manusia selama bertahun-tahun dan menemukan bahwa efek white noise dapat mengurangi tangisan pada bayi serta meningkatkan performa kerja dan berpotensi membantu melawan gejala gangguan pemusatan perhatian atau hiperaktif.

Penelitian juga masih berlangsung untuk mengetahui bagaimana cara white noise dapat mempengaruhi tidur manusia. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan apakah white noise dapat meningkatkan kualitas tidur atau apakah dengan menyingkirkan gelombang otak  suara tersebut dapat membantu dengan menutupi kebisingan latar belakang.

Sudah ada hasil penelitian yang menemukan bahwa efek white noise pada setiap orang bisa beragam. Namun masih dipertanyakan kualitas bukti yang ada dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk merekomendasikan white noise sebagai bantuan tidur secara luas.

Ada beberapa kasus white noise  yang dapat mengganggu tidur seseorang dan mempengaruhi pendengarannya. Namun, ada juga penelitian yang menemukan bahwa mendengarkan white noise dapat membantu bayi dari lahir tertidur lebih cepat dan memengaruhi jumlah waktu yang dihabiskan oleh orang dewasa dalam tahapan tidur yang berbeda ketika dimainkan sepanjang malam.

Kasus lain menemukan bahwa orang dewasa tertidur 38% lebih cepat sambil mendengarkan white noise. Pada beberapa kasus, banyak temuan mengungkapkan bahwa white noise berdampak positif pada tidur. Sebagai contoh, orang yang tinggal di daerah dengan kebisingan tinggi di kota akan dapat tertidur lebih cepat dan menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tidur sambil mendengarkan white noise.

Penelitian lain pun menemukan bahwa mendengarkan white noise melalui headphone dapat meningkatkan kualitas tidur pasien yang sakit kritis di unit rumah sakit yang bising.

Manfaat menggunakan mesin white noise

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari menggunakan white noise:

  • Meningkatkan relaksasi 
  • Mengurangi stres
  • Memblokir kebisingan lingkungan
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Membantu mengatasi tinitus

Kekurangan

Ada beberapa hal yang bisa menjadi kekurangan yang anda terima ketika menggunakan white noise:

  • dapat menyebabkan kerusakan pendengaran
  • biayanya bisa mahal melebihi budget
  • dapat mengganggu orang lain
  • dapat menutupi suara-suara penting lainnya
  • kemungkinan dapat mengatasi gangguan tidur lainnya

Cara memilih mesin white noise

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan jika anda ingin memilih mesin white noise adalah sebagai berikut.

1. Mesin atau aplikasi

Pada umumnya, mesin white noise ukurannya lebih besar dan lebih mahal tetapi kualitas suaranya mungkin lebih baik. Aplikasi Ponsel pintar juga bisa lebih nyaman digunakan saat berpergian, hal itu disebabkan anda tidak perlu membawa perangkat tambahan apapun.

2. Biaya

Ada beberapa aplikasi white noise yang menawarkan versi gratis atau berbayar. Harga mesin white noise juga sangat bervariasi, karena banyak pilihan yang ditawarkan.

3. Kualitas suara

Mesin white noise dapat memutar rekaman digital atau secara mekanis yang dapat menghasilkan suara white noise. Anda bisa memeriksa ulasan produk white noise yang anda rencanakan untuk mengetahui pendapat pelanggan lain tentang kualitas dari produk tersebut.

4. Kontrol volume

Merupakan hal yang sangat penting bagi mesin white noise untuk dapat mengontrol volume suara. Anda bisa memeriksa spesifikasi pabrikan untuk volume terendah dan volume tertinggi yang tersedia untuk memastikan apakah mesin white noise tersebut memenuhi telah sesuai dengan kebutuhan.

5. Pengatur waktu tidur

Pada beberapa jenis mesin white noise telah memiliki kemampuan untuk dapat mengatur waktu tidur, namun fungsinya juga bervariasi. Ada alat yang dapat memprogram dalam jumlah waktu tak terhingga, dan  ada juga yang memiliki blok waktu yang dapat Anda pilih.

6. Suara lain

Apabila anda belum pernah menggunakan mesin white noise untuk membantu Anda tidur sebelumnya, pikirkan lagi untuk memilih mesin, atau aplikasi white noise yang juga memiliki beragam suara tidur apabila anda merasa tidak suka tertidur dengan suara dari white noise.

Cara  menggunakan white noise yang aman pada bayi

Beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari white noise adalah sebagai berikut: 

  • Tidak terlalu dekat 

Jika Anda berencana untuk menggunakan alat pemutar white noise, jangan pernah meletakkan alat tersebut terlalu dekat dengan bayi. Sebagai contoh, di dalam box tidur atau di samping kepala bayi. Hal itu dilakukan agar tidak menyakiti telinga bayi dan tidak mengganggu kesehatan pendengarannya. Cobalah untuk meletakkan alat ini sejauh mungkin, atau minimal 200 cm dari tempat tidur bayi.

  • Gunakan volume rendah 

White noise aman jika suara diputar tidak lebih dari 50 desibel, menurut The American Academy of Pediatric. Untuk dapat dipahami, 50 desibel tersebut setara dengan suara yang ditimbulkan sebuah kulkas yang tidak Berisik sebuah kantor yang tenang atau percakapan menggunakan suara yang rendah dan halus. 

  • Batasi penggunaan 

Apabila bayi mulai rewel atau kesulitan untuk tertidur, Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan white noise. Tetapi sebisa mungkin batasi penggunaannya, maksimal selama 1 jam. Apabila bayi telah tertidur, segeralah matikan white noise.

Anda dapat membatasi penggunaan white noise kepada bayi. Hal ini penting agar bayi dapat menenangkan dirinya sendiri tanpa bantuan. Di samping itu, pembatasan penggunaan white noise juga penting dilakukan agar ke depannya bayi tetap bisa tidur lelap walaupun ruangan dalam keadaan sunyi.

Anda juga dapat membentuk pola tidur positif untuk membantu baik memiliki siklus bangun dan tidur yang baik daripada hanya bergantung pada white noise. Anda juga bisa memulai untuk menetapkan jadwal tidur yang sama setiap harinya kepada bayi. Setelah itu, Anda bisa bentuk rutinitas sebelum tidur seperti mengganti popok bayi, mengganti baju yang lebih nyaman lalu minum ASI. Rutinitas yang konsisten dapat membantu bayi mengenali waktu tidur sehingga tubuhnya secara otomatis akan bersiap-siap untuk istirahat.

__________________________

Referensi :

Messineo, L., Taranto-Montemurro, L., Sands, S. A., Oliveira Marques, M. D., Azabarzin, A., & Wellman, D. A. (2017). Broadband Sound Administration Improves Sleep Onset Latency in Healthy Subjects in a Model of Transient Insomnia. Frontiers in Neurology, 8, 1.

Thomson, H. (2018). How flashing lights and pink noise might banish Alzheimer’s, improve memory and more. Nature, 555(7694), 20–22.

Barozzi, S., Ambrosetti, U., Callaway, S. L., Behrens, T., Passoni, S., & Del Bo, L. (2017). Effects of tinnitus retraining therapy with different colors of sound. The International Tinnitus Journal, 21(2), 139–143.

Riedy, S. M., Smith, M. G., Rocha, S., & Basner, M. (2021). Noise as a sleep aid: A systematic review. Sleep Medicine Reviews, 55, 101385.

Spencer, J. A., Moran, D. J., Lee, A., & Talbert, D. (1990). White noise and sleep induction. Archives of Disease in Childhood, 65(1), 135–137.

Scott, T. D. (1972). The effects of continuous, high intensity, white noise on the human sleep cycle. Psychophysiology, 9(2), 227–232.

sleepbetterny.com.2023./pros-and-cons-of-using-white-noise-machines. 

Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com