Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Suara Pada Frekuensi Berapa yang Baik Untuk Kesehatan dan Penyembuhan?

Artikel dipublikasikan : 13 Juni 2024 11:44
Dibaca : 117 kali

Keterkaitan antara suara dan kesehatan telah lama menarik perhatian di dunia medis. Suara dalam frekuensi berapa yang dapat beresonansi dan menstimulasi bagian tubuh sehingga menghasilkan efek penyembuhan? 

Dalam keseharian kita sering menemukan genre musik relaksasi di platform YouTube dan lain sebagainya dengan jumlah subscribers dan penonton yang cukup banyak. Ini membuktikan bahwa musik bermanfaat bagi kesehatan.  Namun, bagaimana cara kerjanya? 

Sejak masa peradaban Mesir kuno, suara yang dihasilkan dari alat musik tradisional menjadi salah bentuk penyembuhan yang populer bagi kesehatan mental dan spiritual. Bila diteliti lebih lanjut, suara yang digunakan tersebut berada dalam frekuensi 528 Hz (heartz)! 

Ide dibalik penyembuhan dengan frekuensi suara adalah bahwa frekuensi tertentu dapat beresonansi dan menstimulasi bagian tubuh yang berbeda, sehingga menghasilkan efek penyembuhan. 

Ada beberapa teori ilmiah yang mencoba untuk menjelaskan bagaimana frekuensi penyembuhan bekerja untuk meningkatkan penyembuhan dan kesejahteraan.

  1. Teori Entrainment

Salah satu teori didasarkan pada gagasan entrainment, yaitu sinkronisasi dua atau lebih sistem bersentuhan. Ketika dua objek dengan frekuensi berbeda bersentuhan, mereka dapat saling mempengaruhi dan akhirnya sinkron. Ini adalah prinsip di balik bagaimana jam pendulum melakukan sinkronisasi seiring waktu.

Demikian pula, ketika kita dihadapkan pada frekuensi penyembuhan, diyakini bahwa gelombang otak dan sistem tubuh kita dapat menerima frekuensi ini, sehingga mendorong keadaan relaksasi dan mengurangi stres.

  1. Teori Energi

Gagasan dasarnya bahwa semua materi terdiri dari energi, dan frekuensi energi yang berbeda dapat memengaruhi kesejahteraan fisik dan emosional kita. 

Hal ini didukung oleh penelitian tentang efek suara pada tubuh yang menunjukkan bahwa frekuensi tertentu dapat memberikan efek terukur pada detak jantung, tekanan darah, dan aktivitas otak.

  1. Teori Kimia

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa frekuensi tertentu mungkin berdampak pada tubuh pada tingkat sel, dengan mendorong pelepasan bahan kimia atau enzim tertentu yang terlibat dalam penyembuhan dan perbaikan.

Misalnya, penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Addiction Research and Therapy menunjukkan bahwa frekuensi 528 Hz dapat meningkatkan metabolisme energi dan perbaikan sel jaringan yang rusak.

Frekuensi 528 Hz 

Frekuensi 528 Hz merupakan salah satu bentuk bunyi yang digunakan untuk berbagai pengobatan dan relaksasi spiritual dan mental. Nada ini termasuk dalam salah satu jenis frekuensi Solfeggio yang  dipakai sebagai musik iringan upacara keagaamaan dan ritual dari India kuno hingga Eropa Abad pertengahan. 

Dalam jurnal kesehatan berjudul Effect of 528 Hz Music on the Endocrine System and Autonomic Nervous System oleh Kaho Akimoto, dkk., frekuensi 528 Hz dianggap membawa tranformasi energi alam seperti oksigen, pelangi, rumput, hingga dengungan lebah.

Frekuensi ini dapat mengurangi stres sistem saraf endokrin dan otonom saat diputar selama lima menit.  Studi tersebut menemukan bahwa ketegangan, kecemasan dan gangguan mood total peserta menurun setelah mendengarkan musik dengan frekuensi tersebut.

Frekuensi 528 hz juga baik untuk sel di dalam tubuh, menurut jurnal The Effects of 528 Hz Sound Wave to Reduce Cell Death in Human Astrocyte Primary Cell Culture Treated with Ethanol yang ditulis oleh Tohid Babayi dan Ghoam Hossein Riazi. Ditemukan bahwa spesimen yang diberi etanol dengan gelombang suara 528 Hz dapat memperpanjang umur sel sekitar 20 persen. 

Dalam studi yang lain, efek dari frekuensi tersebut dikatakan dapat meningkatkan produksi testosteroan di otak tikus. Jurnal Influence Of Various Intensities Of 528 Hz Sound-Wave In Production Of Testosterone In Rat's Brain and Analysis Of Behavioral Changes yang disusun oleh Babayi Daylari, E Fathi, dan peneliti lainnya menemukan kesimpulan tersebut.

Suara Penyembuhan versus Frekuensi Penyembuhan

Meskipun suara penyembuhan dan frekuensi penyembuhan saling terkait dan sering digunakan bersama dalam terapi suara, keduanya bukanlah istilah yang dapat dipertukarkan.

Suara penyembuhan mengacu pada suara apa pun yang diyakini memiliki khasiat terapeutik, seperti suara deburan ombak di tepi pantai, kicauan burung, atau gemerisik dedaunan yang tertiup angin. 

Suara-suara ini bisa alami atau buatan dan sering digunakan dalam terapi suara untuk meningkatkan relaksasi, mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Sedangkan frekuensi penyembuhan, sebaliknya, secara khusus mengacu pada frekuensi gelombang suara yang diyakini memiliki khasiat penyembuhan. Frekuensi ini diukur dalam Hertz (Hz) dan sering dikaitkan dengan bagian tubuh tertentu, seperti Chakra atau organ. Misalnya, frekuensi 528 Hz dan  frekuensi 432 Hz.

Alat Musik yang Dapat Menghasilkan Frekuensi Penyembuhan 

Jenis alat musik yang digunakan untuk menghasilkan frekuensi penyembuhan adalah sebagai berikut: 

  1. Singing  bowl untuk penyembuhan dan meditasi, terbuat dari logam dapat menghasilkan berbagai suara dan frekuensi. 

  2. Gong, adalah cakram logam besar yang dipukul dengan palu untuk menghasilkan suara resonansi yang dalam. 

  3. Mangkuk Kristal, sejenis singing bowl yang dapat menghasilkan rentang frekuensi yang lebih tinggi ketika dipukul atau dimainkan dengan palu.

  4. Garpu Tala, adalah instrumen logam yang bergetar pada frekuensi tertentu saat dipukul, dan sering digunakan dalam terapi suara dan bentuk penyembuhan getaran lainnya.

  5. Synthesizer, dapat membuat gelombang sinus murni pada frekuensi tertentu yang dianggap sebagai frekuensi penyembuhan.

Daftar Lengkap Frekuensi Penyembuhan

Berikut ini berbagai jenis frekuensi penyembuhan beserta nilainya (dalam Hz) dan penjelasan singkat tentang efek penyembuhannya dari portal MyRelaxation.Online.

Frekuensi Solfeggio

Frekuensi solfeggio adalah serangkaian frekuensi suara yang diyakini oleh beberapa orang memiliki manfaat terapeutik, termasuk mengurangi kecemasan, meningkatkan relaksasi, dan meningkatkan penyembuhan fisik dan emosional.

Terdapat enam frekuensi primer dalam frekuensi ini, yaitu:

  1. 396 Hz : Frekuensi Pembebasan

Suara frekuensi 396Hz membantu melepaskan pikiran, emosi, dan pola energi negatif serta meningkatkan rasa pembebasan dan kebebasan.

  1. 417 Hz :  Frekuensi Resonansi

Suara 417Hz dapat membantu menghilangkan energi dan pengaruh negatif serta mendorong perubahan dan transformasi positif.

  1. 528 Hz :  Frekuensi Cinta

Frekuensi bercinta meningkatkan relaksasi, mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kreativitas, dan meningkatkan rasa sejahtera.

Pelajari lebih lanjut tentang manfaat musik dan suara yang disetel pada 528 Hz.

  1. 639 Hz :  Frekuensi Penghubung

639Hz bertujuan untuk meningkatkan hubungan yang harmonis, meningkatkan komunikasi, dan meningkatkan penyembuhan dan keseimbangan emosional.

  1. 741 Hz :  Frekuensi Kebangkitan

Dalam pengobatan alternatif, suara 741Hz diyakini dapat meningkatkan tingkat kesadaran, meningkatkan intuisi, dan mendorong pertumbuhan spiritual.

  1. 852 Hz : Frekuensi Intuisi

Frekuensi 852Hz membantu membangun kejernihan pikiran dan meningkatkan komunikasi, serta meningkatkan kesadaran spiritual dan intuisi.

Frekuensi Solfeggio Tambahan 

Ada tiga frekuensi solfeggio tambahan yang kurang dikenal di luar enam frekuensi utama tadi, yakni:

  1. 174 Hz – Frekuensi Fondasi: dapat membantu mengurangi rasa sakit, meningkatkan rasa aman dan aman, serta mendukung penyembuhan fisik dan emosional.

  2. 285 Hz – Frekuensi Penyembuhan : membantu mempercepat penyembuhan fisik, terutama luka dan cedera.

  3. 963 Hz – Frekuensi Alam Semesta : mendorong kebangkitan spiritual, mengaktifkan kelenjar pineal, dan meningkatkan intuisi dan kemampuan psikis.

Frekuensi Solfeggio Alternatif

Ada dua frekuensi “alternatif” lagi yang mungkin berguna dalam beberapa situasi tertentu, yaitu : 

  1. 1152 Hz berguna untuk pemurnian spiritual dan membantu Anda mengakses alam spiritual yang lebih tinggi.

  2. 2172 Hz adalah frekuensi solfeggio yang kurang dikenal dan terkait dengan pencerahan spiritual, transendensi, dan kenaikan.

Kombinasi Frekuensi Solfeggio

Frekuensi solfeggio individu terkadang digabungkan dalam berbagai cara untuk menciptakan efek berbeda atau untuk menargetkan maksud atau hasil tertentu. Beberapa contohnya adalah :

  1. 396Hz + 528Hz

396 Hz dikaitkan dengan pelepasan rasa takut dan rasa bersalah, sedangkan 528 Hz dikenal sebagai “Frekuensi Cinta” dan diyakini mendorong penyembuhan dan perbaikan DNA. Kombinasi ini sering digunakan untuk penyembuhan secara keseluruhan dan melepaskan emosi negatif.

  1. 417Hz + 639Hz

417 Hz dikaitkan dengan kehancuran situasi dan memfasilitasi perubahan, sedangkan 639 Hz diyakini meningkatkan komunikasi dan mendorong hubungan yang harmonis. Kombinasi ini digunakan untuk menyelesaikan konflik dan meningkatkan hubungan interpersonal.

  1. 528Hz + 741Hz

Kombinasi ini memperkuat sifat penyembuhan 528 Hz dengan 741 Hz, yang berhubungan dengan intuisi dan kebangkitan spiritual. Ini digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesadaran spiritual.

  1. 852Hz + 963Hz

852 Hz diyakini membangkitkan intuisi dan meningkatkan kekuatan batin, sedangkan 963 Hz dikaitkan dengan aktivasi kelenjar pineal dan kesadaran yang lebih tinggi. Kombinasi ini digunakan untuk kebangkitan spiritual dan berhubungan dengan alam yang lebih tinggi.

  1. 396Hz + 417Hz + 528Hz

Kombinasi ini menggabungkan frekuensi untuk melepaskan rasa takut, memfasilitasi perubahan, dan mendorong penyembuhan dan cinta. Ini digunakan untuk kesejahteraan keseluruhan dan penyembuhan emosional.

  1. 174Hz + 741Hz

174 Hz dikaitkan dengan landasan dan landasan kehidupan, sedangkan 741 Hz dikaitkan dengan intuisi dan kebangkitan. Kombinasi ini digunakan untuk menyeimbangkan dan menyelaraskan aspek kehidupan jasmani dan rohani.

  1. 285Hz + 963Hz

285 Hz dikatakan mempengaruhi medan energi dan mendorong peremajaan, sedangkan 963 Hz dikaitkan dengan kesadaran yang lebih tinggi. Kombinasi ini digunakan untuk pembersihan energi dan pertumbuhan spiritual.

___________________________________ 

Referensi : 

My Relaxation (2023), Healing Frequencies: The Complete List. 

Kumparan (2023), Arti Frekuensi 528 Hz dan Manfaatnya bagi Kesehatan.


 

Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com