Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Pijat Refleksi Telinga

Artikel dipublikasikan : 22 Mei 2024 06:56
Dibaca : 107 kali

Pijat refleksi telinga atau dikenal dengan terapi auricular merupakan salah satu pengobatan tradisional dari Tiongkok dan Mesir. 

Pijat refleksi telinga merupakan seni penyembuhan kuno, dengan teknik penyembuhan yang lembut dan non invasif. Metode terapi tradisional ini dikenal di Tiongkok dan Mesir sejak 5000 tahun yang lalu.

Terkadang digunakan bersamaan dengan pengobatan medis,  pijat refleksi dapat membantu memperbaiki atau meredakan  berbagai kondisi dan gangguan penyakit tertentu. 

Pijat refleksi telinga bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah dengan mengikuti prosedurnya. Pijatan ini dapat dilakukan setiap hari. Pijat refleksi telinga akan dapat sangat menenangkan. Dengan menggunakan jari-jari tangan anda, pijat refleksi kedua telinga secara bersamaan akan berdampak positif bagi tubuh. Ini dapat membantu meredakan sakit kepala migrain, meningkatkan perhatian dan fokus, meredakan infeksi, menurunkan tekanan darah dan dapat meningkatkan keseimbangan hormon.

Manfaat Kesehatan Pijat Refleksi Telinga 

Pijat refleksi di bagian telinga akan membantu meningkatkan kapasitas pendengaran Anda. Pemijatan telinga paling baik dilakukan tiap pagi hari selama 5 sampai 10 menit. Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa Anda dapat saat rutin melakukan pijatan telinga.

  1. Menggosok bagian telinga dapat membantu merangsang ujung saraf. Hal ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kepala yang membuat Anda merasa lebih waspada dan terjaga.

  2. Penelitian menunjukkan bahwa pijat telinga dapat mengatasi nyeri otot karena  dapat memicu pelepasan endorfin. Hormon perasaan senang atau yang biasa disebut dengan endorphin dapat membantu memberikan kenyamanan pada rasa nyeri di tubuh dan membuat Anda lebih bahagia.

  3. Sebaiknya jangan menggunakan pereda nyeri ketika merasakan sakit kepala. Ada hal yang dapat dicoba yaitu dengan melakukan pijatan telinga untuk mengganti obat pereda nyeri. Setelah itu Anda dapat minum teh peppermint untuk mendapatkan manfaat tambahan.

  4.  Melakukan pijatan di bagian atas telinga dapat membantu untuk mengurangi stres dan kecemasan yang dialami. Anda juga dapat mencoba merasakan manfaatnya untuk menghilangkan rasa gelisah.

  5. Teknik memijat di bagian telinga juga dapat membantu meringankan gejala insomnia Selain itu pijatan yang Anda lakukan di bagian telinga juga dapat membantu menenangkan pikiran dan membuat tidur lebih nyenyak.

  6. Memijat telinga dapat membantu merangsang telinga agar dapat mengalahkan kelesuan. Anda juga dapat mencoba untuk memijat telinga ketika sedang merasa kekurangan energi.

Gerakan Refleksi Pijat Telinga

Berikut ini merupakan beberapa gerakan yang dapat Anda coba di rumah untuk mendapatkan manfaat dari pijat refleksi telinga yaitu sebagai berikut:

  • Pijat cuping telinga

Sebenarnya ada beberapa cara untuk melakukan pijatan di daerah cuping telinga. Namun, cobalah beberapa gerakan pijatan untuk mengetahui area mana yang paling Anda sukai.

  • Gerakan melingkar

Untuk melakukan pijatan dengan gerakan melingkar, Anda dapat tempatkan jari telunjuk dan ibu jari di sekitar cuping telinga. Setelah itu Anda harus menjaga agar jari telunjuk tetap diam, kemudian gerakan ibu jari anda dengan gerakan melingkar di sekitar cuping telinga. Lalu lakukan hal yang sama dengan jari telunjuk, jaga ibu jari untuk tetap diam. 

  • Menarik bagian lobus

Mulailah dengan menarik dari bagian bawah telinga ke arah shopping dengan lembut dan sambil Anda melakukannya tariklah bagian cuping lebih sering dan lebih banyak ke arah keluar dan menjauhi kepala.

  • Mencubit atau menekan

Hal ini lebih dikenal sebagai akupresur, atau pijatan terfokus yang diterapkan pada titik-titik tekanan. Pijatan ini sangat efektif di sekitar lobus dan sangat mudah dilakukan. Jepit tepi cuping telinga Anda di antara jari telunjuk dan ibu jari, lalu gerakkan ke sekeliling telinga pada tepi lobus. Anda bahkan dapat memanjangkan gerakan ini ke atas di sekitar tepi seluruh telinga. Anda juga dapat menekan atau mencubit dengan gerakan melingkar di sekitar bagian lobus yang berdaging. 

  • Gerakan membelai telinga

Gerakan pijatan yang terasa lebih ringan dan bisa sangat ampuh dalam menstimulasi ujung saraf di bagian tubuh tertentu.

Anda dapat mencoba untuk menelusuri garis luar telinga Anda kemudian lekuk bagian dalam tulang rawan telinga ada dan usap seluruh telinga sekaligus dengan bagian ujung jari Anda yang ada dagingnya. Selain itu Anda juga dapat mengelus titik di belakang telinga dari bagian atas ke bawah dimana telinga akan dapat menyatu dengan kepala untuk mendapatkan efek relaksasi yang lebih baik.

Gosoklah bagian telinga secara perlahan ke bagian atas dan bawah pada lipatan tempat telinga bergabung dengan kepala

  • Mencubit bagian belakang telinga

Dalam gerakan ini anda dapat memulai dari bagian atas lipatan belakang telinga ambil perlahan sebagian kulit di sepanjang lipatan dan tarik kemudian biarkan terlepas dari sela-sela jari Anda sesuai keinginan.

  • Menekan dan menarik bagian belakang telinga

Mulailah dengan menekan jari anda dengan kuat, seret ke bawah lipatan dan tarik kulit belakang telinga ke arah bawah hingga akhirnya terlepas. Anda juga dapat terus menariknya hingga melewati telinga dan mencapai ke bawah garis rahang sebelum akhirnya melepaskannya.

  • Menggerakkan seluruh telinga

Tutuplah telinga dengan telapak tangan dan tekan ke dalam, lalu gerakan memutar ke seluruh telapak tangan dengan seluruh telinga dilingkari dengan jari. Gerakan ini juga akan memberikan pijatan sedikit ke samping pada kepala, hal ini  dapat melepaskan endorfin dan sensasi relaksasi yang indah.

  • Melipat dan membuka tulang rawan telinga

Pijat telinga dengan cara menggerakkannya dan meletakkan telapak tangan pada seluruh telinga. Lalu tahanlah telinga dan geser telapak tangan kebawah tulang rawan telinga bagian atas harus melengkung ke bawah dan terlipat. Untuk membuka telinga, geser telapak tangan, kemudian ke Sisi kepala tekan cukup kuat hingga dapat membawa telinga bersamanya dan anda akan mengakhirinya dengan terus menarik telinga ke atas, lalu biarkan telapak tangan meluncur perlahan ke atas dan memanjangkan sisi kepala hingga telinga semuanya menjadi terlepas.

Cobalah usapkan jari-jari anda pada telinga. Usapkan area di belakang telinga, dibelai, ditekan, ditarik dan dicubit untuk memberikan sensasi yang berbeda.

_________________________

Referensi :

nccih.nih.gov (2016), Acupuncture: In Depth, Health Acupuncture in Depth.

ncbi.nlm.nih.govAllais, G., et al. (2011), Ear Acupuncture in the Treatment of Migraine Attacks: A randomized trial on the efficacy of appropriate versus inappropriate acupoints.

hindawi.com.Hou, P-W., et al. (2015),The history, mechanism, and clinical application of auricular therapy in traditional Chinese medicine.

Ncbi.nlm.nih.gov. Naderinabi, B., et al. (2018), Acupuncture for chronic nonpulsatile tinnitus: A randomized clinical trial.

Healthshots.com (2022), Preventive Care: 7 Benefits of Massaging Your Ears in Yoga.

Healing Place Medfield (2022), Reflexology Reiki Energy Medicine Boston.

 
Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com