Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Jerawat Pada Tubuh

Artikel dipublikasikan : 12 Agustus 2022 06:13
Dibaca : 63 kali

 

Masalah jerawat pada tubuh juga sama mengganggunya dengan jerawat pada wajah. Mulai dari kalangan remaja hingga orang dewasa dapat mengalaminya. Apa penyebab dan cara mengatasi masalah jerawat pada tubuh, dapat disimak dalam artikel ini. 

Jerawat pada tubuh tak bisa diabaikan. Pada umumnya muncul di punggung dan dada, namun bisa juga di bokong dan seluruh tubuh. Mulai dari kasus yang ringan hingga peradangan parah dan pembentukan kista.  

Dalam kebanyakan kasus, jerawat terjadi karena penyumbatan atau peradangan pilosebaceous, yang merupakan folikel rambut yang terdapat di seluruh tubuh. 

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Jerawat Ini Berikut Cara Mengobatinya

Penyebab masalah jerawat pada tubuh 

Beberapa penelitian mengaitkan masalah jerawat pada tubuh dengan gaya hidup tertentu. Adapun tingkat keparahan kondisi jerawat dapat bervariasi,  tergantung pada beberapa faktor. 

Faktor penyebab jerawat pada tubuh adalah  usia, kebiasaan makan, tingkat stress, pola tidur, bobot, konsumsi obat-obatan dan alkohol, predisposisi genetik, dan faktor keteraturan siklus menstruasi. 

Biasanya masalah jerawat dimulai ketika usia remaja. Namun, orang dewasa yang berusia antara 21 dan 25 tahun, dan memiliki kulit berminyak, juga memiliki kemungkinan tinggi terkena jerawat. 

Fluktuasi hormonal

Terjadinya fluktuasi hormonal dapat mengakibatkan timbulnya jerawat pada tubuh. Gangguan ini sering terjadi pada remaja dan dewasa muda. Pada wanita, masalah perubahan hormon tersebut dapat mengembangkan jerawat di area payudara selama menstruasi.

Saat hormon di dalam tubuh sedang berada di puncaknya, jerawat bisa saja timbul. Ketika hormon kembali normal, masalah ini mungkin saja sembuh dengan sendirinya.

Konsumsi makanan manis

Penyebab masalah jerawat pada tubuh yang lainnya adalah kebiasaan mengonsumsi makanan manis. Kebiasaan tersebut dapat memicu terjadinya lonjakan gula darah, dan menimbulkan jerawat di dada dan bagian tubuh lainnya.

Jika kamu tahu sejak dini mengenai efek dari kebiasaan mengonsumsi makanan manis pada jerawat di tubuh, hindari kebiasaan ini.

Meskipun masalah jerawat pada tubuh biasanya bukan ancaman kesehatan yang signifikan. Namun, kondisi itu seringkali bisa menurunkan rasa percaya diri, kecemasan, dan depresi.

Baca Juga: Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasinya

Jenis Jerawat Tubuh

Sebelum masuk pada pembahasan cara mengatasi masalah jerawat pada tubuh, perlu diketahui dulu jenis jerawat pada tubuh. 

  1. Jerawat gesekan atau acne mechanica 

Jerawat jenis ini biasanya terjadi karena gesekan terus-menerus pada tubuh dengan peralatan atau pakaian olahraga.  Jerawat acne mechanical terjadi ketika peralatan olahraga yang kamu pakai menjebak keringat di kulit, saat sedang berlatih. Gesekan dan panas yang dihasilkan tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi semakin teriritasi, menyebabkan ruam dan bintik-bintik.

Lokasi jerawat ini tergantung pada peralatan yang digunakan. Seorang atlet yang menggunakan helm, seperti pengendara sepeda atau pemain rugby, mungkin mengalami jerawat di dahi, kulit kepala, leher, dan dagu. Sedangkan bagi seorang pejalan kaki, mungkin jerawatnya muncul di bahu dan punggung, karena sering membawa ransel yang berat. Sementara para penari dan pesenam,  jerawatnya bisa muncul di punggung dan dada, karena memakai kain sintetis untuk waktu yang lama.

Gejala: Gejala utama dari acne mechanical bervariasi. Mulai dari benjolan kecil yang tidak berwarna pada kulit hingga kista yang dalam dan menyakitkan. Kabar baiknya, jerawat ini seringkali bisa hilang setelah kira-kira enam minggu perawatan.

  1. Jerawat kosmetik

Beberapa produk rambut mungkin bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat di garis rambut dan bagian belakang leher. Jerawat ini dapat meluas, tergantung pada panjang rambut kamu. Mungkin saja jerawat ini meluas sampai ke punggung, bahu, dan dada. 

Para ahli dermatologis menyebut kondisi ini sebagai acne kosmetika. Hal ini disebabkan karena banyak sampo, kondisioner, dan produk penataan rambut mengandung minyak dan silikon yang dapat dengan mudah menyebabkan benjolan dan komedo putih. 

Tips: Menghentikan penggunaan produk apa pun yang menyebabkan jerawat biasanya akan menjadi pencegahan terbaik dalam mengatasi jenis jerawat tubuh ini.

Penyebab lain dari jerawat tubuh

Masalah jerawat pada tubuh juga dapat disebabkan oleh kebersihan yang buruk dan keringat yang berlebihan. Kondisi itu  dapat menyebabkan kulit bereaksi. Membersihkan kulit secara teratur‌ adalah cara terbaik untuk mengatasinya.

Paparan sinar matahari juga bisa menjadi penyebab jerawat pada tubuh. Saat tubuh terbakar sinar matahari, kulit akan mengering. Akibatnya, tubuh akan memproduksi lebih banyak minyak, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat di daerah yang terkena paparan sinar matahari.

Cara  mengatasi masalah jerawat pada tubuh

Ada beberapa metode untuk menghilangkan jerawat ringan di tubuh tanpa memerlukan perawatan dermatologis. Setelah mengidentifikasi penyebab utama jerawat, kamu bisa memilih salah satu dari teknik pembersihan jerawat berikut ini. 

  1. Hentikan penggunaan produk kosmetika yang menyumbat pori-pori 

Kamu bisa menghentikan penggunaan berbagai produk kosmetik yang menyumbat pori-pori. Lihat apa saja yang tertera pada kemasan produk rambut dan tubuh, kurangi penggunaan produk yang mengandung minyak, lilin, dan silicon. 

Sebaliknya, pilih produk perawatan yang menyatakan pada label bahwa produk tersebut non-comedogenic atau non-acnegenic.

  1. Cucilah pakaian lebih sering

Produk kosmetik, keringat, dan sel kulit mati mungkin tertinggal di pakaian dan kain lainnya jika  tidak dicuci secara teratur. Sering-seringlah untuk menjaga kebersihan barang-barang seperti sarung bantal, sprei, topi, ikat kepala, pakaian olahraga, dan perlengkapan olahraga

  1. Hindari jerawat gesekan

Agar kulit bebas dari jerawat gesekan dan benjolan, gunakan bantalan untuk menghindari gesekan yang disebabkan oleh peralatan olahraga. Gunakan pakaian dengan teknologi dry-fit. Pilih pakaian olahraga yang longgar jika memungkinkan. Hindari berbagi alat pelindung diri dengan orang lain.  Kenakan pakaian bersih lebih sering dan bersihkan peralatan olahraga yang digunakan bersama.

  1. Gunakan krim tabir surya 

Jika akan berada di luar rumah dalam waktu yang lama, pastikan untuk mengoleskan lebih banyak krim tabir surya sepanjang hari.  Pilih krim tabir surya yang bebas minyak dan memiliki jenis non-komedogenik dan spektrum luas dengan SPF 30+. 

  1. Menjaga kulit tetap segar dan bersih

Mandi secara teratur dapat mengatasi masalah jerawat pada tubuh, terutama jika kamu baru saja memakai produk berat atau banyak berkeringat. Gunakan pembersih ringan yang tidak terlalu kering, tetapi pastikan yang berjenis bahan non-komedogenik. 

Gosok kulit dengan lembut saat mandi, dan keringkan dengan handuk bersih. Jika kamu  tidak sempat langsung mandi setelah berolahraga, pastikan untuk ganti pakaian kering yang bersih.

Kapan harus ke dokter kulit ?

Jerawat di tubuh kadang tidak akan hilang dengan sendirinya. Jika masalah jerawat pada tubuh belum teratasi, setelah mengikuti langkah-langkah di atas selama berminggu-minggu, maka sebaiknya kamu segera pergi ke dokter untuk meminta saran medis. 

Dokter kulit mungkin akan merekomendasikan produk yang dijual bebas dengan asam salisilat atau benzoil peroksida. Perawatan topikal ini tidak memerlukan resep dan sangat efektif untuk mengobati jerawat pada  tubuh.

referensi :
verywellhealth (2021). How to Get Rid of Body Acne
Perioperative Medicine (2020) Effects of psychological interventions on anxiety and pain in patients undergoing major elective abdominal surgery: a systematic review
Biomedical Dermatology (2019) Toll-like receptor 2 plays a critical role in pathogenesis of acne vulgaris
Harald Gollnick (2018) Female type of adult acne: Physiological and psychological considerations and management
Burke, D & Coelho, S. Healthline (2022). Everything You Want to Know About Acne.
Cleveland Clinic (2020). Disease & Conditions. Acne.
Mayo Clinic (2020). Diseases & Conditions. Acne.

Hubungi Kami
Teras Mahakam DKI Jakarta Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,Kec. Kby. Baru,
Kota Jakarta Selatan, 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com