Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Mengenal Obat Hidung Tersumbat, Alami dan Medis

Artikel dipublikasikan : 3 Januari 2022 22:14
Dibaca : 2362 kali

Foto :  Freepik

Masalah hidung tersumbat terlihat sepele. Tapi bila dibiarkan,  dan tak kunjung sembuh, bisa menimbulkan gangguan saat kamu beraktivitas. Cari tahu apa penyebabnya, dan bagaimana mengobati masalah hidung tersumbat? 

Penulis :  Sholahudin Achmad 

 

Banyak orang mengira hidung tersumbat adalah hasil dari terlalu banyak lendir di saluran hidung. Namun, mengutip Healthline, hidung tersumbat biasanya merupakan hasil dari peradangan pembuluh darah di sinus. Pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus semuanya dapat mengobarkan pembuluh darah ini. 

Selain itu, hidung tersumbat juga bisa disebabkan oleh rhinitis vasomotor dan sumbatan fisik pada hidung, misalnya karena polip hidung dan deviasi septum.

Untuk mengobati masalah hidung tersumbat atau hidung mampet yang membuat suara menjadi bindeng, beberapa terapi dapat dilakukan di rumah. Selain itu, bisa juga dengan minum obat untuk meredakan hidung tersumbat. 

Mengobati hidung tersumbat dengan terapi alami

Berikut ini beberapa terapi untuk mengobati hidung tersumbat yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah.  

  1. Gunakan  Humidifier 

Humidifier atau alat yang dapat menghasilkan uap sebaiknya tersedia di rumah bagi kamu yang sering mengalami hidung mampet. Selain itu, mungkin bisa juga disimpan di kantor. Menghirup udara lembab dari mesin uap ini dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembuluh darah yang membengkak di hidung dan sinus kamu. Humidifier mengubah air menjadi uap dengan cepat, dan meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan.

  1. Mandi air panas 

Mandi air panas merupakan terapi sederhana yang dilakukan oleh banyak orang ketika mengalami hidung tersumbat. Uap yang keluar dari pancuran air panas atau bak air panas, dapat membantu mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan. Setelah mandi dengan air panas, pernapasan biasanya akan kembali normal, setidaknya untuk sementara waktu.

  1. Nyalakan air panas di wastafel 

Menyalakan keran air panas di wastafel lalu menghirup uapnya juga dapat dilakukan dalam mengobati hidung yang sedang tersumbat. Sebagai alternatif bila di wastafel tak tersedia air panas, bisa juga menggunakan baskom atau wadah penampung air panas. Tuangkan air panas ke baskom tersebut. Letakkan handuk di atas kepala kamu supaya uapnya tidak menguap ke mana-mana tetapi terpusat ke wajah. Biarkan uap menumpuk, dan tarik napas dalam-dalam. Namun hati-hati  jangan sampai wajah kamu kepanasan terbakar panasnya air panas tersebut.

  1. Tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih

Saat sedang mengobati hidung tersumbat hal yang terpenting untuk dilakukan adalah dengan banyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi.  Mempertahankan tingkat hidrasi yang optimal dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, mendorong cairan keluar dari hidung dan mengurangi tekanan di sinus. Lebih sedikit tekanan berarti lebih sedikit peradangan dan iritasi.

Jika hidung tersumbat juga disertai dengan gejala sakit tenggorokan, minuman cairan hangat seperti teh atau jahe juga dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan.

  1. Gunakan semprotan air garam

Semprotan yang berisi saline atau larutan air asin dapat disemprotkan langsung ke dalam hidung yang sedang tersumbat. Cara mengobati hidung tersumbat seperti ini membantu dalam meningkatkan kelembaban di dalam lubang hidung.

  1. Gunakan neti pot 

Neti pot adalah wadah yang dirancang untuk membilas kotoran atau lendir dari rongga hidung. Neti pot yang diisi larutan air garam dapat digunakan  untuk mengobati gejala alergi hidung, masalah sinus, atau pilek.

Dilansir dari Mayo Clinic, bila larutan air garam dibuat sendiri, pastikan air yang digunakan merupakan air kemasan yang sudah disuling atau disterilkan. Air keran  boleh dipakai, tetapi harus yang telah melewati filter air dengan ukuran pori 1 mikron atau lebih kecil. Atau air keran yang telah direbus selama beberapa menit, dan kemudian dibiarkan dingin hingga suam-suam kuku.

Berikut cara menggunakan neti pot: 

  1. Miringkan kepala ke samping di atas wastafel dan letakkan cerat neti pot di lubang hidung bagian atas. 

  2. Bernapas melalui mulut terbuka, tuangkan perlahan larutan air asin ke lubang hidung bagian atas sehingga cairan mengalir melalui lubang hidung bagian bawah. Ulangi di sisi lain.

  3. Pastikan untuk membilas perangkat irigasi setelah setiap kali digunakan dengan air suling, steril, yang sebelumnya direbus dan didinginkan, atau disaring dan biarkan terbuka hingga kering.

Neti pot mudah didapat di toko online, apotek, maupun toko obat. Perangkat lain seperti botol peras dan tabung bertekanan, juga dapat digunakan untuk membilas atau mengairi saluran hidung. Bicaralah dengan dokter Anda untuk melihat apakah pembilasan hidung tepat untuk Anda.

  1. Gunakan kompres hangat

Kompres hangat dapat membantu meringankan beberapa gejala hidung tersumbat dengan membuka saluran hidung dari luar. Kompres hangat bisa dibuat dengan merendam handuk kecil ke  dalam air hangat, lalu peras air dari handuk. Lipat handuk dan letakkan tepat di atas hidung dan dahi. Kehangatan kompresan dapat memberikan rasa nyaman dan membantu meredakan peradangan di lubang hidung. 

Minum obat pereda hidung tersumbat

Selain ketujuh terapi alami diatas, masalah hidung tersumbat juga bisa diatasi dengan cara minum obat untuk meredakan  hidung tersumbat. Jenis obat paracetamol atau ibuprofen dapat diminum untuk meredakan rasa sakit saat hidung tersumbat. 

Selain itu, obat yang dapat digunakan untuk meredakan hidung tersumbat adalah : 

  1. Antihistamin

Antihistamin adalah obat untuk meredakan alergi dan membantu mengurangi keluhan saat  kamu mengalami masalah hidung tersumbat.

  1. Dekongestan

Dekongestan merupakan obat untuk membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan saluran hidung yang teriritasi. Dekongestan tersedia dalam bentuk semprotan hidung dan pil.  

Dekongestan umum dalam bentuk semprotan hidung antara lain oxymetazoline (Afrin) dan phenylephrine (Sinex). Pil dekongestan umum termasuk dalam jenis obat  pseudoefedrin atau Sudafed, Sudogest. 

Dekongestan harus digunakan dengan hati-hati, dan tidak boleh mengonsumsi dekongestan lebih dari 3 hari tanpa pengawasan dokter. Setelah 3 hari, dekongestan hidung sebenarnya dapat memperburuk hidung tersumbat dan tersumbat.

  1. Nasal Dekongestan Oxymetazoline

Obat ini berfungsi untuk mengurangi pelebaran pembuluh darah di hidung, sehingga mengurangi penyumbatan pada hidung. Oxymetazoline dapat bekerja pada hidung mampet yang disebabkan oleh berbagai penyebab, seperti batuk pilek, flu, alergi, dan sinusitis.

Nasal dekongestan yang mengandung oxymetazoline mudah digunakan, dan efeknya bisa lebih cepat dibandingkan dengan obat minum. 

Cara pemakaian obat semprot ini adalah dengan menyemprotkan ke salah satu lubang hidung dengan menutup lubang hidung lainnya. Lakukan dengan posisi kepala dalam keadaan tegak, semprotkan ketika sedang menarik napas. 

Perhatikan jangan sampai cairan obat ini mengenai mata. Lalu semprotkan pada lubang hidung sebelahnya. Setelah itu, bersihkan ujung botol semprotan dengan air hangat, lalu keringkan.  Simpan di tempat kering dan hindarkan dari paparan sinar matahari langsung.

Obat semprot ini disarankan digunakan hanya dua kali dalam sehari, setiap 10-12 jam sekali. Perhatikan juga lama pemakaiannya. Obat ini tidak boleh digunakan lebih dari tiga hari terus menerus. 

 
Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com