Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

9 Khasiat Makanan Sinbiotik

Artikel dipublikasikan : 16 Mei 2024 06:07
Dibaca : 171 kali

 

Menjaga kesehatan usus yang optimal sangat penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan. Kabar baiknya, makanan sinbiotik yang menggabungkan kekuatan prebiotik dan probiotik, menawarkan cara alami dan efektif untuk mendukung kesehatan pencernaan.

Jika Anda kurang tidur atau pola makan yang kurang sehat, memiliki tingkat stres yang tinggi, atau mengonsumsi antibiotik, hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat di usus Anda. 

Anda mungkin mengalami masalah pencernaan, seperti kembung, sembelit, diare, refluks, dan gangguan pencernaan. Makanan Sinbiotik, jawaban terhadap masalah tersebut.

Sinbiotik merupakan campuran probiotik dan prebiotik yang telah terbukti memberikan beberapa manfaat kesehatan bagi inangnya (manusia).

Probiotik adalah mikroorganisme di usus yang memiliki peran penting dalam pencernaan, dan juga kesehatan serta kekebalan tubuh. 

Sementara prebiotik adalah zat dalam serat yang memberi makanan untuk probiotik.

Sinbiotik telah menjadi topik ratusan makalah penelitian sejak istilah ini pertama kali diciptakan pada tahun 1995. 

Seiring dengan semakin banyaknya penelitian yang menunjukkan pentingnya kesehatan usus terhadap kesehatan secara keseluruhan, kekuatan dan potensi sinbiotik semakin diapresiasi.

Istilah sinbiotik berasal dari kata Yunani “syn” yang berarti “bersama” dan “biotik” yang berarti “berkaitan dengan kehidupan”.

Kategori Sinbiotik

Ada dua kategori sinbiotik berdasarkan cara formulasinya, yang saling melengkapi dan sinergis:

1. Sinbiotik komplementer, yaitu menggabungkan probiotik dan prebiotik yang sudah ada dalam jumlah dosis yang diperlukan, dengan setiap bahan memenuhi kriteria minimum untuk probiotik atau prebiotik. 

Untuk diberi label sebagai sinbiotik komplementer, studi penelitian harus menunjukkan bukti manfaat kesehatan dari bahan-bahan gabungan tersebut.

2. Sinbiotik sinergis yang terdiri dari komponen-komponen yang tidak memenuhi syarat untuk status probiotik atau prebiotik. 

Untuk memenuhi syarat sebagai simbiosis sinergis, sebuah studi tunggal harus menunjukkan pemanfaatan  manfaat kesehatan tertentu. ini merupakan jenis studi yang lebih ketat daripada yang dilakukan pada sinbiotik komplementer. 

Sinbiotik sinergis menawarkan potensi mikroorganisme yang sebelumnya tidak memenuhi syarat untuk memberikan manfaat probiotik jika dipasangkan dengan substrat yang tepat. Ia menawarkan kemampuan substrat yang sebelumnya tidak dapat hidup untuk menjadi prebiotik bila dikombinasikan dengan bakteri yang tepat.

Karena sinbiotik tidak harus berupa kombinasi probiotik dan prebiotik yang berdiri sendiri, sinbiotik berpeluang besar untuk terus diteliti dan berinovasi. 

Manfaat 

Manfaat kesehatan dari sinbiotik meliputi:

1. Mendukung kesehatan pencernaan

2 Mengurangi gejala penyakit gastrointestinal

3. Kemanjuran dalam mengurangi peradangan usus.

4. Meningkatkan kesehatan mental.

5. Membantu mengurangi gejala yang berhubungan dengan sindrom iritasi usus besar (IBS), penyakit iritasi usus besar (IBD).

6. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

7. Menurunkan berat badan.

8. Penelitian menunjukkan bahwa sinbiotik juga mungkin merupakan alat yang efektif dalam mencegah osteoporosis . 

9. Menjaga kesehatan jantung.

Contoh Makanan Sinbiotik

Makanan sinbiotik dapat dibuat dengan menggabungkan makanan kaya prebiotik dan probiotik setiap hari.

Ambil contoh, sumber prebiotik termasuk pisang hijau, getah akasia, bawang putih, asparagus, oat dan barley.  

Sementara probiotik banyak ditemukan pada makanan fermentasi seperti yogurt, kombucha, asinan kubis, dan tempe. 

Sinergi makanan sinbiotiknya dapat berupa perpaduan: 

  • Pisang atau blueberry dengan yogurt

  • Smoothie buah dibuat dengan kefir

  • Tumis tempe dengan asparagus, bawang putih, dan daun bawang

Sinbiotik ala dr. Zaidul Akbar, boleh juga dicoba. Resepnya mencampur buah nanas, kiwi, garam non refinasi, dengan madu atau cairan fermentasi/probiotik. Makanan ini diyakini meningkatkan kondisi tubuh. 

Untuk para wanita, makanan ini bisa mengatasi masalah menstruasi seperti telat datang menstruasi, memperbaiki siklus menstruasi hingga mengatasi nyeri berlebih saat menstruasi.

Selain kombinasi bahan makanan, sinbiotik dapat ditemukan dalam bentuk suplemen.

Dari contoh itu, konsep sinergi menggabungkan dua kelompok makanan yang berbeda, diyakini dapat meningkatkan efek dari makanan yang dibudidayakan dan memastikan manusia mendapatkan manfaat maksimal dari probiotik yang tertelan, yang semuanya dapat membantu meningkatkan kesehatan usus.

Strain probiotik yang paling umum digunakan kemungkinan besar adalah Bifidobacterium, Lactobacilli, Saccharomyces boulardii, dan Bacillus coagulans.

Baca Juga: 5 Jenis Pangan Fermentasi Beserta Manfaatnya

Sekadar informasi, konsep mengonsumsi makanan fermentasi bersama serat larut telah menjadi kebiasaan selama berabad-abad. 

Di Eropa Timur, asinan kubis bersama bawang mentah merupakan hal biasa dalam hidangan, dan di Asia, menambahkan kimchi dan nasi sudah sering dilakukan.

Faktor Risiko Sinbiotik

Suplemen prebiotik dan probiotik  terbukti menunjukkan beberapa efek samping kecil bila dikonsumsi dalam jumlah banyak. 

Karena prebiotik difermentasi di usus, jika dikonsumsi dalam dosis tinggi, prebiotik dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan. Hal ini karena makanan prebiotik tinggi serat dan cenderung menyerap lebih banyak air dari usus besar. Akibatnya, sinbiotik dapat menyebabkan gejala dehidrasi ringan dan sembelit jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. 

Untuk membantu meningkatkan toleransi terhadap sinbiotik, yang terbaik adalah minum banyak air dan memulai konsumsi suplemen dengan dosis rendah sebelum meningkatkan jumlahnya secara bertahap. 

Pemberian Sinbiotik Sejak Dini

Pemberian asupan sinbiotik bisa sedari dini. Kombinasi sinbiotik berperan dalam menjaga keseimbangan bakteri baik di usus dan memperkuat daya tahan tubuh anak.

Saat seorang anak mencapai usia tiga tahun, mereka sudah memiliki mikrobioma usus: baik atau buruk. Ekosistem penting ini akan mempengaruhi pencernaan, penyerapan nutrisi, berat badan, dan kesehatan secara keseluruhan selama sisa hidup mereka. 

Usus adalah rumah bagi 70 persen sistem kekebalan tubuh, dan mikrobioma yang sehat membantu mendukung dan melindunginya. 

Dengan kinerja pencernaan yang baik, maka sistem imun si Kecil juga dapat berkembang secara optimal. Ini dikarenakan sel daya tahan tubuh dan bakteri dalam saluran cerna saling berkomunikasi satu sama lain untuk membentuk sistem imun yang lebih kuat lagi. 

Selain itu, jumlah bakteri baik yang optimal dapat mencegah pertumbuhan bakteri jahat dalam saluran cerna serta membantu produksi hormon dan antibodi yang dapat membantu kinerja sistem imun.

Sulit untuk memberi tahu anak-anak bahwa mereka harus mengonsumsi makanan tertentu yang baik untuk ususnya. Anak-anak menginginkan makanan yang rasanya enak.

Sumber nutrisi yang mengandung sinbiotik dapat ditemukan dalam bentuk suplemen atau dalam makanan, di antaranya:

1. ASI

ASI juga memiliki kandungan prebiotik dan probiotik ya Ma, karena itu sangat penting si Kecil mendapat ASI eksklusif sampai usai 6 bulan dan dilanjutkan sampai usia 2 tahun bersamaan dengan pemberian MPASI saat usia 6 bulan.

2. Yogurt

Yogurt yang mengandung sinbiotik terbukti dapat meningkatkan kesehatan anak.

Meskipun yoghurt mungkin tampak seperti jawaban untuk anak Anda, yoghurt juga mempunyai masalah lain.

Misalnya, yoghurt pada dasarnya tidak manis. Produsen menambahkan gula rafinasi untuk membuat yoghurt lebih enak dan menarik bagi anak-anak dan orang dewasa. Bahkan yoghurt yang mengandung buah pun kemungkinan besar tidak memiliki rasa manis alami.

Masalah potensial lainnya dengan yoghurt adalah produk susunya.

Tidak semua orang bisa mencerna makanan olahan susu. Alergi susu sapi terutama terjadi pada anak-anak.

3. Sup Miso

Fermentasi bakteri dari kedelai masak dan biji-bijian yang menghasilkan pasta  yang digunakan untuk sup miso untuk makanan si Kecil.

Miso sering disajikan sebagai sup yang dibuat dengan kaldu dashi. Ini adalah sumber yang kaya akan prebiotik dan probiotik tetapi rasanya tidak akan disukai anak-anak.

4. Susu Soya

Ini merupakan sinergi kombinasi probiotik triple bifi + prebiotik serat FOS.

Anak-anak yang meminum susu yang diperkaya memiliki lebih sedikit kasus disentri, pneumonia, dan infeksi saluran pernapasan bawah akut.

 

____________________________ 

Referensi:

https://www.nutriclub.co.id/artikel/nutrisi/1-tahun/sinbiotik-untuk-anak (diakses pada 2024)

https://edensguthealth.com/blogs/the-garden/what-is-a-synbiotic (diakses pada 2024)

https://www.sciencedirect.com/topics/immunology-and-microbiology/synbiotics (diakses pada 2024)

https://clarissalenherr.com/symbiotic-eating-prebiotic-probiotic-recipes/ (diakses pada 2024)

https://www.transparentlabs.com/blogs/all/synbiotics-gut-health (diakses pada 2024)

https://prebioticassociation.org/tag/synbiotics/ (diakses pada 2024)

 
Hubungi Kami
Teras Mahakam (sebelah hotel Gran Mahakam)
Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com