Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

Yuk Cari Tahu Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil!

Artikel dipublikasikan : 20 Oktober 2021 15:03
Dibaca : 2887 kali

 

Selama kehamilan, si kecil bergantung pada sang Ibu untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkannya. Itulah mengapa ini adalah saatnya untuk memastikan Ibu membuat pilihan makanan terbaik dan bagus untuk bayi dan Ibu itu sendiri.

Penulis :  Sholahudin Achmad 

 

Sangat penting untuk mengonsumsi makanan seimbang yang mencakup banyak buah-buahan. Jenis makanan ini memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan oleh Ibu hamil dan bayi agar tetap sehat. 

Lalu, buah yang bagus untuk ibu hamil itu apa saja sih? Cari tahu jawabannya yuk!

Manfaat makan buah saat hamil

Buah-buahan dipenuhi dengan nutrisi. Saat Ibu mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan tersebut ke dalam makanan, kemungkinan besar Ibu akan mendapatkan sebagian besar vitamin, mineral, dan serat yang Ibu dan bayinya butuhkan.

Saat hamil, Ibu mungkin juga menginginkan sesuatu yang manis, tapi cobalah untuk tidak membuat kebiasaan meraih sepotong kue atau permen untuk memuaskan rasa manis itu. 

Buah adalah salah satu solusi yang tepat! Beberapa jenis buah menawarkan rasa manis yang diidamkan dan nutrisi bagus yang Ibu butuhkan. Selain itu, ada banyak sekali pilihan buah yang bagus untuk ibu hamil.

Buah-buahan untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa jenis buah yang bagus untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil:

1. Jeruk

Jeruk membantu tubuh tetap terhidrasi. Jeruk juga merupakan sumber folat, atau asam folat. Folat adalah vitamin B yang sangat penting dalam membantu mencegah cacat otak dan sumsum tulang belakang (juga dikenal sebagai cacat tabung saraf).

American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan untuk mengonsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat per hari untuk ibu yang sedang menjalankan program sebelum memiliki bayi dan setidaknya 600 mcg per hari untuk ibu hamil.

Jeruk juga merupakan sumber vitamin C yang bagus. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel. Ini juga membantu tubuh dalam menyerap zat besi.

2. Mangga

Mangga merupakan salah satu sumber vitamin C. Mengonsumsi satu cangkir mangga dapat memberikan 100 persen kebutuhan harian ibu hamil.

Mangga juga tinggi vitamin A. Kekurangan vitamin A saat lahir dapat dikaitkan dengan kekebalan tubuh yang lebih rendah dan risiko komplikasi lebih tinggi, seperti diare dan infeksi saluran pernapasan.

Tetapi makanlah dalam jumlah sedang, bersama dengan berbagai buah lainnya untuk mendapatkan hasil optimal.

Baca Juga: Ini Dia Alasan Dibalik Buah Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

3. Alpukat

Alpukat memiliki lebih banyak folat dibandingkan buah lainnya. Buah ini juga merupakan sumber yang bagus untuk vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, magnesium, serta kalium.

Beberapa wanita mengatakan bahwa alpukat membantu meredakan rasa mual, mungkin karena potasium dan magnesium yang terkandung dalam buah.

Kalium juga dapat membantu meredakan kram kaki, gejala kehamilan yang umum terjadi. Kram kaki sering disebabkan oleh rendahnya kalium dan magnesium dalam tubuh.

Kolin penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi. Kekurangan kolin dapat menyebabkan cacat tabung saraf dan gangguan memori seumur hidup.

Untuk ibu hamil, cobalah untuk menambahkan alpukat lezat ke dalam daftar menu makanan.

4. Lemon

Salah satu manfaat buah lemon untuk ibu hamil adalah membantu meredakan mual terutama saat trimester pertama. Aroma atau meminum perasan buah lemon dapat membantu meredakan rasa mual dan muntah yang mengganggu bagi sebagian ibu hamil.

Buah Lemon juga tinggi vitamin C. Lemon membantu merangsang sistem pencernaan untuk meredakan sembelit. Bisa dipertimbangkan untuk menambahkan sedikit lemon kedalam air atau teh bagi ibu hamil.

5. Pisang

Pisang adalah sumber potasium lainnya yang bagus untuk ibu hamil. Pisang juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan serat.

Sembelit sangat umum terjadi selama kehamilan, hal ini mungkin disebabkan oleh:

  • tekanan rahim pada usus

  • rasa khawatir

  • kecemasan

  • diet rendah serat 

  • serta zat besi dalam vitamin prenatal.

Menambahkan pisang kaya serat dapat membantu meringankan sembelit. 

Vitamin B6 juga dapat membantu meredakan mual dan muntah diawal kehamilan.

Baca Juga: Buah Yang Paling Cocok untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

6. Berry

Buah berry seperti blueberry, raspberry, strawberry, blackberry, dan goji berry juga kaya akan segala macam nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti karbohidrat, vitamin C, serat, folat. Buah Berry juga mengandung fitonutrien seperti flavonoid dan antosianin (berfungsi sebagai antioksidan) yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Karbohidrat memberi energi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, dan akan dengan mudah melewati plasenta untuk memberi asupan makan bayi.

Kandungan karbohidrat kompleks padat nutrisi yang terdapat pada buah berry lebih dianjurkan untuk ibu hamil dibandingkan karbohidrat sederhana yang telah diproses seperti pada donat, kue, dan kue kering.

Smoothies dengan campuran pisang dan berry juga dapat direkomendasikan sebagai makanan atau camilan yang kaya vitamin dan bagus untuk ibu hamil.

7. Apel

Apel kaya serat dan merupakan sumber vitamin C yang baik. Selain itu, apel mengandung vitamin A, potasium, dan pektin. Pektin adalah prebiotik yang memberi makan bakteri baik pada usus.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari buah apel yang dikonsumsi makanlah apel beserta kulitnya, tetapi pastikan untuk membilasnya dengan air hingga benar-benar bersih terlebih dahulu agar aman untuk ibu dan bayi.

Buah Apel cukup mudah didapatkan dan dapat ditambahkan ke banyak resep masakan.

8. Jambu Biji

Jambu Biji merupakan sumber terbaik dari vitamin C selain jeruk. Selain itu, jambu biji juga mengandung vitamin A, serat, kalium, dan fosfor.

Vitamin C dan vitamin A merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas harus dicegah karena bisa menyebabkan perkembangan janin terhambat.

Jambu biji juga termasuk salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil karena dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Jambu biji dapat dinikmati dengan cara di jus atau dimakan langsung.

9. Buah Naga

Ada dua jenis buah naga, yakni buah naga putih dan buah naga merah. Kedua jenis buah naga ini sama-sama dapat memberikan manfaat yang baik untuk ibu hamil karena mengandung nutrisi dalam jumlah yang tidak jauh berbeda dan baik bagi ibu hamil.

Buah naga merah dan putih juga kaya akan berbagai mineral dan vitamin, di antaranya zat besi dan vitamin C, yang menambah banyak daftar manfaat untuk ibu hamil.

Manfaat buah naga dinilai dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin untuk ibu hamil. Hal ini tentu menjadi kabar baik karena ibu hamil berisiko tinggi mengalami anemia. Disamping menambah asupan nutrisi selama kehamilan, buah ini juga dapat dijadikan pencegahan sekaligus pengobatan anemia saat hamil.

Beberapa pilihan buah diatas adalah buah yang bagus untuk ibu hamil. Sebelum mengonsumsi semua buah-buahan tersebut, pastikan Ibu hamil sudah mencuci semuanya hingga benar-benar bersih. Gosok permukaan buah dengan sikat dan air mengalir selama beberapa saat.

Jika buah-buahan tersebut dirasa belum cukup memenuhi nutrisi selama kehamilan, dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan guna mendapatkan saran mengenai jenis asupan nutrisi lain yang dibutuhkan dan cocok untuk Ibu hamil dan bayi.

Baca Juga: Selain Jeruk, Inilah Buah Yang Kaya Akan Vitamin C

Ibu hamil perlu berkonsultasi langsung kepada dokter profesional yang berlisensi dan memiliki keahlian medis yang dibutuhkan, untuk memperoleh saran-saran medis terbaik bagi kehamilan. Ingat, masa kehamilan adalah masa sensitif dimana terjadi perubahan hormon dan janin di dalam rahim yang sedang membutuhkan nutrisi sehat dan aman. 

Konsultasi melalui platform OkeKlinik dapat anda lakukan secara daring dengan dokter-dokter profesional. OkeKlinik menyatukan teknologi, pasien dan dokter, serta perawatan klinis terbaik. Uniknya, teknologi dan kemitraan OkeKlinik memungkinkan perawatan medis memenuhi harapan untuk menghadirkan perawatan klinis langsung di rumah anda.

OkeKlinik mempermudah akses pengguna untuk mendapat pelayanan kebutuhan medis secara terpadu melalui gadget.

 
Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com