Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Tips Sederhana untuk Hidup Sehat: Kebiasaan Kecil yang Berdampak Besar pada Kesehatan Anda

Artikel dipublikasikan : 6 Juli 2023 15:10
Dibaca : 54885 kali

Foto: Freepik

Gaya hidup yang tidak sehat dalam aktivitas Anda sehari-hari dapat berdampak negatif pada kesehatan. Banyak orang menjalani gaya hidup yang tidak sehat dan mungkin Anda adalah salah satu diantaranya. Cukup dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil, Anda dapat merubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. 

Beberapa contoh gaya hidup tidak sehat yang sering dilakukan dalam aktivitas sehari-hari manusia modern saat ini dapat dikenali dengan mudah. Beberapa contoh diantaranya adalah sebagai berikut. 

  • Kurangnya aktivitas fisik

Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda dalam posisi duduk atau tidak melakukan aktivitas fisik yang cukup, ini dapat menyebabkan penurunan kebugaran fisik, peningkatan berat badan, dan peningkatan risiko penyakit seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

  • Pola makan yang buruk

Mengonsumsi makanan olahan, makanan cepat saji, makanan tinggi gula, makanan berlemak jenuh, dan makanan tinggi garam secara berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya.

  • Kebiasaan merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang sangat tidak sehat dan berbahaya bagi kesehatan Anda. Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit paru-paru, kanker, penyakit jantung, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

  • Konsumsi alkohol berlebihan

Minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan organ, termasuk hati, dan meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan seperti penyakit hati, kanker, dan gangguan mental.

  • Kurang tidur

Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental Anda. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, gangguan mood, dan masalah kognitif.

  • Stres yang tidak terkelola

Jika Anda tidak mengelola stres dengan baik, dapat mempengaruhi kesehatan Anda secara negatif. Stres yang kronis dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, gangguan mental, gangguan pencernaan, dan masalah kesehatan lainnya.

  • Kurangnya waktu untuk relaksasi dan rekreasi

Jika Anda tidak mengambil waktu untuk bersantai dan melakukan kegiatan yang Anda nikmati, ini dapat menyebabkan kelelahan mental, penurunan motivasi, dan peningkatan risiko gangguan mental.

  • Tidak menjaga kebersihan diri

Tidak menjaga kebersihan diri, seperti tidak mencuci tangan secara teratur atau tidak menjaga sanitasi yang baik, dapat meningkatkan risiko infeksi dan penyakit menular.

Apabila Anda mampu menghindari atau mengurangi gaya hidup tidak sehat di atas, lalu mengaplikasikan kebiasaan hidup sehat maka hal itu dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan Anda.

Mungkin inilah saatnya untuk mengubah rutinitas harian Anda dan membantu tubuh Anda merasa berenergi kembali. Untuk dapat hidup sehat tidak memerlukan perombakan total dalam hidup Anda. Cukup dengan melakukan beberapa kebiasaan sehari-hari yang sehat saja dapat membuat perbedaan besar di dunia. 

Kehidupan yang sehat

Tips-tips dibawah ini bisa mendukung  kesehatan fisik. Kekuatan koneksi pikiran dan tubuh juga penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  Menerapkan kebiasaan sehat setiap hari yang bermanfaat bagi tubuh Anda dapat memiliki efek positif pada  pikiran dan jiwa Anda. 

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda hidup sehat dengan dampak besar pada kesehatan Anda:

  • Rutin berolahraga

Jadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitas harian Anda. Lakukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik setiap hari, seperti jalan kaki cepat, berlari, bersepeda, atau berenang. Ini dapat membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular, meningkatkan kekuatan otot, dan meningkatkan kesehatan mental.

  • Makan makanan bergizi

Pilihlah makanan yang seimbang dan bergizi. Konsumsilah makanan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak. Hindarilah makanan olahan, makanan tinggi gula, dan makanan berlemak jenuh.

  • Tambahkan sajian sayuran ke menu makan Anda 

Salah satu cara sederhana untuk meningkatkan asupan makanan sehat adalah dengan menambahkan satu porsi sayuran ekstra ke setiap makanan Anda. Jika Anda biasanya makan burger dan kentang goreng (tidak disarankan!), mulailah menambahkan seporsi kacang polong atau salad hijau ke piring Anda. Seiring waktu, Anda dapat mulai menambah sayuran dan mengurangi junk food.

  • Minum cukup air

Pastikan Anda terhidrasi dengan baik. Minumlah setidaknya 8 gelas air per hari atau sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Air membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, dan mendukung fungsi organ-organ vital.

  • Istirahat yang cukup

Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malamnya. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 7-9 jam tidur berkualitas setiap malam. Tidur yang cukup dapat memperbaiki konsentrasi, meningkatkan mood, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  • Kurangi stres

Cari cara-cara untuk mengelola stres sehari-hari. Lakukan aktivitas relaksasi seperti meditasi, yoga, pernapasan dalam, atau hobi yang Anda nikmati. Jangan ragu untuk mencari dukungan sosial dari keluarga, teman, atau profesional jika diperlukan.

  • Hindari kebiasaan merokok dan minuman beralkohol berlebihan

Rokok dan minuman beralkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit serius. Usahakan untuk menghindari atau mengurangi konsumsi mereka.

  • Periksa kesehatan secara teratur

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat membantu mendeteksi masalah kesehatan sejak dini. Jadwalkan kunjungan rutin ke dokter, lakukan pemeriksaan gigi, dan periksa penglihatan secara teratur.

  • Hindari duduk terlalu lama

Jika Anda memiliki pekerjaan yang membutuhkan duduk dalam waktu yang lama, pastikan Anda berdiri dan bergerak setiap jamnya. Lakukan peregangan ringan atau berjalan-jalan sebentar untuk mengurangi efek negatif dari duduk terlalu lama.

  • Kurangi asupan gula Anda 

Kita semua tahu bahwa kelebihan mengonsumsi gula itu buruk bagi kesehatan kita, namun kebanyakan dari kita masih mengonsumsinya dalam jumlah banyak setiap hari. Masalahnya, tentu saja, gula rasanya enak. Sangat bagus, pada kenyataannya, kita benar-benar menjadi kecanduan. Anda dapat melakukannya melalui langkah-langkah sederhana seperti mengurangi atau menghentikan gula dalam teh atau kopi, berhenti menambahkan gula ke dalam sereal Anda, dan memilih camilan yang lebih sehat.

  • Pilih latihan yang menyenangkan 

Anda mungkin menunda berolahraga karena tidak suka pergi ke gym atau berlari di cuaca dingin. Saat olahraga terasa menyenangkan, Anda akan lebih termotivasi untuk melakukannya secara rutin. Beberapa contoh olahraga menyenangkan yang bisa Anda coba dirumah yaitu, yoga, renang, tenis dan bermain roller blade.

  • Matikan gadget agar bisa tidur 30 menit lebih awal dari biasanya 

Di era banyaknya platform yang menyuguhkan berbagai macam tontonan seperti  Netflix dan YouTube saat ini,  membuat adanya kebiasaan untuk menonton video secara terus menerus walaupun mata sudah mengantuk.  Tipsnya adalah Anda harus memiliki manajemen waktu yang bijak. Pasanglah alarm untuk waktu tidur dan untuk  membangunkan Anda di pagi hari. Ada baiknya Anda juga menyetel alarm untuk memberitahu Anda saat waktunya berhenti menonton dan segera tidur.

____________________________

Referensi :

Medical Dictionary: Healthy Habit 

Everyday Health: The Last Word: Do You Really Need to Take 10,000 Steps a Day?

Heart.org:How much sugar is too much?

The Sydney Morning Herald: Is exercise aging you?

MentalHealth.org: Nature: How connecting with nature benefits our mental health

Springer: Vacationers Happier, but Most not Happier After a Holiday

NBC News: Why compliments make us feel so good — and how to get better at giving them

Cleveland Clinic: Here’s What Happens When You Don’t Get Enough Sleep (and How Much You Really Need a Night)

HelpGuide.org: The Health and Mood-Boosting Benefits of Pets

Mic: Psychologists Say Taking Too Many Photos Could Be Affecting Your Brain

Psychology Today: Smile: A Powerful Tool

Psychology Today: Breaking Free from Your Comfort Zone

 
Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com