Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

10 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Berpasangan

Artikel dipublikasikan : 7 Agustus 2022 15:09
Dibaca : 72 kali

 

Alangkah senangnya jika olahraga dilakukan bersama pasangan. Ada beragam jenis olahraga yang dapat dilakukan berpasangan. Apa saja jenis olahraga berpasangan itu?  

Rutin melakukan olahraga merupakan bagian penting dari pola hidup sehat. Namun terkadang sebagian orang malas melakukannya. Beragam alasan muncul ketika tiba waktunya untuk berolahraga. 

Oleh karena itu, cobalah ajak pasangan. Mungkin dia bisa menjadi pemberi semangat dan pengingat waktu untuk melakukan olahraga secara rutin dan disiplin. Kegiatan olahraga bersama ini tentunya akan terasa lebih menyenangkan dibandingkan jika hanya dilakukan sendirian.    

Berikut ini adalah jenis olahraga yang dapat dilakukan secara berpasangan. Dalam artian berpasangan dengan pasangan hidup, si dia, atau dengan teman yang sehobi. 

  1. Jogging 

Jogging adalah salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan berpasangan. Baik dengan pasangan hidup, maupun dengan teman, atau si dia.  

Jogging bisa dilakukan di jalanan yang ada di sekitar lingkungan rumah, di stadion olahraga, atau di area Car Free Day (CFD) yang ada di kota kamu.  

Jangan lupa untuk lakukan pemanasan sebelum melakukan jogging selama tiga sampai lima menit. Pemanasan penting untuk peregangan otot-otot agar tidak keram saat sedang jogging. Setelah itu, kamu bisa mulai dengan berlari pelan atau berjalan secara cepat. Atur langkah dan kecepatan, agar pasangan kamu tidak tertinggal jauh di belakang,  atau sebaliknya.

Baca Juga: 6 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga dan Caranya

  1. Badminton  

Jenis olahraga yang cukup populer di Indonesia yang dapat dilakukan dengan berpasangan adalah badminton atau bulu tangkis. Olahraga jenis permainan ini merupakan salah satu latihan kardio yang sangat baik untuk tubuh. Berlari dan melompat saat bermain bulu tangkis bisa meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru. Bermain bulu tangkis juga dapat  membantu melatih dan membentuk otot bokong, paha depan, dan paha belakang. Jika pasangan kamu kebetulan juga memiliki hobi yang sama, cobalah bermain bulu tangkis berpasangan. Kamu bisa mengajak teman atau tetangga untuk bermain bulu tangkis dalam nomor ganda campuran. 

  1. Bersepeda 

Bersepeda juga merupakan jenis olahraga yang dapat dilakukan secara berpasangan dengan istri, suami, si dia, atau teman yang sehobi. 

Para ahli menyimpulkan bahwa rutin melakukan olahraga bersepeda dapat menurunkan  resiko penyakit kronis, mulai dari diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke. 

Sebelum bersepeda penting sekali untuk melakukan pemanasan. Demikian pula setelah bersepeda, penting untuk melakukan pendinginan. Hal ini agar kamu  dan pasanganmu terhindar dari cedera otot dan persendian. 

Jangan lupa pula saat bersepeda untuk selalu melewati rute atau jalur khusus sepeda. Sebab, resiko kecelakaan lalu lintas di jalan raya mengintai para pegowes sepeda setiap waktu. 

  1. Dance 

Dance atau menari juga termasuk jenis olahraga yang dapat dilakukan secara berpasangan. Contohnya adalah salsa dan zumba. Olahraga dance dapat menggerakkan hampir seluruh bagian tubuh.  Selain menjaga tubuh agar tetap bugar, dance juga menyenangkan karena diiringi irama musik. Apalagi jika dilakukan bersama pasangan, olahraga ini menjadi semakin menyenangkan. Gerakan-gerakan dance juga membuat memori otak bekerja, karena pola gerakan dan langkah-langkah dance ini harus serasi dengan pasangan dan irama musik. 

Baca Juga: Manfaat Gerakan Zumba dan Cara Melakukannya

  1. Jalan kaki  

Berikutnya, jenis olahraga yang dapat dilakukan berpasangan dan paling mudah adalah jalan kaki santai. Kamu bisa mengajak pasangan untuk berjalan kaki menyusuri jalanan di sekitar perumahan, pantai, arena Car Free Day, dan lain-lain. 

Sambil berjalan kaki, kamu bisa mengobrol ringan dengan pasangan. Selain bermanfaat bagi kesehatan, olahraga jalan kaki ini juga dapat semakin membuat kamu mengenal lebih dalam pasanganmu.

Baca Juga: 7 Manfaat Olahraga Skipping dan Cara Melakukannya dengan Benar

  1. Hiking   

Hiking merupakan olahraga jalan kaki, namun dilakukan di area pegunungan, hutan, alam bebas, yang memiliki tantangan tersendiri. Hiking adalah salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan berpasangan. Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, hiking juga dapat membantu menghilangkan stres dan pikiran-pikiran negatif. Dengan berolahraga di alam bebas ini, kamu  juga dapat semakin mengenal dirimu dan pasanganmu. 

  1. Tenis  

Tenis adalah jenis olahraga yang dapat dilakukan berpasangan dan dapat menjadi olahraga prestasi, jika ditekuni. 

Bermain tenis bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot-otot tubuh, jantung, mata, dan otak. Sepanjang permainan ini kamu akan melakukan berbagai gerakan, mulai dari berlari, mengayun, dan memukul bola dengan akurat.  Selain itu, rutin bermain tenis juga dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan keseimbangan, dan mencegah resiko osteoporosis. 

  1. Tenis meja    

Memiliki peralatan tenis meja di rumah akan menjadi hal yang menyenangkan. Sebab jenis olahraga ini dapat dilakukan berpasangan dan sangat kecil terjadi resiko cederanya. 

Olahraga tenis meja dapat meningkatkan koordinasi tangan dengan mata, meningkatkan konsentrasi dan kecepatan respon atau refleks tangan. Selain itu, olahraga ini juga membantu melumaskan persendian, terutama bagi orang yang  pernah menjalani operasi lutut, riwayat masalah punggung, atau pernah terkilir pergelangan kaki. 

Bermain tenis meja bersama pasangan dapat membakar kalori dengan cara yang menyenangkan. Hal ini dapat menjadi pengganti olahraga di luar ruangan yang biasanya kamu lakukan. 

  1. Yoga 

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan berpasangan. Beberapa gerakan yoga berpasangan diantaranya adalah doubletree, double standing forward fold, sitting spinal twist, partner boat, seated forward bend, double downward dog, standing partner backbend, partner camel. Gerakan-gerakan yoga berpasangan ini selain bermanfaat bagi kesehatan, juga membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. 

Yoga dapat membantu mengatasi stres, mengurangi kecemasan, melawan depresi,  meningkatkan relaksasi, memperbaiki pernafasan, mendorong pola makan sehat,  meningkatkan kualitas tidur, dan membuat tubuh lebih fleksibel, seimbang, dan kuat. 

  1. High-intensity interval training (HIIT) 

Jenis olahraga lainnya yang dapat dilakukan berpasangan, adalah senam atau yang juga disebut dengan High intensity interval training (HIIT). Salah satunya, adalah gerakan squat atau setengah jongkok. Gerakan yang dapat dilakukan bersama pasangan ini, misalnya adalah pada gerakan leaning calf squat. Caranya mudah. Pertama berdiri  berhadap-hadapan dengan pasangan, dalam jarak sepanjang uluran tangan. Rentangkan ke depan kedua tangan kamu  dan pasangan hingga bergenggaman, kemudian lakukan gerakan squat dengan posisi seperti duduk di kursi. Gerakan ini bisa dilakukan di rumah, lakukan sebanyak 3 set dengan masing-masing 10 repetisi.

Selain itu, beberapa gerakan lainnya yang dapat dilakukan berpasangan adalah back to back squat, lunge, plank high five, shoulder stretch, dan lat stretch. 

Baca Juga: 5 Persiapan Sebelum Olahraga Kardio di Rumah

Demikian 10 jenis olahraga yang dapat dilakukan berpasangan. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari berolahraga dengan pasangan. Selain menyehatkan tubuh, juga dapat menumbuhkan rasa  cinta  dan meningkatkan ikatan emosional.   

 

referensi :

merdeka (2015) 5 Jenis olah raga yang paling pas dilakukan bersama pasangan

gayatempo (2018) Sehat Bersama, Lakukan Gerakan Olahraga Ini dengan Pasangan

thebridedept (2018) 7 Jenis Olahraga Bersama Pasangan Menjelang Pernikahan

Hubungi Kami
Teras Mahakam DKI Jakarta Jl. Mahakam No.8, RT.1/RW.7, Kramat Pela,Kec. Kby. Baru,
Kota Jakarta Selatan, 12130
0217392285
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com