Teknologi Pulsed Electromagnetic Fields Solusi Atasi Nyeri Kronis

Artikel dipublikasikan : 13 Juni 2024 10:10

Terapi Pulsed Electromagnetic Fields (PEMF) adalah pilihan media terapeutik untuk pengobatan nyeri kronis. PEMF membantu pasien untuk lebih nyaman mengatasi nyeri selain dengan metoda pengobatan farmakologis.

Pulsed Electromagnetic Fields atau medan elektromagnetik berdenyut adalah suatu terapi elektromagnetik dengan pendekatan pengobatan non-invasif dalam pengobatan fisik dan rehabilitasi.

Pulsed Electromagnetic Fields menggunakan perangkat listrik dan medan elektromagnetik lemah dan diyakini memiliki efek terapeutik pada berbagai kondisi kesehatan. Alat ini juga disebut terapi medan magnet, terapi magnet, atau stimulasi magnet.

Kehadiran alat terapi fisik sebagai alternatif mengatasi nyeri dilatarbelakangi banyak keluhan nyeri kronis berdampak kepada kejiwaan pasien seperti gangguan mood sampai depresi. Kondisi seperti ini sedang meningkat.

Pada tahun 2021, menurut statistik dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit,  hampir 125 juta orang di Amerika Serikat hidup dengan penyakit peradangan kronis, dan depresi kini menyerang lebih dari 18 juta orang dewasa.

Asosiasi Internasional untuk Studi Nyeri (International Association for the Study of Pain) mendefinisikan nyeri kronis sebagai “pengalaman sensorik dan emosional yang tidak menyenangkan terkait dengan kerusakan jaringan, baik yang aktual maupun potensial”.

Meskipun pengobatan konvensional memberikan solusi terhadap sebagian besar kondisi ini dengan pengobatan farmakologis, pembedahan, atau keduanya, pengobatan fisik seperti Pulsed Electromagnetic Fields juga terbukti membantu tubuh pulih.

Cara Kerja Pulsed Electromagnetic Fields

Medan elektromagnetik dihasilkan oleh arus listrik yang mengalir melalui satu atau lebih kumparan kawat tembaga atau aluminium, yang disebut solenoida, atau di sekitar rangkaian radiasi.

Perangkat yang menghasilkan arus listrik mengatur intensitas dan frekuensi medan magnet yang dihasilkannya.

Terapi Pulsed Electromagnetic Fields frekuensi rendah dan intensitas tinggi, yang menggunakan solenoida, frekuensi dan intensitas masing-masing diukur dalam hertz (Hz) dan gauss (G).

Dalam kasus terapi Pulsed Electromagnetic Fields frekuensi tinggi dan intensitas rendah, yang menggunakan sirkuit pancaran, atau antena, frekuensinya, yang diukur dalam megahertz (MHz), dapat bervariasi dari sekitar 18 MHz hingga 900 MHz, sedangkan intensitasnya sangat rendah dan biasanya diukur dalam miliwatt (mW).

Dalam kedua kasus tersebut, medan elektromagnetik dipancarkan pada interval yang tepat dan dengan kedalaman serta frekuensi yang telah ditentukan.

Studi klinis dalam bidang ini telah menunjukkan bahwa medan elektromagnetik tersebut mampu meregenerasi medan biomagnetik pada tingkat sel, mendukung pertukaran nutrisi dan limbah intra dan ekstraseluler.

Mekanisme biologis ini menjadikan terapi Pulsed Electromagnetic Fields sebagai terapi yang tepat dalam menghilangkan rasa sakit dan peradangan pada tulang, otot, dan sendi.

Manfaat Terapi Pulsed Electromagnetic Fields

1. Pereda Sakit

Terapi Pulsed Electromagnetic Fields telah terbukti meredakan nyeri akut dan kronis tanpa potensi efek samping toksik opioid atau kemungkinan komplikasi pembedahan.

National Institutes of Health melaporkan penelitian yang menunjukkan penurunan nyata nyeri pada pasien osteoartritis setelah mereka diobati dengan Pulsed Electromagnetic Fields dan Journal of Pain Research menunjukkan bahwa terapi PEMF efektif mengurangi nyeri dan meningkatkan kualitas hidup pasien fibromyalgia.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Pulsed Electromagnetic Fields menyebabkan peningkatan aliran darah ke lokasi cedera dengan melebarkan pembuluh darah yang mengantarkan oksigen ke jaringan yang rusak. Peningkatan aliran darah ini mendorong penyembuhan luka dan mengurangi peradangan.

Terapi Pulsed Electromagnetic Fields juga merangsang produksi oksida nitrat, suatu vasodilator yang meningkatkan aliran darah. Peningkatan sirkulasi darah sangat penting dalam membawa oksigen dan nutrisi ke sel-sel yang berjuang untuk memperbaiki diri.

3. Mengurangi Peradangan dan Pembengkakan

Peradangan terjadi ketika jaringan rusak sehingga menghambat aliran darah dan menyebabkan pembengkakan. Pulsed Electromagnetic Fields mengurangi peradangan dengan meningkatkan aliran darah di area tersebut.

Penelitian menegaskan bahwa Pulsed Electromagnetic Fields mengurangi peradangan dan pembengkakan pada kasus osteoarthritis dan fibromyalgia serta pada pasien pasca operasi dan pasien dengan sindrom nyeri panggul.

4. Meredakan Kejang Otot

Kejang otot bisa sangat menyakitkan, otot mana pun yang terkena. Untungnya, Pulsed Electromagnetic Fields juga menawarkan solusi untuk masalah yang mengganggu ini, karena telah terbukti meningkatkan muatan sel dan aliran kalsium untuk meredakan kejang otot.

Dua penelitian jurnal medis melaporkan bahwa terapi Pulsed Electromagnetic Fields telah mengurangi kejang otot pada pasien fibromyalgia dan pasien dengan nyeri punggung kronis.

5. Mempercepat Penyatuan Fraktur Tulang

Sama seperti terapi medan elektromagnetik berdenyut yang mendorong proses penyembuhan otot dan persendian, terapi ini juga membantu tulang memperbaiki patah tulang dengan menstimulasi pertumbuhan dan regenerasi sel.

Salah satu aspek menakjubkan dari pengobatan Pulsed Electromagnetic Fields adalah berhasil menyembuhkan jaringan yang rusak tanpa mengganggu sel-sel normal.

Selain itu, Pulsed Electromagnetic Fields meningkatkan produksi adenosin trifosfat dalam tubuh, yang sangat membantu kontraksi otot, aliran darah, dan penggerak.

6. Membantu Gangguan Tidur

Terapi PEMF dapat digunakan untuk mengubah pola tidur yang mengganggu. Medan elektromagnetik yang berdenyut dapat digunakan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, juga dapat digunakan untuk meningkatkan sirkulasi, menenangkan pikiran, dan kualitas tidur.

Serangkaian studi juga menyebutkan Pulsed Electromagnetic Fields  menjanjikan dalam berbagai macam gangguan lain, termasuk kesehatan mental, kanker, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, multiple sclerosis, autisme, dan diabetes.

Aturan Penggunaan Pulsed Electromagnetic Fields

Terapi medan elektromagnetik berdenyut (PEMF) telah ada selama lebih dari satu abad dan semakin banyak digunakan di klinik dan rumah sakit untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Cara penggunaannya mudah, cukup berbaring di atas matras PEMF, kenakan kacamata, lalu tarik napas dalam-dalam dan rileks.

Secara umum, terapi PEMF memerlukan periode pengobatan sedang-panjang. Dianjurkan untuk melakukan siklus 45-90 hari dengan durasi minimal 3 jam per hari, kecuali dinyatakan lain oleh dokter. Jika perlu, pengobatan dapat diulang beberapa kali sepanjang tahun.

Dengan latihan teratur, koneksi saraf baru mulai terbentuk antara dua belahan otak untuk mendapatkan manfaat kumulatif dan jangka panjang.

Terapi Pulsed Electromagnetic Fields adalah teknik terapi tanpa rasa sakit. Terapi ini dinilai salah satu terapi fisik yang memiliki jumlah kontraindikasi paling sedikit.

Namun penggunaan terapi Pulsed Electromagnetic Fields harus diperhatikan untuk wanita hamil, anak-anak, penderita diabetes, orang dengan kondisi jantung, orang dengan kanker, penderita aritmia parah, penderita epilepsi, orang yang menderita TBC, penyakit virus (dalam fase akut),
pemakai alat pacu jantung, dan orang yang menggunakan prosthesis atau implan magnetis.

Banyak perusahaan terutama perusahaan online mengklaim memberikan peningkatan dramatis dalam kualitas dari alat FPEM yang mereka jual. Harap seksama membaca produk Dan tata laksana pemakaian alat.

Ada banyak perangkat terapi PEMF di pasaran, namun perangkat tersebut harus dipilih dengan hati-hati, bergantung pada jenis frekuensi dan intensitas yang dipancarkan serta patologi yang ingin diobati.

Kunjungi dokter utama untuk membicarakan kondisi Anda untuk dapat menerima manfaat maksimal dari terapi Pulsed Electromagnetic Fields.

Kebijakan dokter merupakan faktor penting ketika merekomendasikan pendekatan alternatif untuk menghilangkan rasa sakit. Dokter akan memberikan pertimbangan dan dokumentasi rekam medis yang tepat kepada terapis  tentang alasan meminta bantuan.

_________________________

Science Direct (2008), Nonpharmacologic Pain Management Intervention.
I-Tech Medical Division (diakses pada 2024), PEMF therapy: what it is, how it works, and its benefits.

National Library of Medicine (2023), Pulsed Electromagnetic Fields (PEMF)—Physiological Response and Its Potential in Trauma Treatment.
The University of Queensland Australia ( diakses pada 2024), Pulsed Electromagnetic Fields (PEMF).

PEMF Therapy Australia (diakses pada 2024), The Benefits of PEMF for Sleep.